3 Tim Penantang Gelar Liga Italia Musim Ini di Luar Juventus dan Inter Milan

Oleh Wiwig Prayugi pada 19 Sep 2020, 06:15 WIB
Diperbarui 19 Sep 2020, 06:15 WIB
Serie A - Ilustrasi Piala Serie A
Serie A - Ilustrasi Piala Serie A (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Liga Italia Serie A tinggal menunggu waktu untuk kick-off giornata pertama musim 2020/2021. Beberapa tim telah mempersiapkan secara matang untuk memperebutkan scudetto. Juventus tentu menjadi momok menakutkan untuk setiap tim Liga Italia.

Selama sembilan musim belum ada yang mampu menjatuhkan The Old Lady dari singgasana Liga Italia. Namun, Juventus patut waspada untuk musim ini, karena musim sebelumnya saja Juventus mulai kesulitan.

Beberapa tim mulai bangkit dari keterpurukan dan bahkan menampilkan kejutan di musim lalu. Tercatat Juventus hanya mampu unggul satu poin dari posisi kedua dan lima poin dari posisi ketiga dan keempat. Persaingan ketat pun tersaji musim lalu, dalam beberapa pekan kerap terjadi perpindahan posisi di papan atas.

Musim lalu pun beberapa tim yang semula tidak diunggulkan malah mampu duduk di empat besar. Salah satunya Lazio yang sampai giornata akhir mengancam Juventus. Lazio yang pada musim 2018/2019 hanya mampu finish di posisi delapan merangsek naik ke papan atas dan finish di posisi empat.

Napoli yang dalam beberapa musim belakangan selalu menjadi pesaing terdekat Juventus, malah terlempar ke posisi tujuh. Bahkan tim dengan catatan gol yang superior seperti Atalanta (98 gol) pun belum bisa juara.

Hasil tersebut tentu menjadi gambaran bahwa Liga Italia penuh dengan kejutan. Lalu siapa saja tim-tim tak terduga yang siap hadir memberikan kejutan baru di Liga Italia?

berikut tim yang bakal jadi penantang gelar Liga Italia musim 2020/21:

2 dari 5 halaman

1. AC Milan

Logo AC Milan
Logo AC Milan (Bola.com/Adreanus Titus)

AC Milan sudah lama tidak berada di papan atas Serie A. Bahkan, juara Serie A musim 2010/11 ini malah lebih sering berkutat di papan tengah dengan beberapa pelatih berbeda. Tercatat AC Milan telah mengganti pelatihnya sebanyak delapan kali pasca dilatih Massimiliano Allegri.

AC Milan selalu berurusan dengan permasalahan inkonsistensi. Hingga akhirnya di tangan pelatih Stefano Pioli AC Milan mulai tampil konsisten pasca penghentian liga akibat pandemi COVID-19.

Kepulangan Zlatan Ibrahimovic dan matangnya pemain-pemain lain tentu menjadi harapan tersendiri untuk Milanisti. Musim lalu AC Milan mulai memberikan peringatan kepada tim rival lewat penampilannya. Juventus, Lazio dan AS Roma pun berhasil dikalahkan, I Rossoneri pun akhirnya finish di posisi enam.

3 dari 5 halaman

2. Napoli

Napoli Vs Inter Milan
Pemain Napoli, Fernando Torres Llorente, mengontrol bola saat melawan Inter Milan pada laga Serie A di Stadion San Paolo, Naples, Senin (6/1/2020). Napoli takluk 1-3 dari Inter Milan. (AP/Cafaro)

Dalam beberapa musim sebelum 2019/20, Napoli selalu menjadi pesaing Juventus di posisi atas. Namun, musim lalu Napoli malah lebih sering terpeleset dan akhirnya finish di posisi ketujuh.

Napoli pun mengalami catatan buruk saat dilatih Carlo Ancelotti dengan gagal menang dalam sembilan laga beruntun. Akhirnya Napoli pun memecat Don Carlo dan mengangkat Gennaro Gattuso menjadi pelatih baru.

Napoli arahan Gattuso sempat mengalami kesulitan di awal-awal kepelatihannya. Namun, perlahan Gattuso mulai menemukan racikan terbaiknya dan hasilnya Napoli mampu meraih trofi Coppa Italia.

Dengan performa yang disajikan pasukan Gennaro Gattuso, bukan tidak mungkin Napoli yang musim lalu finish di posisi tujuh akan kembali merangsek ke papan atas Serie A.

4 dari 5 halaman

3. Lazio

Lazio Bungkam Cagliari di Olimpico
Gelandang Lazio, Sergej Milinkovic-Savic (tengah) berselebrasi dengan rekannya Luiz Felipe dan Manuel Lazzari usai mencetak gol ke gawang Cagliari pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Olimpiade Roma, di Roma, Italia, Kamis, (23/7/2020). Lazio menang 2-1 atas Cagliari. (AP Photo/

Musim lalu, Lazio berhasil memukau penonton sepak bola. Hanya mampu finish di posisi delapan pada musim 2018/19. Siapa sangka Lazio bisa mengangkangi tim rivalnya AS Roma dalam perebutan posisi atas klasemen.

Elang ibu kota tersebut berhasil menjadi saingan Juventus untuk scudetto musim lalu. Tidak hanya itu salah satu pemainnya Ciro Immobile dengan catatan gol 36 di liga berhasil meraih sepatu emas Eropa mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Robert Lewandowski.

Musim ini dengan kepercayaan diri yang tinggi, Lazio sepertinya bisa kembali mengganggu Juventus untuk meraih gelar kesepuluh beruntunnya.

 

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Muhamad Raka Saputra/Asad Arifin, published 18/9/2020)

5 dari 5 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓