Superstar: Striker Tim Papan Atas Liga Spanyol, Ansu Fati Pecahkan Rekor Berusia 95 Tahun

Oleh Hendry Wibowo pada 07 Sep 2020, 05:30 WIB
Diperbarui 07 Sep 2020, 05:30 WIB
Ansu Fati
Striker muda Timnas Spanyol, Ansu Fati. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Bola.com, Barcelona - Ansu Fati mencetak salah satu gol kemenangan Spanyol atas Ukraina (4-0) pada ajang UEFA Nations League, Senin (7/9/2020) dini hari WIB. Gol ini sekaligus membuatnya mencetak rekor baru.

Tercatat, ini adalah kesempatan pertama Ansu Fati sebagai starter pada ajang resmi Timnas Spanyol. Dia mencetak gol ketiga tim di menit ke-32, gol yang terbilang indah dan membuktikan kemampuan individunya.

Fati sudah dikenal sebagai salah satu bocah ajaib Barcelona, dan gol ini membuatnya semakin dikenal dunia. Tercatat, dia adalah pencetak gol termuda dalam sejarah Timnas Spanyol.

Tercatat, di usia 17 tahun dan 311 hari, Fati merupakan pemain termuda yang bisa mencetak gol untuk Spanyol. Dia memecahkan rekor berusia 95 tahun yang dipegang Juan Errazquin, yang kala itu mencetak gol di usia 18 tahun dan 344 hari.

Fati tak hanya mencetak gol. Dia juga terlibat langsung pada gol penalti Sergio Ramos yang membuka keunggulan Spanyol di menit ke-3. Kala itu Fati sampai harus dijatuhkan lawan di kotak penalti karena penetrasi yang merepotkan.

Rekor Fati ini terbilang istimewa. Dia baru saja menjalani debutnya untuk Spanyol pada laga imbang 1-1 kontra Jerman pekan lalu, saat itu dia dimainkan dari bangku cadangan. Kini, Fati sudah memecahkan rekor pada laga keduanya.

2 dari 3 halaman

Bintang Baru Barcelona

Ansu Fati
Ansu Fati (17 tahun) - Perfroma apik Fati di Liga Spanyol dan Liga Champions membuat pemain kelahiran Guinea-Bissau ini menjadi sorotan. Fati tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Liga Champions. (AFP/Pau Barrena)

Nama Ansu Fati sepertinya akan terus dielu-elukan Barcelona dan Timnas Spanyol sampai beberapa tahun ke depan. Tahun ini adalah tahun pertamanya di level senior, dan langsung memecahkan sejumlah rekor.

Sebelum rekor di Timnas Spanyol, Fati juga memecahkan rekor pemain termuda Barcelona yang pernah mencetak gol di La Liga dan pencetak gol termuda di ajang Liga Champions.

Dia masih 17 tahun, sebentar lagi 18 tahun, tapi deretan rekornya sudah cukup impresif.

 

Sumber: BR Football

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 7/9/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓