Liga Vietnam Kembali Dihentikan, Kasus COVID-19 Menjadi Biang Keladi

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 26 Jul 2020, 18:10 WIB
Diperbarui 26 Jul 2020, 19:55 WIB
Liga Vietnam
Penonton memadati pertandingan Pho Hien FC and Thanh Hoa FC. (AFP)

Bola.com, Jakarta - Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VPF) resmi menghentikan kompetisi V.League 1 atau kasta teratas dalam piramida Liga Vietnam per Sabtu (26/7/2020). Pandemi COVID-19 kembali menjadi biang keladinya.

Bongdaplus mengabarkan, VPF tidak mau mengambil risiko setelah Kota Da Nang melaporkan dua kasus positif COVID-19. Komite Rakyat Kota mengeluarkan kebijakan untuk menangguhkan kegiatan yang mengundang massa dan menerapkan pembatasan jarak antarfisik manusia.

Kota Da Nang memiliki satu wakil di V.League 1 yaitu SHB Da Nang. VPF menggelar pertemuan luar biasa dan melaporkan kepada pihak yang berwenang atas situasi yang tidak terduga ini.

Liga Vietnam mustahil untuk dilanjutkan karena setiap tim harus diisolasi selama 14 hari jika mengunjungi kota tersebut.

SHB Da Nang sempat mempertimbangkan opsi musafir ke kota lain dan menggelar pertandingan tanpa penonton. Namun, tim berperingkat ke-9 di V.League 1 ini menghadapi banyak kendala karena tidak semua wilayah mau menerima peminjaman stadion. Belum lagi para pemain, staf pelatih, dan ofisial juga mesti menjalani masa karantina.

VPF memastikan bahwa Liga Vietnam ditangguhkan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Semestinya, V.League 1 akan menggulirkan tujuh pertandingan serentak pekan ke-12 pada 29 Juli 2020.

2 dari 3 halaman

Untuk Kedua Kalinya

Timnas Vietnam U-22
Timnas Vietnam U-22 bakal menantang Timnas Indonesia U-22 di final SEA Games 2019. (Bola.com/Muhammad Iqbal Icshan)

VPF sudah dua kali menghentikan V.League 1 akibat wabah COVID-19. Sebelumnya, Liga Vietnam telah ditangguhkan pada Maret 2020 dan kembali dilanjutkan pada Mei 2020.

V.League 1 sempat melangsungkan sembilan pekan pertandingan pascapenyetopan pertama hingga penghentian kedua diputuskan.

Departemen Fungsional diminta untuk menghubungi peserta V.League 1 mengenai keputusan darurat ini. Agar setiap tim yang berencana untuk melakukan perjalanan tandang segera membatalkan niatnya.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓