Sukses


7 Klub Anggota Klub Elite Peraih Treble, Barcelona dan Bayern Munchen Paling Sering

Bola.com, Jakarta - Bayern Munchen berhasil mencetak rekor setelah meraih gelar Liga Champions 2019/2020. Gelar tersebut menjadi yang keenam diraih klub berjulukan Die Roten sepanjang sejarah.

Bayern Munchen meraih gelar Liga Champions 2019/2020 setelah mengalahkan Paris Saint-Germain dengan skor 1-0 pada laga yang digelar Senin (24/8/2020) dini hari WIB. Kingsley Coman menjadi pahlawan Die Roten dengan sumbangan gol tunggal pada menit ke-59.

Gelar Liga Champions 2019-2020 melengkapi pencapaian sempurna Bayern Munchen. Trofi Si Kuping Besar membuat Bayern memastikan diri meraih treble setelah lebih dulu mengoleksi trofi Bundesliga dan DFB-Pokal.

Ini menjadi pencapaian kedua yang diraih Bayern Munchen dalam urusan treble. Sebelumnya, klub yang bermarkas di Allianz Arena itu pernah melakukannya pada 2012-2013.

Secara pencapaian, treble musim ini lebih baik. Bayern Munchen berhasil mencetak 159 gol dari 52 laga yang dimainkan di semua kompetisi, kebobolan 50 kali, dan menjaga 22 clean sheets.

Raihan treble edisi kedua ini membuat Bayern Munchen menyamai pencapaian Barcelona. Saat ini, dua klub tersebut menjadi yang paling sering meraih tiga gelar dalam semusim.

Selain Bayern Munchen dan Barcelona, ada lima klub lain yang juga berhasil meraih gelar treble setelah memenangi Liga Champions. Lantas, siapa sajakah klub-klub dengan pencapaian terbaik itu?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 7 halaman

Celtic FC

Celtic FC menjadi tim Eropa pertama yang berhasil meraih tiga gelar dalam semusim. Pencapaian itu dilakukan klub asal Skotlandia pada musim 1966-1977.

Celtic FC meraih gelar di Liga Skotlandia dan Piala Skotlandia. Gelar treble akhirnya diraih setelah Celtic memenangi Piala Champions, nama kompetisi elite Eropa sebelum Liga Champions.

Gelar tersebut menjadi pencapaian terbaik Celtic sampai saat ini. Klub yang bermarkas di Celtic Park itu belum lagi mampu mengangkat Si Kuping Besar sampai saat ini.

3 dari 7 halaman

Ajax Amsterdam

Ajax Amsterdam meraih gelar trebele pada musim 1971-1972. Ketika itu, Ajax meraih gelar Eredivisie, Piala Belanda, dan Piala Champions.

Pencapaian itu membuat Ajax menjadi klub Belanda yang mampu meraih tiga gelar dalam semusim. Itu menjadi satu-satunya pencapaian treble yang dirasakan Ajax.

Namun, Ajax boleh berbangga karena menjadi tim dengan gelar terbanyak di kompetisi lokal. Sejauh ini, Ajax telah meraih 34 gelar Eredivisie, 19 gelar Piala Belanda, dan empat gelar Liga Champions.

4 dari 7 halaman

PSV Eindhoven

Pencapaian gemilang Ajax kemudian diikuti PSV Eindhoven pada 1987-1988. Ketika itu, PSV Eindhoven meraih treble setelah menjuarai Eredivisie, Piala Belanda, dan Piala Champions.

PSV Eindhoven menjadi klub Belanda kedua yang meraih treble. Pencapaian itu belum lagi mampu diulangi PSV Eindhoven sampai saat ini.

Bahkan, PSV Eindhoven belum pernh lagi menjuarai Liga Champions. Adapun di liga, PSV Eindhoven menjadi klub kedua dengan gelar terbanyak di Eredivisie yakni 24 trofi.

5 dari 7 halaman

Manchester United

Musim 1998-1999 menjadi pencapaian terbaik Manchester United dalam sejarah. Di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, ketika itu Manchester United berhasil meraih treble.

Pencapaian itu dialami Manchester United setelah menjuarai Premier League, Piala FA, dan Liga Champions. Saat itu skuad Setan Merah dihuni pemain-pemain berkualitas semisal Peter Schmeichel, Gary Neville, David Beckham, hingga Ryan Gigss.

Sampai saat ini, Manchester United belum lagi mampu meraih tiga gelar dalam semusim. Namun, kubu Old Trafford masih bisa berbangga dengan predikat gelar liga terbanyak di Inggris.

6 dari 7 halaman

Barcelona

Barcelona menjadi tim pertama yang mampu meraih dua treble dalam waktu berdekatan. Pencapaian itu diraih Barcelona pada 2008-2009 di bawah asuhan pelatih Pep Guardiola.

Barcelona ketika itu menjuarai La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions. Prestasi serupa kemudian terulang pada 2014-2015.

Kali ini Barcelona dilatih oleh Luis Enrique. Pencapaian Barcelona dengan dua kali treble saat ini hanya mampu disamai oleh Bayern Munchen.

7 dari 7 halaman

Inter Milan

Inter Milan berhasil meraih tiga gelar dalam semusim pada 2009-2010. Ketika itu, Inter Milan di bawah asuhan Jose Mourinho menjelma menjadi tim menakutkan di Italia.

Inter meraih treble setelah menjuarai Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions. Pencapaian itu membuat Inter menjadi satu-satunya klub Italia yang berhasil meraih treble.

Sampai saat ini, belum ada lagi klub Italia yang mampu menyamai pencapaian Inter. Adapun sampai saat ini, Inter belum lagi mampu meraih gelar Liga Champions atau Serie A.

Video Populer

Foto Populer