Manis-Pahit Kisah Hilton: Ukir Rekor di Ligue 1 pada Usia 43 Tahun, tapi Berujung Kartu Merah

Oleh Yus Mei Sawitri pada 16 Sep 2020, 22:45 WIB
Diperbarui 16 Sep 2020, 22:45 WIB
Pemain Montpellier, Hilton
Pemain Montpellier, Hilton (kiri), menghadapi pemain Lyon, Maxwell Gnaly Cornet, pada pertandingan Ligue 1 di Montpellier, Selasa (15/9/2020). (Pascal Guyout/ AFP)

Bola.com, Jakarta - Kapten Montpellier, Hilton, mencatat sejarah saat menghadapi Lyon di kancah Ligue 1, Selasa (15/9/2020) malam waktu WIB. Dia menjadi pemain berusia 43 tahun yang pertama bermain di Ligue 1 dalam 64 tahun. 

Sayang, momen bersejarah itu berujung antiklimaks. Hilton diiganjar kartu merah sehingga harus keluar dari lapangan lebih awal. Beruntung, Montpellier menang 2-1 pada laga itu. 

Sebelum Hilton, pemain yang berusia 43 tahun atau lebih yang pernah tampil di Ligue 1 adalah mantan striker Troyes, Roger Courtois. Ketika diturunkan pada laga Ligue 1 yang berlangsung pada 1956 dia berusia 44 tahun. 

Hilton mengikuti jejak Courtouis. Ia juga mencatkan diri sebagai pemain tertua yang bermain di lima liga top Eropa sejak Marco Ballota (44 tahun) pada 2008. 

Namun, momen spesialnya di Ligue 1 gagal berakhir dengan manis. Dia mendapat kartu merah ketika pertandingan tersisa sembilan menit. 

Hilton harus keluar lapangan setelah mendapatkan kartu kuning kedua karena melakukan pelanggaran di kotak penalti. Hadiah penalti untuk Lyon dieksekusi sempurna oleh pemain incaran Barcelona, Memphis Depay. 

2 dari 3 halaman

Gabung Montpellier Sejak 2011

Logo Ligue 1
Spanduk bergambar logo Ligue-1, dibentangkan di Stadion La Mosson, Montpellier, sebelum pertandingan Ligue-1 antara Montpellier dan Angers, pada 8 Agustus 2015. (AFP PHOTO / PASCAL GUYOT)

Saat Hilton terkena kartu merah, Montpellier sudah unggul dua gol melalui Teji Savanier. Berkat tambahan tiga poin, Montpellier naik ke peringkat kelima dengan mengantongi enam angka dari tiga pertandingan. Mereka unggul dua poin atas Lyon. 

Hilton bergabung ke Montpellier sejak 2011 dari sesama klub Ligue 1, Marseille. Dia membantu klub tersebut memenangi titel liga pada musim pertamanya di Stade de la Mosson.

Mantan bek tengah Chapecoense dam Lens itu juga mengklaim titel Ligue bersama Marseille pada 2009/2010.

Sumber: Sportkeeda 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Video Prediksi Piala Super Eropa Bayern Munchen Vs Sevilla