Sukses


Lionel Messi Digabung Cristiano Ronaldo Baru Setara Kehebatan Pele

Bola.com, Jakarta - Legenda sepak bola Brasil, Tostao, menyatakan kehebatan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo belum setara dengan Pele. Menurut dia, kehebatan Pele setara dengan gabungan Ronaldo dan Messi. 

Pele merupakan legenda sepak bola dunia dan Brasil. Dia memegang rekor sebagai satu-satunya pemain yang merengkuh tiga trofi ke Piala Dunia. 

Sang legenda kini telah pergi. Pele tutup usia pada Jumat (30/12/2022) dini hari WIB, setelah berjuang melawan penyakit kanker. 

Komentar Tostao tersebut bisa memicu kontroversi. Apalagi Messi dan Cristiano Ronaldo adalah sosok yang mendominasi kancah sepak bola dalam lebih dari 10 yahun terakhir. Keduanya kerap disebut sebagai pesepak bola terbaik di dunia. 

Kualitas Messi terbukti dari raihan tujuh penghargaan Ballon d'Or, plus satu trofi Piala Dunia bersama Argentina. Ronaldo hanya terpaut satu trofi dibanding Messi dalam penghargaan itu.  

Namun, Tostao menilai Pele tetap pesepak bola terhebat di kolong bumi. Dia punya alasan khusus mengapa ngotot dengan pendapat itu. 

 

2 dari 3 halaman

Alasan Pele Lebih Superior

"Saya pikir Pele lebih baik dibanding mereka. Bagi saya, tak ada perbandingan. Pele jauh lebih komplet. Dia memiliki setiap kualitas yang harus dimiliki penyerang. Ia tak memiliki satu cacat pun," kata Tostao, seperti dilansir Sportbible, pada 2020.  

"Messi spektakuler, tapi ia tak menyundul bola seperti Pele. Dia tak bisa menendang bola sama bagus dengan kedua kakinya. Dia tak bisa melakukan pergerakan seperti Pele. Cristiano juga pemain luar biasa. Tapi, dia tak punya kemampuan seperti Pele. Ronaldo tak memiliki umpan hebat seperti Pele."

"Jika Anda menggabungkan kualitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, maka Anda memiliki pemain yang dibandingkan dengan Pele," tegas Tostao, yang mengantongi trofi Piala Dunia bersama Timnas Brasil.  

 

 

 

3 dari 3 halaman

Sebut Maradona Spektakuler

Bukan hanya mengomentari Ronaldo dan Messi, ia juga mengemukakan pendapatnya tentang legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona. 

"Maradona spektakuler, tapi level fisiknya tidak setara Pele. Dia juga tak mencetak gol sebanyak Pele," jelas Tostao. 

Sumber: Sportbible 

Video Populer

Foto Populer