Sukses


Deretan 10 Klub Paling Banyak Mengoleksi Gelar di Abad 21: Real Madrid dan PSG Nyerah Kalah dari Klub Semenjana

Bola.com, Jakarta Tidak perlu menanyakan pentingnya memenangkan trofi atau gelar dalam sepak bola. Rasa haus akan kesuksesan yang berasal dari lapangan merupakan DNA klub, torehan kesusesan menjadi cara tim-tim terhebat bertahan dalam ujian waktu.

Tidak ada perasaan seindah memenangkan trofi. Adrenalin terpacu untuk berjuang menjadi yang terbaik untuk mengangkatnya piala di pengujung kompetisi atau sebuah turnamen bergengsi. Trofi jadi parameter paling signifikan yang mengukur kesuksesan sebuah klub.

Tengok saja bagaimana koyaknya hati Barcelona saat tersingkir dari perempat final Liga Champions usai dipermak Bayern Munchen 2-8. Begitupula dengan PSG yang gagal meraih trofi perdana Liga Champions usai ditekuk Bayern. Kegagalan menyisakan kesedihan. Sebaliknya, kesuksesan menciptakan euforia.

Mari kita lihat 10 tim teratas dengan trofi terbanyak di abad ke-21 di Eropa.

Video

2 dari 7 halaman

1. Bayern Munchen (40 Gelar)

Juara Eropa saat ini dan pemenang treble kontinental Bayern Munchen adalah klub paling sukses abad ke-21 di Eropa. Dominasi Bayern di Bundesliga tak tertandingi.

The Bavarians telah kelaparan trofi-trofi kompetisi papan atas mereka dengan rasa lapar yang tak pernah terpuaskan.

Mereka telah memenangkan Bundesliga sebanyak 15 kali sejak musim 1999-2000 dan 11 kali DFB-Pokal. Bayern telah dinobatkan sebagai Juara Eropa 3 kali di abad ke-21.

Bayern telah memenangkan treble Kontinental dalam dua kesempatan, yakni  di musim 2012-2013 dan di musim 2019-2020 di mana mereka memenangkan Bundesliga, DFB-Pokal, dan Liga Champions UEFA.

3 dari 7 halaman

2. Lincoln Red Imps FC (40 Gelar)

Lincoln Red Imps FC mungkin nama yang tidak dikenal di telinga pencinta sepak bola. Namun patit dicatat bahwa mereka memegang rekor rekor tak terkalahkan terpanjang di Eropa yang berlangsung selama 1.959 hari (lebih dari lima tahun). Lincoln Red Imps pergi tanpa kalah selama 88 pertandingan dari Mei 2009 hingga September 2014.

Mereka telah memenangkan 26 gelar liga dalam sejarah mereka, tetapi 14 di antaranya dikumpulkan secara berturut-turut antara tahun 2003 dan 2016. Mereka juga tim pertama dari Gibraltar yang ambil bagian dalam Liga Champions.

Selain memenangkan 17 gelar liga sejak pergantian abad, Lincoln Red Imps juga telah memenangkan 12 Piala Rock dan 11 Piala Pepe Reyes.

4 dari 7 halaman

3. Barcelona (34 Gelar)

Barcelona sedang melalui periode yang sangat sulit saat ini. Di tengah pertanyaan yang diajukan tentang strategi perekrutan dan kebijakan manajemen, Lionel Messi meminta untuk meninggalkan klub setelah musim tanpa trofi. Namun, kejatuhannya terasa lebih parah karena betapa suksesnya Blaugrana sepanjang sejarah dan juga di abad ke-21.

Barcelona telah memenangkan 34 gelar sejak pergantian abad. Di bawah Pep Guardiola mereka juga menurunkan tim klub terbaik di Eropa pada abad ke-21.

Mereka telah memenangkan 10 gelar La Liga dan 6 Copa Del Reys dalam 20 tahun terakhir. Barcelona juga memenangkan gelar Liga Champions dalam 4 kesempatan. Mereka telah memenangkan Piala Super UEFA tiga kali selain memenangkan Supercopa de Espana 8 kali.

Mereka juga memenangkan Piala Dunia Klub FIFA dalam 3 kesempatan. Benar-benar pencapaian yang luar biasa!

5 dari 7 halaman

4. FC Porto (33 Gelar

Meskipun mereka hanya tim dengan penghargaan terbanyak kedua dalam sejarah sepak bola Portugal, mereka adalah tim Liga Premeira paling sukses di abad ke-21. Porto juga terkenal pernah memenangkan kompetisi papan atas Portugal tanpa kalah dua kali dan kedua gelar tersebut terjadi dalam 20 tahun terakhir, yaitu pada musim 2010-2011 dan 2012-2013.

Tidak ada yang bisa melupakan Jose Mourinho menciptakan keajaiban dengan memenangkan Liga Champions pada 2003-2004 bersama Porto yang tak pernah dihitung dalam persaingan. Itulah satu-satunya kemenangan Eropa mereka di abad ke-21.

Namun dalam 20 tahun terakhir, Porto telah memenangkan liga 11 kali dan Piala Portugal pada 8 kesempatan. Mereka juga memenangkan Piala Super Portugal 10 kali. Selain kemenangan Liga Champions mereka, Porto juga memenangkan Liga Europa pada 2 kesempatan pada 2002-2003 dan pada 2010-2011. Pada tahun 2004, Porto juga memenangkan Piala Inter Kontinental.

6 dari 7 halaman

5. Shakhtar Donetsk (33 Gelar)

Klub sepak bola paling populer Ukraina, FC Shakhtar Donetsk adalah peserta langganan Liga Champions. Mereka adalah klub pertama di Ukraina merdeka yang memenangkan Piala UEFA dan mereka melakukannya pada tahun 2009 tepat sebelum nama kompetisi diubah menjadi Liga Europa.

FC Shakhtar telah memenangkan 33 gelar di abad ke-21. Mereka telah memenangkan Liga Premier Ukrania 13 kali, Piala Ukrania 11 kali, Piala Super Ukrania 8 kali, dan Liga Eropa sekali dalam 20 tahun terakhir.

7 dari 7 halaman

Klub-klub Bertabur Gelar Lainnya

  • 6. Celtic/Skotlandia (33 Gelar)
  • 7. Dinamo Zagreb/Kroasia (33 Gelar)
  • 8. Sheriff Tiraspol/Moldova (33 Gelar)
  • 9. Real Madrid/Spanyol (30 Gelar)
  • 10. PSG/Prancis (29 Gelar)

 

Tidak ada tim yang mendominasi Liga Champions seperti Real Madrid di abad ke-21. Real Madrid telah berulang kali meraih gelar prestisius di Benua Biru.

Los Blancos memenangkan gelar La Liga sekali lagi musim ini dan sekarang memiliki 7 gelar liga papan atas dalam 20 tahun terakhir. Mereka juga telah memenangkan Copa Del Rey dalam 2 kesempatan sejak pergantian abad. Selain itu, mereka juga memenangkan Supercopa de Espana sebanyak 6 kali dan Piala Super UEFA sebanyak 4 kali.

Mereka tampil spektakuler di Liga Champions terutama di dekade kedua abad ke-21 dengan 4 dari 6 kemenangan Liga Champions mereka dalam 20 tahun terakhir antara 2013 dan 2018. Mereka juga muncul sebagai pemenang Piala Interkontinental pada 2002.

Di sisi lain PSG sang juara Ligue 1 adalah klub Prancis paling dominan di abad ke-21. Klub ini mendapat banyak keuntungan dari takeover kepemilikan oleh Qatar Sports Investments tahun 2011 yang menjadikan mereka salah satu klub terkaya di Eropa.

Alhasil, Paris Saint-Germain mampu mendatangkan beberapa pemain terhebat di dunia dan mendobrak bank dua kali berturut-turut untuk merekrut pemain-pemain seperti Neymar dan Kylian Mbappe yang membawa mereka ke final Liga Champions musim ini.

Setelah melewati 10 tahun pertama abad ke-21 tanpa gelar liga, Paris Saint-Germain telah meraih 7 gelar liga Prancis antara 2013 dan 2020. Mereka juga telah memenangkan 8 gelar Piala Prancis dan 7 Piala Liga. Paris Saint-Germain juga mengumpulkan 7 Trophee des Champions.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer