Sukses


MOTION GRAFIS: Iker Casillas Kalahkan Gianluigi Buffon Sebagai Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak Abad Ini

Bola.com, Jakarta - Tidak kebobolan dalam satu pertandingan atau clean sheets merupakan salah satu catatan prestasi bagi seorang kiper. Catatan apik tersebut tidak dapat dilepaskan dari dua kiper senior Eropa, Iker Casillas dan Gianluigi Buffon.

Dua kiper kawakan tersebut tidak jarang membawa klub nya meraih kemeangan tanpa kebobolan dalam satu pertandingan. Lini pertahanan yang kokoh dari masing-masing klub serta kesigapan dalam menghalau bola menjadikan mereka menjadi kiper dengan clean sheets terbanyak.

Iker Casillas merupakan kiper dengan clean sheets terbanyak abad ini. Ia memulai karier di dunia sepak bola serta tergabung dalam akademi Real Madrid pada 1996. Casillas mendapatkan kesempatan menjadi pemain profesional dan mendapat kepercayaan bergabung di tim senior pada musim 1999-2000.

Pada saat itu pula Ia menjadi kiper utama Los Galacticos dengan 43 penampilan serta 18 clean sheets dalam semusim di semua kompetisi. Catatan apik tersebut terus berlanjut hingga ia pensiun pada 2019 lalu saat membela Porto.

Catatan terbaik Casillas saat menorehkan clean sheets yaitu pada musim 2010-2011. Bersama Real Marid menjalani 3 kompetisi, gawangnya 27 laga tidak kebobolan.

Setelah musim-musim terbaik bersama Real Madrid, Ia melanjutkan karier di Porto pada 2015-2016. Meskipun telah memasuki usia senja bagi seorang pesepak bola, namun Ia masih menjadi penjaga gawang utama dikarenakan kemampuan dan kesigapannya yang belum menurun. Bahkan di musim terakhirnya di dunia sepak bola, ia mencatatkan 19 clean sheets di semua kompetisi.

Catatan menakjubkan juga dibukukan Gianluigi Buffon. Ia mengawali karier profesional bersama Parma dan mencapai kesuksesan setelah bergabung Juventus. Sempat hengkang ke PSG selama 1 musim, kini ia kembali berlaga bersama Juventus walaupun tidak menjadi kiper utama di usianya yang menginjak 40 tahun.

Gianluigi Buffon dan Iker Casillas merupakan kiper dengan clean sheets terbanyak. Lalu berapakah catatan mereka serta siapa sajakah pemain lainnya dengan clean sheets terbanyak abad ini?

Video Populer

Foto Populer