Sukses


Muncul Usulan Playoff di Serie A, Diduga Manuver Hentikan Dominasi Juventus

Bola.com, Jakarta Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, menggulirkan wacana perubahan format Serie A, yaitu dengan memperkenalkan sistem playoff. Menurut kabar yang beredar, wancana tersebut digulirkan bertujuan menghentikan domimasi Juventus di Serie A yang sudah berlangsung hampir satu dekade. 

Kompetisi di Italia berakhir di luar rencana pada musim ini. Seperti yang diketahui, Serie A hingga ajang kasta terbawah dalam struktur sepak bola di Italia ditunda akibat pandemi virus corona.

Semua pagelaran sepak bola ditunda mulai Maret, dan sebagian di antaranya baru dimulai kembali pada Juni. Coppa Italia menjadi pembuka dan Serie A baru dilangsungkan pada 21 Juni.

Setelah berlangsung selama lebih dari satu bulan, akhirnya Serie A 2019/2020 mendapatkan juaranya. Lagi-lagi, Juventus berhasil merengkuh titel scudetto dan ini merupakan yang ke-9 kalinya secara berturut-turut.

Ya, Juventus tidak pernah turun dari singgasana juaranya sejak Antonio Conte menggebrak Serie A pada 2011. Bahkan setelah mengalami tiga pergantian pelatih, Bianconeri masih tetap berada di puncak.

Semua klub pesaingnya seperti AC Milan, Inter Milan, AS Roma hingga Napoli gagal menghentikan dominasi Juventus di atas lapangan. Jelas Serie A menjadi sangat monoton, seolah juaranya sudah bisa ditebak sejak awal musim.

Untuk mengubah ini, Aurelio De Laurentiis mengatakan bahwa federasi sedang bekerja untuk mengubah format kompetisi. Yakni dengan memperkenalkan sistem play-off.

"Kami sedang bekerja dengan federasi untuk membuat jalur play-off dan play-out Serie A, untuk memecah konsistensi yang merusak selama sembilan tahun terakhir," kata De Laurentiis kepada Il Mattino.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Mini Turnamen

Wacana play-off sempat berembus di tengah-tengah penundaan Serie A. Bahkan sebelumnya ada wacana yang lebih parah lagi, yakni penghentian Serie A 2019/20 secara prematur.

Jika itu terjadi, Juventus berpeluang besar untuk jadi juara karena sedang berada di puncak klasemen. Lazio yang sedang berada di peringkat kedua, menolak dengan tegas wacana tersebut.

Dari situ, sistem play-off pun mulai ramai diperbincangkan. Empat klub teratas dalam klasemen Serie A akan dihadapkan dalam format mini turnamen. Dalam kasus ini, keempat klub tersebut adalah Juventus, Lazio, Inter Milan dan Atalanta.

Beruntung, kasus virus Corona di Italia menurun dengan sangat drastis. Pada akhirnya keputusan menggelar play-off urung terjadi dan Serie A kembali digulirkan dengan jadwal yang sangat padat.

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.net (Penulis Yaumil Azis, published 29/7/2020) 

Video Populer

Foto Populer