Sukses


7 Pemain yang Kena Kutukan Jersey No.7 Peninggalan Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo dan nomor punggung 7 nyaris tak bisa dipisahkan. Ke mana pun Ronaldo pergi, dia selalu meminta kesempatan mengenakan nomor favoritnya itu, bahkan sampai saat ini di Juventus.

Ronaldo mulai mengenakan nomor 7 saat masih membela Manchester United beberapa tahun lalu. Dia sempat mengenakan nomor punggung 9 pada musim pertamanya di Real Madrid, sisanya selalu mengenakan kostum nomor 7.

Total, dari 18 musim karier profesional Ronaldo di level klub, hanya dua musim dia tidak mengenakan nomor punggung 7. Bukan tanpa alasan dia mendapatkan julukan CR7.

Uniknya, nomor 7 Ronaldo sepertinya punya kekuatan magis tertentu. Tercatat, setiap pemain yang mengenakan nomor 7 warisan Cristiano Ronaldo terhitung gagal sejauh ini, entah itu di Manchester United atau Real Madrid.

Video

2 dari 4 halaman

Manchester United

Cristiano Ronaldo meninggalkan Manchester United 11 tahun lalu, tepatnya pada tahun 2009. Sejak saat itu, nomor punggung 7 seakan-akan jadi kostum sakral untuk pemain-pemain MU berikutnya.

Tercatat, sejak kepergian Ronaldo dari MU, ada 5 pemain lain yang mengenakan kostum nomor 7. Mulai dari Michael Owen, Antonio Valencia, Angel Di Maria, Memphis Depay, dan Alexis Sanchez.

Melihat torehan kelima pemain itu, mungkin hanya Valencia yang dapat dikatakan sedikit lebih baik. Sisanya bencana, khususnya Di Maria, Depay, dan Sanchez.

Di Maria hanya bertahan semusim di Old Trafford. Depay gagal total, hanya bermain dua musim. Sancez jadi cerita tersendiri, dia justru lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan.

3 dari 4 halaman

Real Madrid

Kutukan nomor punggung 7 warisan Ronaldo itu tidak hanya berlaku di MU. Hal yang sama terjadi di Real Madrid, yang masih berlanjut sampai sekarang.

Ronaldo meninggalkan Los Blancos pada tahun 2018 untuk bergabung dengan Juventus. Sejak saat itu, nomor punggung 7 dikenakan oleh Mariano Diaz, lalu mulai dikenakan Eden Hazard musim ini.

Diaz jelas gagal total. Keputusan kembali ke Madrid di era Julen Lopetegui sepertinya kesalahan besar, dia hanya bermain pada beberapa pertandingan, lalu hanya jadi figuran sampai sekarang.

Kemudian, mulai musim 2019/2020 ini, nomor 7 dikenakan oleh bintang baru Madrid, Eden Hazard. Nahas, jangankan jadi bintang, Hazard bahkan tak banyak bermain karena cedera.

Untungnya dia bisa kembali tampil pada beberapa pekan terakhir dan membantu Madrid menjuarai La Liga.

4 dari 4 halaman

Total 7 Pemain

Total, ada 7 pemain yang mengenakan kostum nomor 7 warisan Ronaldo di MU dan Madrid dalam 11 tahun terakhir. Hampir semuanya gagal total, sebab mereka selalu dijatuhi ekspektasi besar untuk setidaknya menyamai level Ronaldo.

Menurut ESPN FC, 7 pemain yang mewarisi nomor favorit Ronaldo itu hanya bisa menorehkan total 20 gol di liga dalam 211 pertandingan. Jelas torehan yang sangat minim.

Mereka adalah Michael Owen, Antonio Valencia, Angel Di Maria, Memphis Depay, Alexis Sanchez, Mariano Diaz, dan Eden Hazard.

Sumber: ESPN FC

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 4/8/2020)

Video Populer

Foto Populer