Sukses


Lionel Messi dan 9 Pesepak Bola Aktif Paling Setia di Muka Bumi: Liga Spanyol Rumah Para Loyalis

Bola.com, Jakarta - Setia bermain di satu klub barang langka di jagat sepak bola dunia. Godaan uang, keinginan berprestasi, dan keinginan mencari tantangan batu, jadi musuh bagi pesepak bola untuk bisa loyal.

Perpindahan pemain bukan sesuatu yang aneh dalam bisnis sepak bola profesional.

Pada tahun 2009, Cristiano Ronaldo menjadi pemain termahal di dunia ketika Real Madrid membayar 80 juta poundsterling kepada Manchester United untuk mendapatkan jasanya. Satu dekade kemudian, ketika Ronaldo pindah ke Juventus dengan harga 117 juta euro, transfer termahal kelima di dunia sepak bola.

pada 2017-2018, Paris St. Germain mengerahkan kekuatan finansial mereka untuk mengakuisisi Neymar dari Barcelona dengan biaya transfer 222 juta euro yang membuat pemain Brasil itu menjadi pemain termahal di dunia. Barcelona menggunakan dana itu untuk mendatangkan Ousmane Dembele seharga 138 juta euro dan Philippe Coutinho seharga 145 juta euro. Jadi loyalis tak mudah.

Francesco Totti (AS Roma), Paolo Maldini (AC Milan), Ryan Giggs (Manchester United), sedikit pemain yang bermain hanya untuk satu klub sepanjang kariernya.

Kesetiaan pemain tak hanya diukur dengan seseorang bermain di satu klub saja sejak awal karier profesional hingga gantung sepatu, tapi juga bisa dilihat seberapa lama ia bermain di satu klub setelah sebelumnya membela tim lain di awal kariernya.

Berikut ini deretan pemain loyalis terkini di dunia. Siapa saja ya mereka, dan berapa lama mereka bertahan menggunakan jersey satu klubnya:

Video

2 dari 7 halaman

5. Oier (Osasuna) - 15 tahun 2 bulan

Oier Sanjurjo Mate, lebih dikenal dengan nama depannya Oier (jangan bingung dengan senama yang bermain sebagai penjaga gawang untuk Espanyol), telah berada di Osasuna selama 15 musim berturut-turut sejak bergabung dengan klub pada awal 2005-2006 musim setelah lulus dari tim U-19 mereka.

Selama periode ini, gelandang bertahan menghabiskan musim 2011-12 dengan status pinjaman di sesama klub La Liga Osasuna, Celta Vigo.

Dalam 293 penampilan di semua kompetisi untuk Osasuna, Oier telah mencetak 13 gol dan menyumbang 10 assist untuk klub.

3 dari 7 halaman

4. Sergio Alvarez (Celta Vigo) - 16 tahun 2 bulan

Sergio Alvarez (jangan bingung dengan senama yang lebih muda yang bermain untuk Eibar sebagai gelandang tengah) telah berada di Celta Vigo sejak awal musim 2004 setelah bergabung dengan tim U-19 klub.

Selama periode ini, sang kiper paling banyak bermain di La Liga, memainkan 132 pertandingan untuk klub dalam kompetisi tersebut dan menjaga 33 clean sheet. Dalam 54 penampilan lainnya untuk klub, Alvarez mempertahankan bentengnya pada 19 kesempatan berikutnya.

4 dari 7 halaman

3. Mark Noble (West Ham United) - 16 tahun 8 bulan

Mark Noble adalah satu dari empat pemain aktif yang menghabiskan lebih dari 16 tahun berturut-turut di satu klub. Dia bergabung dengan West Ham United pada musim panas 2004, di mana dia tinggal di sana sejak itu, kecuali saat menjalani masa pinjaman singkat di Hull City dan Ipswich Town.

Pemain Inggris berusia 33 tahun itu adalah pria satu klub yang langka di Premier League. Dalam 502 penampilan kumulatif untuk klub-klub London, Noble telah mencetak gol dalam 60 kesempatan, dan juga memberikan assist sebanyak hampir sama (61).

Gol sang gelandang ke gawang Leicester City pada laga Premier League musim lalu menjadikannya pemain West Ham dengan kontribusi gol terbanyak di kompetisi tersebut.

5 dari 7 halaman

2. Lionel Messi (Barcelona) - 16 tahun 8 bulan

Sejak melakukan debutnya untuk Barcelona di musim 2004-05, Lionel Messi telah menciptakan banyak rekor, dengan beberapa di antaranya tidak mungkin ditiru oleh siapa pun, sambil memenangkan banyak gelar bersama klub.

Faktanya, tidak salah untuk mengatakan bahwa Barcelona menikmati periode paling sukses dalam sejarah mereka setelah kedatangan Lionel Messi. Dengan pemain Argentina bertubuh mungil itu melakukan tembakan di sepertiga penyerang, klub mengangkat treble Liga, Copa Del Rey dan Liga Champions yang belum pernah terjadi sebelumnya pada beberapa kesempatan (2008-09, 2014-15).

Dengan 444 gol, Messi adalah pencetak gol terbanyak La Liga sepanjang masa dalam sejarah kompetisi. Seolah-olah itu belum cukup, kapten Barcelona ini juga memiliki lebih banyak assist, hattrick, dan tendangan bebas La Liga dibandingkan pemain lain. Total 115 golnya di Liga Champions adalah yang terbanyak oleh pemain mana pun dalam kompetisi untuk satu klub.

Di puncak kariernya, Messi mencetak 73 gol di semua kompetisi pada 2011-12, termasuk 50 gol La Liga hanya dalam 36 pertandingan.

Messi telah memenangkan 10 gelar La Liga dan 35 gelar di semua kompetisi, semuanya saat bermain untuk Barcelona.

6 dari 7 halaman

1. Igor Akinfeev (CSKA Moscow) - 17 tahun 8 bulan

Sejak bergabung dengan CSKA Moskow pada 2002,  Igor Akinfeev telah berada di klub tersebut selama hampir 18 tahun (17 tahun, 8 bulan sejak September 2020).

Pemain berusia 34 tahun itu telah membuat 641 penampilan di semua kompetisi untuk klub ibu kota Rusia itu, dengan mencatatkan 276 clean sheet.

Pemenang liga Rusia enam kali itu memiliki momen puncaknya pada 2004-2005 ketika CSKA mengalahkan Sporting CP untuk memenangkan Piala UEFA (sekarang disebut Liga Europa).

7 dari 7 halaman

Deretan Pemain Loyalis Lainnya

  • 10. Sammy Bossut (SV Zulte Waregem) - 14 tahun 2 bulan
  • 9. Sergio Ramos (Real Madrid) - 15 tahun 1 bulan
  • 8. Giorgio Chiellini (Juventus) - 15 tahun 2 bulan
  • 7. Francesco Magnanelli (Sassuolo) - 15 tahun 2 bulan
  • 6. Jessy Moulin (St. Etienne) - 15 tahun 2 bulan

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer