Selamatkan Tim dari Kebangkrutan, Ceres-Negros Bakal Dijual dan Berganti Nama

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 08 Jul 2020, 21:45 WIB
Diperbarui 08 Jul 2020, 21:45 WIB
Piala AFC 2019: Persija Jakarta Vs Ceres-Negros
Pemain Ceres-Negros merayakan gol yang dicetak oleh Mike Rigoberto ke gawang Persija Jakarta pada laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Selasa (23/4). Persija takluk 2-3 dari Ceres-Negros. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Bola.com, Jakarta - Ceres-Negros mengumumkan bahwa klub pemilik tiga trofi Filipina Football League (PFL) ini segera dijual. Manajemen tim berjulukan The Busmen itu tengah bernegosiasi dengan calon investor baru.

"Ceres-Negros sedang dalam pembicaraan dengan investor yang akan mengambil alih manajemen dan kepemilikan klub sebagai persiapan musim keempat PFL dan Piala AFC 2020," tulis pengumuman dalam situs Ceres-Negros.

Presiden Ceres-Negros, Leo Rey Yanson, juga akan lengser dari posisinya. Pengusaha transportasi tersebut dikabarkan tengah diterpa krisis keuangan. Sehingga, terpaksa menjual The Busmen ke pihak lain.

"Begitu pengambil alihan selesai, klub tidak akan lagi dikenal sebagai Ceres-Negros karena presiden kami, Leo Rey Yanson tidak akan terlibat dengan cara apa pun dalam urusan klub," lanjut pernyataan tersebut.

"Ini adalah satu di antara keputusan terberat yang dibuat oleh Pak Yanson. Hasratnya terhadap sepak bola tercermin dari cara dia menuangkan sumber daya pribadinya dan mengarahkan klub ke pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak klub dibentuk delapan tahun lalu," terang pengumuman tersebut.

2 dari 3 halaman

Nama Baru

Piala AFC 2019: Persija Jakarta Vs Ceres-Negros
Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, duel udara dengan pemain Ceres-Negros, Mahir Karic, pada laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Selasa (23/4). Persija takluk 2-3 dari Ceres-Negros. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Setelah dijual, Ceres-Negros juga akan berganti nama. Namun, tidak disebutkan kapan The Busmen akan memakai identitas baru.

"Kami akan segera mengumumkan nama baru, pemilik baru, dan manajemen klub," bunyi pernyataan Ceres-Negros.

Ceres-Negros tercatat sebagai klub terbaik di Asia Tenggara menurut perhitungan Footy Rankings.

The Busmen berada di posisi ke-23 dalam tabel klub terbaik di Asia. Ceres-Negros, yang mengumpulkan 43,18 poin per 11 Maret 2020, unggul dua posisi dari raksasa Thailand, Buriram United dan 13 peringkat dari penguasa Malaysia, Johor Darul Ta'zim.

Sementara itu, wakil Indonesia terbaik berdasarkan perhitungan Footy Rankings adalah Persija Jakarta. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu menempati peringkat ke-80 dengan torehan 16,18 poin.

Saat ini, Ceres-Negros masih berkompetisi di AFC CupĀ 2020. The Busmen memimpin Grup G dengan tujuh poin dari tiga pertandingan.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓