5 Bintang Loyalis yang Mengambil Keputusan Pahit Meninggalkan Klubnya Musim Panas Ini

Oleh Ario Yosia pada 10 Jul 2020, 08:50 WIB
Diperbarui 10 Jul 2020, 08:50 WIB
Edinson Cavani, Jan Vertonghen dan Willian
Edinson Cavani, Jan Vertonghen dan Willian. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - PSG berhasil mengamankan gelar Ligue 1 pada musim ini. Hal yang sama juga dirasakan Liverpool asuhan Jurgen Klopp.

Bayern Munchen harus bertarung dengan beberapa penantang sebelum mengklaim gelar Bundesliga ke-9 mereka. Juventus juga berpeluang meraih gelar Serie A lainnya meskipun penampilannya kurang mengesankan.

Hanya La Liga yang menyajikan pertarungan sengit dalam meraih gelar. Barcelona dan Real Madrid saling bersaing sepanjang musim dan baru sekarang Los Blancos unggul.

Bursa transfer musim panas tidak lama lagi akan dibuka. Itu merupakan kesempatan besar bagi klub untuk meningkatkan kekuatan skuadnya.

Klub-klub pasti akan membeli pemain berkualitas. Selain itu, musim panas ini juga menjadi jalan keluar bagi beberapa pemain yang sudah mengabdi cukup lama di klub.

Berikut ini empat pemain yang meninggalkan klub setelah cukup lama bermain di klub seperti dikutip dari Ronaldo.com.

2 dari 7 halaman

Edinson Cavani

Liga Champions
Edinson Cavani (PSG / 34 Gol dari 59 laga Liga Champions) - Sejak masih membela Napoli dirinya tampil konsisten sebagai striker nomor sembilan dengan mencetak banyak gol meski tidak terlalu menonjol. (AFP/Sebastien Salom Gomis)

Edinson Cavani sudah merasakan semuanya di Paris Saint Germain. Dia telah menjadi bagian dari malam terburuk dan terbaik mereka. Dia harus bertahan menjadi pilihan kedua bagi Zlatan Ibrahimovic dan Neymar Jr.

Cavani pasti merasa menderita meski tanpa mengorbankan penampilannya. Dia meninggalkan Parc Des Princes setelah tujuh tahun meraih banyak piala.

3 dari 7 halaman

Willian

FOTO: Cukur Watford 3-0, Chelsea Kembali Geser MU
Pemain Chelsea Willian menendang bola ke arah gawang Watford pada pertandingan Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Sabtu (4/7/2020). Chelsea menang 3-0 dan kembali menggeser Manchester United dari posisi empat klasemen. (Mike Hewitt/Pool via AP)

Setelah meraih status legenda di Shakhtar Donetsk, Willian menjadi pemain favorit penggemar di Chelsea. Dia berhasil meraih kesuksesan besar selama tujuh tahun di London Barat.

Pemain internasional Brasil itu akan segera meninggalkan Stamford Bridge karena kontraknya habis pada musim panas ini. Karena rasa cintanya, penggemar bersedia memaafkannya jika sang pemain bergabung dengan Tottenham secara gratis.

4 dari 7 halaman

Adam Lallana

Liverpool vs Wolverhampton
Pemain Wolvehampton Wanderers, Max Kilman berebut bola dengan gelandang Liverpool, Adam Lallana pada pekan ke-20 Liga Inggris 2019-2020 di Anfield, Minggu (29/12/2019). Liverpool semakin perkasa di Premier League setelah menang 1-0 atas Wolverhampton. (AP/Jon Super)

Hanya ada sangat sedikit pemain dari masa kepemimpinan Brendan Rodgers yang berhasil mempertahankan tempatnya di bawah Jurgen Klopp. Adam Lallana adalah salah satunya.

Dia nomor dua setelah James Milner di dalam skuad. Namun, masalah cedera membuat Klopp harus mencari pemain lain di tempatnya. Mungkin Curtis Jones.

5 dari 7 halaman

Javi Martinez

Cetak 2 Gol, Cristiano Ronaldo Bungkam Tuan Rumah Bayern Munchen
Gelandang Bayern Munchen, Javi Martinez, duel udara dengan striker Real Madrid, Gareth Bale. Pada laga tersebut Real Madrid menguasi pertandingan dengan 51 persen penguasaan bola sementara Bayern Munchen 49 persen. (AFP/Christof Stache)

Bayern Munchen sudah menambah tiga pemain baru ke skuad mereka, tetapi klub akan kehilangan pemain paling serba bisa mereka. Javi Martinez rela memangkas gajinya untuk bergabung dengan raksasa Bavaria. Dia meninggalkan posisi gelandang untuk membantu di belakang.

Itu membuatnya kehilangan menit bermain dengan tim nasional Spanyol. Dia sudah berada di Bayern selama delapan tahun terakhir tetapi hengkang pada musim panas ini. Dia dikaitkan dengan kembalinya ke Spanyol atau bermain di Serie A.

Sumber: Ronaldo.com

6 dari 7 halaman

Jan Vertonghen

Tottenham Hotspur Vs Chelsea
Pemain Chelsea, Mason Mount, berusaha melewati bek Tottenham Hotspur, Jan Vertonghen, pada laga Premier League di Stadion Tottenham Hotspur, Minggu (22/12). Chelsea menang dengan skor 2-0. (AP/Ian Walton)

Jan Vertonghen salah satu pemain asing yang setia ke Tottenham Hotspur. Bergabung sejak 2012, bek asal Belgia itu tak pernah tergoda untuk pindah klub, sekalipun ia minim mengangkat trofi.

Musim panas ini kontraknya berakhir, pelatih Spurs, Jose Mourinho, tak memberi kontrak baru ke sang pemain. Alasan utamanya, karena usia Jan Vertonghen sudah uzur (33 tahun). Nakhoda asal Portugal itu agaknya ingin melakukan regenerasi di lini belakang Spurs.

Jan Vertonghen memang sudah jarang menghuni skuat inti Tottenham Hotspur, semenjak Jose mendarat di London bulan November silam.

Sumber asli: Ronaldo.com

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 9/7/2020)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Jadwal Lengkap Siaran Langsung Babak 16 Besar Liga Champions di SCTV dan Vidio