5 Bintang yang Belum Pernah Merasakan Gelar Liga Champions, Mulai Buffon Hingga Ibrahimovic

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 24 Agu 2020, 09:20 WIB
Diperbarui 24 Agu 2020, 09:20 WIB
Ilustrasi Pemain - Gianluigi Buffon,  Fabio Cannavaro, Michael Ballack, Zlatan Ibrahimovic, Ronaldo Nazario da Lima
Ilustrasi Pemain - Gianluigi Buffon, Fabio Cannavaro, Michael Ballack, Zlatan Ibrahimovic, Ronaldo Nazario da Lima (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Liga Champions menjadi kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa. Para pesepak bola di Benua Biru berlomba untuk tampil hingga meraih gelar di Liga Champions.

Liga Champions pertama kali digelar pada musim 1955-1956. Sejauh ini, Real Madrid menjadi tim paling sukses dalam kompetisi tersebut dengan torehan 13 gelar.

Adapun di peringkat kedua ada AC Milan dengan jumlah tujuh gelar. Sementara itu, Francisco Gento merupakan pemain pengoleksi gelar Liga Champions paling banyak, yakni enam kali.

Liga Champions dalam beberapa musim terakhir mengalami perkembangan yang signifikan. Persaingan yang ketat membuat banyak pemain hebat belum mampu meraih gelar Liga Champions.

Jadi, kualitas individu yang dimiliki bukan jaminan seorang pemain bisa meraih gelar Liga Champions. Faktor keberuntungan juga bermeran penting untuk meraih trofi berjulukan Si Kuping Besar.

Bola.com mencatat ada beberapa pemain hebat yang sepanjang kariernya, bahkan hingga pensiun belum mampu meraih gelar Liga Champions. Siapa saja para pemain hebat yang belum beruntung itu?

2 dari 7 halaman

Fabio Cannavaro

Ballon d'Or
Fabio Cannavaro - Bek Real Madrid itu menjadi yang terbaik di dunia pada tahun 2006. Gelar itu tak lepas dari kesuksesan kapten Italia itu meraih gelar Piala Dunia 2006. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Fabio Cannavaro sepanjang kariernya sebagai pesepak bola yang dikenal sebagai satu di antara bek tengah terbaik. Cannavaro yang berkarier pada rentang 1992-2011, tercatat sudah memperkuat sejumlah klub elite.

Cannavaro pernah membela Napoli, Parma, Inter Milan, Juventus, Real Madrid, dan Al-Ahli. Sejumlah gelar kompetisi domestik berhasil diraih pemain asal Italia itu.

Namun, Cannavaro sampai akhir kariernya tidak mampu merasakan gelar Liga Champions. Hal ini tentu saja sangat disayangkan buat pemain sekaliber Cannavaro.

3 dari 7 halaman

Michael Ballack

Pemain Bintang yang Belum Pernah Meraih Juara Liga Champions
Michael Ballack (93 laga di Champions) - Saat bergabung dengan Chelsea, Ballack memiliki harapan untuk mengangkat trofi juara Liga Champions. Namun, mimpinya pupus ketika Chelsea kalah oleh Manchester United di laga final musim 2007/08. (AFP/Carl de Souza)

Dalam sepanjang karier sepak bolanya, Michael Ballack telah membela klub-klub elite Eropa. Pemain asal Jerman itu pernah bermain untuk Kaiserslautern, Bayer Levekusen, Bayern Munchen, hingga Chelsea.

Sejumlah gelar liga hingga piala domestik berhasil diraih Ballack. Namun, satu gelar yang membuat penasaran Ballack sampai akhir kariernya adalah Liga Champions.

Ballack tercatat belum mampu meraih gelar bergengsi kompetisi Eropa tersebut. Ballack hampir meraihnya ketika berseragam Chelsea, namun gagal setelah kalah di final melalui adu penalti saat melawan Manchester United.

4 dari 7 halaman

Ronaldo de Lima

Pesepak Bola Bertubuh Gemuk Saat Merumput
1. Ronaldo Nazario de Lima - Pemain Brazil yang dikenal sebagai penyerang mematikan dan terbaik di dunia. Kemampuan individunya sempat dilirik saat membela PSG dan Barcelona. (AFP/Paco Serinelli)

Bicara kualitas sebagai penyerang, Ronaldo Luís Nazario de Lima tak perlu diragukan lagi. Pemain asal Brasil itu sepanjang kariernya sukses mencetak ratusan gol dan selalu tampil tajam untuk klubnya.

Ronaldo pernah membela sejumlah klub elite Eropa semisal PSV, Barcelona, Inter Milan, Real Madrid, hingga AC Milan. Ronaldo juga berhasil memberikan sejumlah gelar liga dan piala domestik.

Namun, Ronaldo sampai akhir kariernya tak mampu meraih gelar Liga Champions. Pencapaian terbaiknya adalah membantu Inter Milan mencapai perempat final pada 1998-1999.

5 dari 7 halaman

Gianluigi Buffon

Juventus Vs Bologna
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, usai mengalahkan Bologna pada laga Serie A Italia di Stadion Juventus, Turin, Sabtu (19/10). Juventus menang 2-1 atas Bologna. (AFP/Marco Bertorello)

Gianluigi Buffon merupakan kiper hebat yang pernah ada dalam sejarah. Kiper asal Italia itu dikenal memiliki kualitas tangguh dan refleks yang baik dalam mengantisipasi bola.

Sampai saat ini, Buffon masih aktif bermain meski sudah berusia 42 tahun. Buffon telah memperkuat Parma, Juventus, dan Paris Saint-Germain.

Sejumlah gelar liga dan piala domestik sudah diraih Buffon. Hanya gelar Liga Champions yang membuat Buffon penasaran. Buffon hampir dua kali meraih gelar, namun timnya kalah dalam laga final pada musim 2014-2015 dan 2016-2017.

6 dari 7 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Cristiano Ronaldo dan 5 Algojo Penalti Terbaik di Dunia
4. Zlatan Ibrahimovic (64 gol penalti) - Imbrahimovic pernah membela sejumlah klub besar seperti Juventus, Inter Milan, Barcelona, Paris Saint-Germain, dan Manchester United. Selama berkarier, pemain asal Swedia ini berhasil mencetak 64 gol lewat titik penalti. (AFP/Tiziana Fabi)

Zlatan Ibrahimovic merupakan penyerang berkualitas. Karier sepak bola pemain asal Swedia itu dilalui bersama klub-klub elite Eropa, semisal Ajax, Juventus, Inter Milan, Barcelona, Paris Saint-Germain, hingga Manchester United.

Ibrahimovic kerap menjadi andalan di klub yang dibelanya. Pemain berpostur 195 cm itu juga dikenal sebagai predator ulung yang andal dalam membobol gawang lawan.

Sejumlah gelar liga dan kompetisi lokal berhasil diraih Ibrahimovic bersama klub yang dibelanya. Hanya gelar Liga Champions yang sampai saat ini belum mampu diraihnya.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓