5 Pemain Rating Kinerjanya Terbaik di Eropa Musim Ini: Lionel Messi Jauh Meninggalkan Cristiano Ronaldo

Oleh Ario Yosia pada 31 Jul 2020, 08:10 WIB
Diperbarui 31 Jul 2020, 08:10 WIB
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Musim 2019-2020 sudah hampir sampai garis finish. Di antara kelima liga besar Eropa saat ini, hanya Serie A yang belum menggelar pekan penutupnya.

Kompetisi paling bergengsi di kancah sepak bola Italia itu lebih duluan ditunda akibat pandemi virus Corona. Lalu menyusul ajang-ajang lain seperti Premier League, La Liga, Bundesliga dan bahkan Liga Champions.

Pekan ke-38 alias penutupnya baru akan digelar mulai hari Sabtu (1/8/2020) malam nanti. Namun sang pemenang telah ketahuan sejak akhir pekan kemarin. Ya, lagi-lagi Juventus menjadi juara di kompetisi tersebut.

Di sisi lain, kompetisi lainnya sudah berakhir. Bundesliga telah menutup musim 2019/20 sejak awal bulan Juli lalu. Bayern Munchen kembali menjadi juara usai mengungguli Borussia Dortmund dengan perbedaan tiga poin.

La Liga pun sudah rampung pekan lalu. Kompetisi terbesar di Spanyol tersebut menyajikan persaingan sengit antara dua raksasa, Barcelona dan Real Madrid. Nama terakhir menjadi juara setelah unggul lima poin dari Barcelona.

Sementara itu, Premier League baru rampung pada akhir pekan kemarin. Namun mereka sudah mendapatkan sang juara sejak akhir bulan Juni lalu setelah Liverpool berhasil mengungguli runner-up, Manchester City, dengan selisih lebih dari 20 poin.

Terakhir ada Ligue 1. Ajang bergengsi di tanah Prancis itu gagal menggelar sisa pertandingan pada musim ini setelah pemerintah melarang adanya aktivitas olahraga dikarenakan pandemi. PSG pun dinyatakan sebagai juara karena berada di puncak klasemen.

Tinggal Liga Champions dan Liga Europa saja yang belum digelar. Menilik performa para pemain dari kelima liga besar Eropa sejauh ini, siapakah yang pantas dinobatkan sebagai terbaik berdasarkan rating? Simak informasi selengkapnya di bawah ini yuk, Bolaneters.

Catatan: hanya pemain dengan minimal 20 penampilan saja yang masuk ke dalam daftar berikut ini.

2 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo (7,85)

Juventus vs Cagliari
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo berebut bola dengan pemain Cagliari, Marko Rog dalam lanjutan Liga Italia di stadion Sardegna Arena, Rabu (29/7/2020). Juventus yang sudah menjadi juara terpeleset di markas Cagliari. (Alessandro Tocco/LaPresse via AP)

Jumlah gol Ronaldo yang menurun pada musim kemarin membuat publik mulai mempertanyakan kualitasnya. Tapi semua keraguan itu sirna setelah pria asal Portugal tersebut menjadi salah satu kandidat Capocannoniere musim ini.

Tercatat Ronaldo berhasil mengantongi total 31 gol dari 32 penampilannya saja di Serie A. Jika dirata-ratakan, maka pemain berumur 35 tahun itu berhasil mencetak 6.2 gol per pertandingan.

Torehan 21 golnya pada musim kemarin telah ia lewati sejak bulan Februari lalu. Selain itu, ia juga membukukan rekor sebagai pemain tercepat dalam sejarah Serie A yang bisa mengantongi 50 gol. Ronaldo mendapatkan gol ke-50 usai melakoni penampilan yang ke-61 di ajang tersebut.

3 dari 7 halaman

Kevin De Bruyne (7,97)

Manchester City Bungkam Liverpool 4-0
Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne, berusaha melewati bek Liverpool, Virgil Van Dijk, pada laga lanjutan Premier League pekan ke-32 di Stadion Etihad, Jumat (3/7/2020) dini hari WIB. Manchester City menang 4-0 atas Liverpool. (AFP/Dave Thompson/pool)

Manchester City gagal mempertahankan statusnya sebagai juara bertahan Premier League. Namun setidaknya, Kevin De Bruyne bisa menasbihkan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik pada musim ini.

Ia menjadi motor serangan buat the Citizens yang bakalan ditinggal David Silva. Visi dan kecerdikannya dalam mengirim umpan telah menghasilkan sejumlah gol-gol penting untuk pasukan Josep Guardiola tersebut.

Pada musim ini, De Bruyne berhasil memproduksi 20 assist di ajang Premier League. Ia sukses menyamai rekor yang pernah dibukukan oleh legenda Arsenal, Thierry Henry, bertahun-tahun yang lalu.

4 dari 7 halaman

Robert Lewandowski (8,13)

Robert Lewandowski
Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski, mengukuhkan diri sebagai raja gol Bundesliga musim 2019-20. (AP/Kai Pfaffenbach)

Penyerang asal Polandia tersebut masih menjadi andalan Bayern Munchen untuk menjebol gawang lawan-lawannya. Pada musim ini, ia berhasil mengantongi total 34 gol dari 31 penampilan saja di Bundesliga.

Bicara soal torehan gol Lewandowski hanya akan membuat publik geleng-geleng kepala. Sebab, selain mengantongi 31 gol di Bundesliga, Lewandowski juga telah memproduksi 11 gol dari enam laga di Liga Champions dan tujuh lainnya pada pentas DFB-Pokal.

Namanya sempat masuk dalam jajaran unggulan peraih trofi Ballon d'Or pada tahun ini. Sayangnya, penghargaan pemain terbaik dunia tersebut dibatalkan dengan alasan pandemi virus corona.

5 dari 7 halaman

Kylian Mbappe (8,14)

Gol Tunggal Neymar Bawa PSG Juara Piala Prancis
Penyerang PSG, Kylian Mbappe, merayakan trofi juara Piala Prancis usai mengalahkan Saint-Etienne pada pertandingan final di Stadion Stade de France, Sabtu (25/7/2020) dini hari WIB. PSG menang 1-0 atas Saint-Etienne. (AFP/Franck Fife)

 PSG diberkahi sejumlah pemain menyerang dengan kualitas yang bukan main. Selain Neymar dan Angel Di Maria yang sudah berpengalaman, mereka juga punya sosok yang akan menjadi bintang di masa depan: Kylian Mbappe.

Kecepatan serta kemampuan penyelesaian akhir yang apik membuat Mbappe menjadi tumpuan di lini serang PSG. Ia dinobatkan sebagai top skor Ligue 1 setelah kompetisi itu dinyatakan tutup musim beberapa bulan lalu.

Pemain berumur 21 tahun tersebut bermain dalam 17 laga di Ligue 1 dan mencetak 18 gol. Selain itu, Mbappe juga mencatatkan torehan rata-rata 4,4 tembakan dan 2,8 dribble per pertandingan.

6 dari 7 halaman

Lionel Messi (8,71)

Espanyol Vs Barcelona
Striker Barcelona, Lionel Messi, berusaha melewati pemain Espanyol pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Rabu (8/7/2020). Barcelona menang 1-0 atas Espanyol. (AP/Joan Monfort)

Performa Barcelona pada musim ini boleh menurun hingga harus merelakan trofi La Liga jatuh ke tangan Real Madrid. Namun performa Messi tidak menunjukkan penurunan sama sekali.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Messi masih menjadi tumpuan lini serang Barcelona. Ia mencetak 25 gol pada musim ini - lebih kecil dari Ronaldo - namun setidaknya ia berhasil mengantongi 21 assist.

Torehan ini membuatnya kembali masuk dalam buku rekor La Liga. Ia menjadi pemain pertama yang membukukan 20+ gol dan assist selama satu musim. Jika ditotal, Messi memiliki kontribusi pada 46 gol Barcelona. Melewati Lewandowski (34 gol, empat assist).

Sumber asli: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, Published 30/7/2020)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓