10 Pesepak Bola yang Tak Disangka Punya Hubungan Saudara, Mulai Sepupu Hingga Ipar

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 15 Jul 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 15 Jul 2020, 09:00 WIB
Pesepak Bola Dunia yang Punya Hubungan Saudara
Pesepak Bola Dunia yang Punya Hubungan Saudara (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Sepak bola adalah olahraga universal yang bisa menyatukan segalanya. Tak hanya menyatukan dua atau lebih pemain menjadi rekan setim, sepak bola juga bisa menyatukan dua pemain dalam ikatan saudara.

Dalam hal ini, ikatan saudara tak hanya sebatas rekan bermain sepak bola dan juga sahabat di luar lapangan. Ikatan saudara yang terjalin adalah dalam artian sebenarnya.

Ada beberapa sepak bola yang mulanya merupakan rekan setim, kemudian menjadi saudara. Penyebabnya adalah ikatan pernikahan yang dilakukan dengan adik atau kakak rekannya.

Selain itu, ada pula pemain yang memiliki hubungan saudara semisal sepupu hingga paman dengan keponakan. Meskipun ada di antara mereka yang tak sempat mencicipi pengalaman bermain bersama.

Meskipun memiliki ikatan saudara, para pemain ini tetap memegang sifat profesional ketika bermain. Mereka sejenak menanggalkan hubungan saudara dalam pertandingan yang berlangsung 90 menit.

Setelah bermain sepak bola, mereka kembali diikat dalam hubungan saudara yang mustahil untuk dipisahkan. Bola.com mencatat, ada 10 pemain yang tak banyak orang tahu memiliki hubungan saudara. Siapa saja?

2 dari 7 halaman

Leroy Fer dan Patrick van Aanholt

Patrick van Aanholt
(AFP/Hannar Mckay)

Bek Crystal Palace, Patrick van Aanholt, ternyata memiliki hubungan saudara dengan gelandang Feyenoord, Leroy Fer. Keduanya diketahui memiliki hubungan sepupu yang sama-sama berkarier di sepak bola.

Keduanya sama-sama berasal dari Belanda dan berhasil membela Timnas De Oranje. Namun, sebenarnya orang tua keduanya berasal dari Pulau Curacao yang terletak di Laut Karibia.

Usia Leroy Fer dan Patrick van Aanholt hanya terpaut satu tahun. Hal itulah yang membuatnya memiliki kedekatan.

3 dari 7 halaman

Clarence Seedorf dan Collin Seedorf

7 Bintang AC Milan Saat Juara Liga Champions 2007
Clarence Seedorf - Seedorf menjadi salah satu pemain andalan di lini tengah AC Milan saat meraih trofi liga Champions 2007. Kehebatan Seedorf mampu berperan sebagai pemain box to box yang bisa bertahan dan juga membantu serangan. (AFP/Giuseppe Cacace)

Legenda Timnas Belanda, Clarence Seedorf dan, bek FC Eindhoven, Collin Seedorf, memiliki hubungan. Tak banyak yang tahun, Collin Seedorf merupakan anak laki-laki dari kakak Clarence Seedorf.

Hal itulah yang membuat Collin merupakan keponakan dari Clarence Seedorf. Namun, keduanya memiliki peran yang berbeda di lapangan.

Semasa kariernya, Clarence Seedorf dikenal sebagai gelandang yang berkualitas. Adapun Collin bermain di posisi bek dan saat ini sedang merintis karier untuk bisa bermain di klub elite.

4 dari 7 halaman

Seydou Keita dan Mohamed Sissoko

Afrika Terkaya
9. Seydou Keita (Mali), gelandang AS Roma ini ditaksir memiliki kekayaan senilai 131 miliar rupiah. Dirinya meraup pundi-pundi dollar selama bermain di Liga China dan juga Barcelona. (AFP/Filippo Monteforte)

Mantan pemain Barcelona, Seydou Keita, ternyata memiliki hubungan saudara dengan Mohamed Sissoko. Keduanya memiliki hubungan sepupu.

Namun, Seydou Keita lebih terkenal ketimbang Mohamed Sissoko. Seydou Keita pernah bermain di Marseille, Sevilla, Barcelona, Valencia, hingga AS Roma.

Adapun Mohamed Sissoko, juga pernah membela Liverpool, Juventus, Paris Saint-Germain, hingga klub Liga 1, Mitra Kukar.

5 dari 7 halaman

Marek Hamsik dan Walter Gargano

Dries Mertens dan Pencetak Gol Terbanyak di Napoli
2. Marek Hamsik (121 gol) - Gelandang asal Slowakia ini menjadi pemain yang produktif dalam mencetak gol untuk Napoli. Hamsik telah mengemas 121 gol untuk Napoli di semua kompetisi. (AFP/Tiziana Fabi)

Marek Hamsik dan Walter Gargano awalnya tak memiliki hubungan saudara. Hubungan keduanya terjalin lama sebagai rekan setim ketika masih sama-sama membela Napoli.

Namun, pada 2012 keduanya akhirnya menjadi saudara. Hal itu terjadi setelah Walter Gargano menikahi Michaela, adik dari Marek Hamsik.

Keduanya saat ini sudah tak lagi bermain bersama. Marek Hamsik bermain di China, sedangkan Walter Gargano bermain di Uruguay.

6 dari 7 halaman

James Rodriguez dan David Ospina

James Rodriguez dan Pemain Bintang yang Redup di Real Madrid
James Rodriguez - Kehebatan permainan Rodriguez di Piala Dunia 2014 membuat Real Madrid tertarik untuk mendatangkannya ke Santiago Bernabeu. Namun, kesulitannya berkembang di Real Madrid membuat Rodriguez lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

James Rodriguez dan David Opsina awalnya merupakan rekan satu tim. Keduanya sama-sama menjadi andalan di Timnas Kolombia.

Namun, keduanya akhirnya disatukan dalam hubungan saudara pada 2011. hal itu terjadi setelah James menikahi adik dari David Ospina, Daniela.

Hasil dari pernikahan tersebut, James dan Daniela dikaruniai seorang putri yang lahir pada 2013. Namun, rumah tangga keduanya akhirnya bubar pada 2017.

Sumber: Squawka

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓