Sukses


Andai Luis Suarez Jadi Bergabung, Juventus Bakal Miliki Formasi yang Menakutkan

Bola.com, Jakarta - Juventus bakal memanfaatkan kisruh yang terjadi di Barcelona. I Bianconeri kabarnya ingin menebus Luis Suarez dari El Barca pada bursa transfer musim panas tahun ini.

Saat ini, Los Cules tengah mengalami permasalahan internal. Sejumlah pemain senior dikabarkan ingin angkat kaki dari Camp Nou, termasuk Lionel Messi.

Sementara itu, Ivan Rakitic telah lebih dulu pergi dari Barcelona dan bergabung ke Sevilla. Adapun Arturo Vidal ingin memutus kontraknya di Barca, dan disebut bakal melanjutkan karier bersama Inter Milan.

Luis Suarez juga sudah tidak mendapatkan tempat di skuad Catalan. Pelatih anyar Barcelona, Ronald Koeman, menyebut tak lagi membutuhkan tenaga Suarez.

Penyerang Timnas Uruguay itu sudah berbicara kepada publik terkait masa depannya di El Barca. Luis Suarez menuntut Barcelona mengungkapkan secara terbuka jika ingin melepasnya, tidak dengan diam-diam.

Permasalahan Suarez mencuri perhatian sejumlah klub top Eropa, satu di antaranya adalah Juventus. Dalam 24 jam terakhir, Juve memperlihatkan keseriusan dalam perburuan Luis Suarez.

Bahkan, I Bianconeri sudah melakukan pembicaraan personal dengan eks striker Liverpool tersebut. Ketertarikan Juve disambut positif oleh Suarez, yang sudah muak dengan perlakuan Barcelona.

Kini, hanya masalah harga yang perlu diselesaikan antara Barcelona dan Juventus terkait transfer Luis Suarez.

Juve kini sedang mengusung proyek baru bersama pelatih baru, Andrea Pirlo. Kabarnya, Pirlo diharapkan bisa memperbaiki kekakuan formasi Juventus semasa ditangani Maurizio Sarri dalam semusim terakhir.

Lantas, bagaimana formasi Juventus, andai Luis Suarez jadi bergabung? Berikut ini adalah gambarannya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 5 halaman

Lini Belakang

Wojciech Szczesny masih menjadi kiper utama Juventus. Dia akan dilindungi pasangan bek tengah Leonardo Bonucci dengan Matthijs de Ligt. Duet ini masih bisa berubah andai Giorgio Chiellini bisa tetap fit sepanjang musim.

Lalu ada Alex Sandro yang mengisi sektor bek kiri. Dia diharapkan naik menyerang untuk membantu mengirimkan umpan silang ke kotak penalti.

Di pos bek kanan, ada Danilo yang dipercaya bisa tampil konsisten. Namun begitu dia tampil buruk, Mattia de Sciglio siap menggantikan perannya.

3 dari 5 halaman

Lini Tengah

Di bawah Pirlo, lini tengah Juventus akan dibentuk lebih disiplin. Bermain dalam formasi 4-3-3, tiga gelandang akan memiliki perannya masing-masing.

Juve telah melepas Miralem Pjanic ke Barcelona, tetapi mendapatkan Arthur Melo sebagai pengganti. Dengan kreativitasnya, Arthur diharapkan bisa mengontrol lini tengah.

Dia akan dilindungi oleh Adrien Rabiot yang akan diminta bermain lebih defensif, seperti yang biasa dia lakukan saat masih membela Paris Saint-Germain.

Gelandang ketiga adalah Rodrigo Bentancur, yang bisa menyerang dan bertahan sama baiknya. Kombinasi trio ini akan jadi harapan baru Juve.

4 dari 5 halaman

Lini Serang

Akan ada sedikit perubahan di lini serang, Juve bakal bermain lebih fleksibel. Pertama, dengan kedatangan Luis Suarez, Cristiano Ronaldo akan mendapatkan partner ideal di ujung tombak.

Dua penyerang ini memahami kekuatan satu sama lain, karena pernah saling mengalahkan di La Liga dalam beberapa tahun terakhir. Ronaldo membutuhkan partner seperti Suarez yang bisa saling meladeni.

Di belakang mereka, ada Paulo Dybala yang akan dimaksimalkan dalam peran penyerang lubang. Dybala akan diberi kebebasan menyerang dan menciptakan serangan.

Selain itu, Juve pun masih punya alternatif. Jika formasi ini buntu dan mereka butuh sentuhan berbeda, Dybala bisa ditarik untuk memainkan Federico Bernardeschi, formasi berubah jadi 4-3-3 melebar dengan ancaman umpan-umpan silang.

5 dari 5 halaman

Prediski Formasi Juventus Musim Depan

Seperti yang dijelaskan di atas, kemungkinan besar Pirlo akan memainkan formasi 4-3-3. Gaya main ini penting menjaga kestabilan tim dengan mengandalkan visi bermain Melo dan Dybala.

Pirlo juga perlu mencari cara memaksimalkan potensi Cristiano Ronaldo, plus menjaga kestabilan lini belakang Juve. Musim lalu pertahanan Juventus tak sebaik biasanya, meski berhasil jadi juara.

Prakiraan formasi Juventus musim depan (4-3-3):

  • Kiper: Wojciech Szczesny
  • Bek: Alex Sandro, Matthijs de Ligt, Leonardo Bonucci, Danilo
  • Gelandang: Rodrigo Bentancur, Adrien Rabiot, Arthur Melo
  • Penyerang: Cristiano Ronaldo, Paulo Dybala, Luis Suarez

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Richard Andreas/Published: 02/09/2020)

Video Populer

Foto Populer