Sukses


MOTION GRAFIS: Penalti Bruno Fernandes Bawa Manchester United Kalahkan Copenhagen di Perempat Final Europa League

Bola.com, Jakarta - Butuh perjuangan yang ekstra keras bagi Manchester United untuk melewati babak perempat final Liga Europa. Melawan Copenhagen pada hari Selasa (11/8/2020), pasukan Ole Gunnar Solskjaer itu meraih kemenangan dengan skor 1-0. Kemenangan tersebut berkat gol penalti dari Bruno Fernandes pada babak perpanjangan waktu.

Manchester United harus menunggu gol pertamanya tercipta sampai babak extra time. Pertahanan rapat Copenhagen begitu sulit untuk ditembus dan aksi gemilang Karl-Johan Johnsson membuat barisan serang MU frustrasi.

Peluang emas the Red Devils baru tercipta pada menit ke-21 lewat sundulan Bruno Fernandes dalam situasi kemelut dari sepak pojok. Sayangnya bola hanya mengenai mistar gawang!

Pada menit ke-23, wasit sempat menunjuk titik putih setelah Martial terjauh di kotak terlarang. Namun wasit membatalkan keputusan tersebut setelah berkonsultasi dengan tim VAR karena Maguire sudah berada di posisi offside sebelumnya.

Gawang Copenhagen akhirnya bergetar di masa injury time babak pertama lewat tembakan Mason Greenwood. Sayang wasit menganulir gol tersebut karena sang penyerang sudah berada dalam posisi offside.

Manchester United kembali berhasil menyarangkan bola ke gawang Copenhagen pada menit ke-57. Sepakan Greenwood mengenai tiang gawang dan bola liar menghampiri Rashford. Tanpa berpikir lama, Rashford mencetak gol. Namun wasit kembali menganulir karena Rashford terjebak offside.

Dua kali Manchester United melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, masing-masing di menit ke-68 dan 69 lewat Bruno Fernandes dan Paul Pogba. Namun gagal menjadi gol karena berhasil diselamatkan oleh Karl-Johan Johnsson.

Copenhagen pun melakukan beberapa serangan. Pada menit ke-81, Guillermo Varela nampak dijatuhkan oleh Brandon Williams di kotak terlarang Manchester United. Namun wasit tidak memberikan hadiah penalti kepada Copenhagen.

Pertahanan Copenhagen mulai goyah. Martial menemukan celah dan menusuk seorang diri dan melepaskan tembakan di kotak penalti lawan. Dan lagi-lagi, Johnsson melakukan penyelamatan gemilang hingga menggagalkan peluang Manchester United!

Skor imbang 0-0 bertahan sampai masa injury time babak kedua usai. Pertandingan pun terpaksa berlanjut hingga ke babak extra time.

Manchester United mendapatkan hadiah penalti di awal babak pertama extra time. Martial yang ingin melepaskan tembakan di kotak terlarang dijatuhkan oleh Andreas Bjellend. Wasit pun menunjuk titik putih dan keputusannya dipertegas oleh tim VAR.

Bruno Fernandes yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menunaikan tugasnya dengan baik. Ia sukses menggetarkan jala gawang Copenhagen meskipun Johnsson berhasil menebak arah bidikannya. 1-0.

Keunggulan ini tidak membuat Manchester United mundur. Mereka terus menyerang dan pada menit ke-103, peluang tercipta lewat tembakan pemain pengganti, Juan Mata. Sayang bidikannya masih melambung tinggi di atas gawang.

Peluang kembali tercipta jelang babak pertama extra time berakhir. Mata yang menemukan ruang tembak di kotak penalti mencoba peruntungannya. Lagi-lagi Johnsson menepisnya. Victor Lindelof berusaha menyapu bola mentahannya namun hanya mampu membentur tiang gawang!

Tidak banyak peluang yang tercipta di babak kedua extra time. Pada akhirnya, Mancherster United berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 1-0 atas Copenhagen berkat gol penalti Bruno Fernandes dan dinyatakan lolos ke semi-final Liga Europa 2019-2020.

Video Populer

Foto Populer