5 Fakta Penting AC Milan Setelah Libas Sampdoria, Tiket Liga Europa dan Rekor Spesial Hakan Calhanoglu

Oleh Yus Mei Sawitri pada 30 Jul 2020, 06:05 WIB
Diperbarui 30 Jul 2020, 11:27 WIB
AC Milan, Hakan Calhanoglu
Pemain AC Milan, Hakan Calhanoglu (bawah), berselebrasi dengan rekan setimnya Rafael Leao pada laga melawan Sampdoria di Luigi Ferraris, Kamis (30/7/2020) dini hari WIB. (Spada/LaPresse via AP)

Bola.com, Jakarta - AC Milan terus berlari kencang pada fase-fase akhir Serie A 2019/2020. Klub berjuluk Rossoneri itu menyegel poin sempurna setelah membungkan Sampdoria 4-1, di San Siro, Kamis (30/7/2020) dini hari WIB. 

Zlatan Ibrahimovic menyumbangkan dua dari gol AC Milan pada pekan ke-37 tersebut. Dua gol lainnya masing-masing diciptakan oleh Hakan Calhanoglu dan Rafael Leon. 

Torehan gol Zlatan dan Hakan Calhanoglu bermakna spesial. Zlatan menciptakan rekor baru, sedangkan Calhanoglu menyamai catatan spesial Kaka. 

Tambahan tiga pon membuat AC Milan mengoleksi 63 pion dari 37 laga. Mereka dipastikan finis di posisi keenam Serie A musim. 

Berikut ini lima fakta menarik di balik kemenangan telak AC Milan atas Sampdoria.  

2 dari 6 halaman

1. Segel Tiket Liga Europa

AC Milan, Zlatan Ibrahimovic
Bintang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic (dua dari kanan), berselebrasi setelah menjebol gawang Sampdoria pada pertandingan Serie A di Luigi Ferraris, Kamis (30/7/2020) dini hari WIB. (Tano Pecoraro/LaPresse via AP)

Kemenangan atas Sampdoria menggaransi partisipasi AC Milan di Liga Europa musim depan, melalui jalur kualifikasi. Klub berjuluk Rossoneri itu sudah memastikan finis keenam di Serie A musim ini. 

Posisi AC Milan sudah tidak mungkin berubah meskipun Serie A masih menyisakan satu laga lagi. AC Milan mengantongi 63 poin dari 37 laga. 

Milan sudah mustahil merangsek ke posisi kelima yang ditempati AS Roma dengan torehan 67 poin. Adapun Napoli yang menempati peringkat ketujuh juga mustahil naik karena ada gap empat poin dengan Milan. 

3 dari 6 halaman

2. Rekor Unik Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic
Ekspresi Zlatan Ibrahimovic setelah menjebol gawang Sampdoria pada lanjutan Serie A di Stadion San Siro, Kamis (30/7/2020) dini hari WIB. (La Presse/AFP)

Tambahan dua gol itu membuat Ibra total mengoleksi 50 gol saat berseragam AC Milan. Dia juga menyumbangkan 42 gol dalam 61 laga pada periode pertamanya di AC Milan pada musim 2010/2011 dan 2011/2012. 

Koleksi 50 gol bersama AC Milan itu membuat Zlatan Ibrahimovic resmi mengantongi rekor unik. Dia menjadi pemain pertama yang mampu menyumbangkan setidaknya 50 gol masing-masing untuk AC Milan dan Inter Milan. 

Zlatan Ibrahimovic tercatat menorehkan 57 gol untuk Inter Milan, yang pernah dibelanya pada 2006 hingga 2009. 

4 dari 6 halaman

3. Hakan Calhanoglu Ikuti Jejak Kaka

AC Milan, Bologna, Serie A
Pemain AC Milan, Hakan Calhanoglu. (AP/Luca Bruno)

Hakan Calhanoglu juga menyumbang satu gol pada kemenangan besar AC Milan di San Siro itu. Berkat sumbangsihnya itu, ia menyejajarkan diri dengan legenda AC Milan, Kaka. 

Calhanoglu menjadi gelandang pertama AC Milan yang secara langsung terlibat setidaknya satu gol dalam lima penampilan beruntun sejak Kaka melakukannya pada 2008. 

 

5 dari 6 halaman

4. Gol Tercepat Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic mencetak gol tercepatnya di Serie A bersama AC Milan (3 menit 22 detik). Sebelumnya gol tercepatnya bersama AC Milan yaitu pada menit kelima pertandingan melawan Inter Milan pada November 2010. 

 

6 dari 6 halaman

5. Perpanjang Tren Tak Terkalahkan

AC Milan benar-benar on fire sejak sepak bola kembali bergulir pasca lockdown. Buktinya, Rossoeneri berhasil memperpanjang tren tak terkalahkan di Serie A menjadi 11 kali beruntun. 

Sumber: Opta 

 

Lanjutkan Membaca ↓