Sukses


5 Balas Dendam Ikonik Para Pesepak Bola yang Ditendang dengan Status Pinjaman: Dunia Itu Kejam Bor!

Bola.com, Jakarta - Klub menemukan cara baru dan kreatif untuk memanfaatkan jendela transfer untuk mengatasi kekurangan dalam skuad. Mereka tak perlu mengeluarkan dana besar transfer. Cukup meminjam saja seorang pemain.

Baik itu murni untuk sementara (tanpa opsi pembelian) atau dengan embel-embel transfer pada ujung masa peminjaman.

Buat klub yang memiliki pemain, opsi peminjaman membantu memberikan menit bermain ke pemainnya. Strategi loan banyak dipakai klub untuk pemain-pemain belia mereka.

Ada banyak kesepakatan peminjaman profil tinggi yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Kylian Mbappe ke PSG, James Rodriguez ke Bayern Munchen, Carlos Tevez ke Manchester United, dan banyak lagi.

Baru-baru ini, pemain mahal Barcelona, Philippe Coutinho bergabung dengan daftar ini juga, setelah dikirim ke Bayern Munchen setelah dianggap tidak berkembang di Nou Camp.

Menjadi momen yang seru untuk disaksikan saat para pemain yang dipinjamkan kemudian bersua klub aslinya di pertandingan penting kelas kompetisi domestik, Liga Europa, atau bahkan Liga Champions.

Buat pemain yang merasakan kekecewaan karena ditepikan, pertandingan ini jadi amat penting. Mereka punya kesempatan membuktikan kalau keputusan klubnya salah besar.

Berikut ini lima aksi balas dendam paling ikonik para pemain berstatus pinjaman ke klub aslinya. Siapa saja pemain yang sukses melakukannya?

Video

2 dari 6 halaman

Philippe Coutinho

Philippe Coutinho, yang pindah dari Liverpool ke Catalan untuk memenuhi mimpinya, menjadi pemain Barcelona termahal dalam sejarah setelah pindah senilai lebih dari 140 juta euro. Namun, dia dengan cepat tidak disukai klub barunya, menyebabkan dia pergi dengan status pinjaman ke Jerman.

Barcelona menerima salah satu penampilan paling klinis dalam sejarah Liga Champions dari Bayern Munich asuhan Hansi Flick di Portugal. Pertandingan babak 16 besar berlangsung eksplosif sejak awal saat Bayern mencetak tiga gol dalam 20 menit pembukaan - meskipun salah satunya adalah gol bunuh diri lucu yang dicetak oleh David Alaba.

Ada harapan bagi Blaugrana setelah Luis Suarez mencetak gol kedua mereka, membawa skor menjadi 4-2 saat itu. Namun, harapan itu tidak bertahan lama karena Bavarians yang kejam makin menjadi-jadi di lapangan. Pukulan paling telak dirasakan Barcelona oleh mantan pemainnya.

Coutinho dimasukkan hanya 15 menit dan membantu menambah tiga gol ke penghitungan Bayern dalam periode itu. Ia menyumbang assist gol UCL ke-14 Robert Lewandowski musim ini, dan kemudian mencetak gol ketujuh dan kedelapan permainan.

Walau tak terlihat bahagia saat berselebrasi, Coutinho dalam hatinya pasti puas absolut.

3 dari 6 halaman

Kingsley Coman

Bayern Munchen telah menunjukkan keinginan untuk memanfaatkan kesepakatan pinjaman untuk keuntungan mereka, dan telah melakukan beberapa kesepakatan pinjaman paling cerdik berkali-kali.

Kingsley Coman adalah salah satu pemain yang diambil Bavarians dari Juventus dengan kesepakatan pinjaman dua tahun sebelum mengontraknya secara permanen setelahnya.

Ia tampil memesona saat Bayern yang saat itu diasuh Pep Guardiola bermain imbang melawan Juventus asuhan Max Allegri di babak 16 besar Liga Champions 2015-2016.

Leg pertama adalah pertemuan 2-2 yang mendebarkan di Turin. Klub tuan rumah pulih dari defisit dua gol untuk menyiapkan mimpi buruk di Allianz Arena.

Juventus memimpin lebih dulu dan unggul 2-0 dalam waktu setengah jam setelah pertandingan, setelah Paul Pogba dan Juan Cuadrado mencetak gol. Bayern Munchen mematok satu gol dengan waktu tersisa 15 menit lagi, dan menyamakan kedudukan di menit-menit terakhir pertandingan.

Perpanjangan waktu menanti, dan Thiago akhirnya menemukan terobosan untuk memberi Bayern keunggulan agregat 5-4.

Saat Bianconeri mengerahkan semua yang mereka miliki untuk mencoba dan memulihkan penyelamatan gol, segalanya berubah dari buruk menjadi lebih buruk. Coman, yang baru saja diturunkan di bangku cadangan, mengoyak pertahanan pelanggan juara Seri A Italia itu dan mencetak gol yang tepat untuk membuat klub induknya terlempar dari UCL.

4 dari 6 halaman

Thibaut Courtois

Thibaut Courtois muda dibeli Chelsea dari Genk sebelum segera dipinjamkan ke Atletico Madrid pada 2011. Di Vicente Calderon kiper asal Belgia itu berkembang. Ia menjadi salah satu aktor kunci raihan gelar La Liga dalam dekade terakhir.

Courtois juga merupakan sosok kunci untuk performa gemilang Atleti di Liga Champions. Pada tahun terakhir dari tiga musim tinggalnya di ibu kota, dia melawan klub induknya Chelsea, yang dinakhodai oleh Jose Mourinho. The Blues menuntut biaya 5 juta poundsterling untuk memungkinkan Courtois bermain melawan Chelsea karena klausul yang tercantum dalam kontrak pinjaman Courtois.

Namun, UEFA turun tangan dan membuat permintaan aneh Chelsea batal, yang memungkinkan Atleti menurunkan kiper bintang mereka. Ada alasan di balik kekhawatiran Mourinho dan Chelsea tentang permainan Courtois saat ia melakukan serangkaian penyelamatan menakjubkan di kedua kakinya untuk Rojiblancos.

Pemain Belgia itu menjaga clean sheet di kandang dan menjaga gawang mereka dengan sangat baik di leg tandang, hanya kebobolan satu gol sambil menyaksikan rekan satu timnya memasukkan tiga gol melewati klub induknya. Chelsea tersingkir, dan Atleti melaju ke final, meski akhirnya kalah dari rival sekota Real Madrid.

5 dari 6 halaman

Fernando Morientes

Penyerang Spanyol, Fernando Morientes adalah pencetak gol hebar selama berada di Spanyol untuk Real Madrid dan Real Zaragoza, dan klub La Liga lainnya.

Namun, stablitasnya di Los Blancos hilang setelah kedatangan superstar Brasil Ronaldo Nazario dari Inter Milan dengan biaya rekor saat itu.

Akibat Ronaldo bergabung dengan klub ibu kota, Morientes kehilangan tempatnya di starting XI di samping Raul Gonzales.

Karena kurangnya waktu bermain, Real membuat keputusan untuk meminjamkannya ke AS Monaco menjelang musim 2003-2004, dan itu akan menjadi keputusan yang akan mereka sesali dalam hidup.

Monaco dan Real Madrid saling berhadapan di babak 16 besar Liga Champions, dan juara rekor Spanyol itu menang dengan skor 4-2 di Bernabeu dengan Morientes mencetak gol tandang. Di pertandingan berikutnya, klub milik kerajaan Monaco itu mengejutkan Real Madrid dengan kemenangan 3-1, yang akhirnya melaju ke fase berikutnya dengan mendepak Los Blancos.

Morientes mencetak gol di kandang dan tandang melawan klub aslinya. Dia mengakhiri turnamen sebagai pencetak gol terbanyak dengan sembilan gol. Monaco akhirnya kalah di final dari pemain muda Jose Mourinho FC Porto.

6 dari 6 halaman

Alvaro Morata

Striker Real Madrid, Alvaro Morata dikirim dengan kontrak pinjaman dua tahun ke Juventus antara 2014 dan 2016, yang membuatnya lebih sukses.

Pemain asal Spanyol itu aset penting bagi Bianconeri, dan meskipun dia tidak mencetak banyak gol, dia mencetak gol penting di momen-momen penting untuk tim. Secara alami, dia adalah favorit penggemar di Stadion Allianz.

Seperti sudah ditakdirkan, Juventus dan Real Madrid bertemu satu sama lain di semifinal UCL 2014-2015. Los Blancos bertandang ke Italia di leg pertama dan disambut oleh salah satu dari mereka sendiri hanya delapan menit memasuki permainan saat Morata memasukkan bola melewati Iker Casillas untuk membuka skor.

Cristiano Ronaldo membatalkan gol Morata dengan menyamakan kedudukan, tetapi itu sia-sia karena Carlos Tevez menjadikan skor 2-1 untuk tim tuan rumah dari titik penalti. Pada pertandingan sebelumnya, pemain Portugal itu membuka skor di Santiago Bernabeu tetapi Morata, sekali lagi, tampil dengan gol penyeimbang yang penting setelah pergerakan tim yang brilian.

Dua golnya di kedua kakinya memberi Juventus kemenangan, dan akhirnya memastikan tersingkirnya klub orang tuanya dari kompetisi. Real Madrid akhirnya membelinya kembali hanya untuk menjualnya ke Chelsea hanya beberapa minggu kemudian.

Sumber: Sportskeeda

Ingin lihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan highlights pertandingan Liga Champions, silakan klik di sini.

Jika kalian juga ingin melihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan cuplikan pertandingan Liga Europa, silakan klik di sini.

 

Video Populer

Foto Populer