Sukses


7 Fakta tentang Estadio Da Luz, Venue Final Liga Champions 2019 / 2020

Bola.com, Jakarta Final Liga Champions musim 2019/2020 antara Bayern Munchen melawan Paris Saint-Germain (PSG) akan berlangsung pada Senin (23/8/2020) dini hari WIB. Partai prestisius tersebut akan digelar di Estadio da Luz atau bernama resmi Estádio do Sport Lisboa e Benfica di Kota Lisbon, Portugal. 

Estadio da Luz menjadi venue partai final Liga Champions musim ini sebenarnya tidak sesuai dengan agenda yang disusun jauh-jauh hari. Partai final semestinya tidak digelar di stadion tersebut. 

Partai puncak sudah dijadwalkan berlangsung di  Stadion Ataturk Olympic, Istanbul, Turki. Seperti jadwal awal, final diplot berlangsung pada 30 Mei 2020. 

Namun, semua rencana menjadi berantakan karena pandemi virus corona yang mengguncang dunia sejak awal tahun. Seluruh kompetisi olahraga, termasuk sepak bola, di berbagai belahan dunia terpaksa dihentikan sementara pada Maret 2020 untuk mencegah penularan Covid-19. 

Liga-liga Eropa dihentikan sementara. Bahkan, Ligue 1 Prancis musim 2019/2020 dianggap sudah selesai pada Maret, tanpa harus menjalani semua laga tersisa, dengan PSG dinobatkan sebagai juara. 

Liga-liga besar Eropa lainnya berhenti berdenyut sejak Maret, dan baru mulai menggeliat pada Juni. Tak terkecuali Liga Champions, yang terhenti saat baru memainkan babak 16 besar. 

Untuk menyiasati kondisi yang belum pulih dari pandemi virus corona, format Liga Champions diubah. Babak 16 besar tetap dilanjutkan seperti format biasanya. Namun, sejak perempat final digunakan format mini-turnamen. Pertandingan perempat final dan semifinal hanya digelar sekali, tanpa tandang dan tandang. 

Fase perempat final hingga final Liga Champions juga dipusatkan di satu kota: Lisbon Portugal. Alhasil, final juga digelar di kota tersebut. Estadio da Luz  terpilih sebagai venue final.  

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik

1.  Estadio da Luz merupakan kandang klub raksasa Portugal, Benfica, sejak 2003.

2. Stadion ini sebelumnya pernah menjadi tuan rumah final Liga Champions pada 2014. Saat itu, Real Madrid merengkuh La Decima alias gelar ke-10 dengan mengalahkan tim sekotanya, Atletico Madrid, dengan skor 4-1. 

3. Stadion ini dibangun saat Portugal menjadi tuan rumah Piala Eropa 2004. Estadion da Luz menjadi salah satu venue pertandingan, termasuk memanggungkan final Piala Eropa 2004. Biaya pembangunan stadion ini mencapai 162 juta euro atau setara Rp2,8 triliun. 

4. Stadion ini berkapasitas 65.000 penonton.

5. Sebelum dipugar dan selesai pada 2003, stadion ini pernah menggelar final Piala Winners 1992. Saat itu Werder Bremen menjadi juara setelah mengalahkan Monaco 2-0. Final leg kedua Piala UEFA 1983 juga diselenggarakan di stadion itu. 

6. Pertandingan bergengsi lain yang pernah digelar di sana adalah final Piala Champions 1967 serta final Piala Eropa 2005. 

7. Estadio da Luz ini punya julukan khusus, yaitu A Cathedral. Adapun Luz kata dalam bahasa Portugal yang bisa diartikan sebagai "cahaya". Namun, Luz ini juga bisa mengaju pada alamat asli stadion tersebut, yaitu Estrada da Luz. 

Sumber: dari berbagai sumber 

 

 

Video Populer

Foto Populer