Sukses


5 Pemain yang Sukses Menaklukkan 3 Liga Elite Eropa: Petualangan Bertabur Gelar Cristiano Ronaldo dan Zlatan Ibrahimovic

Bola.com, Jakarta - Selama puluhan tahun Liga Spanyol, Inggris, Jerman, Italia, dan Prancis, diakui sebagai kompetisi paling bergengsi dan kompetitif di Eropa. Pemain yang bisa berkiprah di sana memiliki reputasi yang tak sembarangan.

Meskipun ada persepsi populer tentang Premier League sebagai yang terberat di dunia karena kecepatan permainan yang amat menguras fisik. Penilaiannya sebagian besar bisa dibilang bersifat subjektif karena tidak ada barometer untuk mengukur kualitas sesungguhnya sebuah kompetisi.

Bundesliga adalah liga sepak bola dengan penikmat terbanyak di Eropa. Sebuah Survei CIES yang menganalisis 51 liga nasional di seluruh benua, menemukan bahwa pertandingan Bundesliga antara 2013 hingga 2018 memiliki rata-rata kehadiran 43.302, yang lebih dari 6.700 lebih banyak daripada Liga inggris.

Bundesliga cenderung menampilkan sepakbola menyerang dengan intensitas tinggi. Kompetisi ini umumnya menghasilkan lebih banyak gol per pertandingan karena memiliki lebih sedikit pertandingan dalam satu musim (74 pertandingan lebih sedikit secara keseluruhan, empat pertandingan lebih sedikit per tim) dan jeda pertengahan musim yang lebih lama dibandingkan dengan empat liga lainnya. Tapi itu belum tentu menjadikannya liga paling kompetitif di benua itu.

Seri A Italia, di sisi lain, tidak terlalu menguras stamina seperti Premier League dan Bundesliga, tetapi terkenal sangat taktis, yang berarti bahwa tim tidak memiliki banyak ruang untuk bermain. Namun Serie A menghasilkan lebih banyak gol per pertandingan (3,02) di 5 liga top Eropa musim lalu setelah Bundesliga (3,2).

Aaron Ramsey, yang baru-baru ini pindah dari Liga Premier ke Serie A, menduga perbedaan di kedua kompetisi tersebut cukup ringkas ketika dia berkata:

“Taktik di sini, terutama di Italia, adalah hal yang besar. Hampir setiap hari, kami akan melakukan semacam pekerjaan taktis sebagai persiapan untuk pertandingan berikutnya. Anda harus lebih bersabar, cobalah untuk menggerakkan bola lebih cepat di area tertentu untuk mendorong seseorang keluar dari posisinya. "

"Liga Inggris lebih ujung ke ujung. Ada sedikit lebih banyak kebebasan untuk menyerang dan mungkin lebih banyak ruang untuk dieksploitasi di sana. Sedangkan di sini banyak tim, terutama melawan tim yang lebih besar, turun lebih dalam ke blok rendah dan mendorong Anda untuk datang dan menghancurkannya. "

La Liga Spanyol cenderung lebih menekankan pada gaya umpan pendek yang menawan. Ini dipengaruhi filosofi permainan tiki-taka Barcelona yang legendaris.

Liga Prancis sedikit berbeda. Sebagai sebuah kompetisi yang mungkin merupakan kombinasi dari aspek fisik EPL dan taktik dari Serie A. Namun, Ligue 1 umumnya diremehkan dan sering dipandang sebagai batu loncatan ke salah satu kompetisi teratas yang lebih besar lainnya.

Tantangan unik yang dihadapi oleh para pemain saat berkiprah di lima liga teratas tersebut. Jarang ada pemain yang bisa sukses menaklukkan kesemuannya. Paling banter sepanjang kariernya, seorang pemain hanya bermain di tiga kompetisi berbeda.

Berikut ini deretan lima pemain yang sukses menaklukkan tiga dari lima kompetisi elite Eropa.

Video

2 dari 6 halaman

Edin Dzeko (Serie A, Premier League, Bundesliga)

Edin Dzeko menjadi pemain pertama yang mengoleksi 50 gol di tiga liga Eropa ketika ia mencetak gol liga ke-50 untuk AS Roma pada 2018.

Penyerang internasional Bosnia dan Montenegro itu sebelumnya telah mencetak tepat 50 gol Liga Inggris untuk Manchester City. Sebelumnya ia mencetak 66 gol di Bundesliga untuk Wolfsburg. Ia memenangi gelar liga bersama dua klub terakhir yang disebut.

Pemain berusia 34 tahun, yang terkenal dengan fisiknya, kehebatannya di udara, dan kemampuannya mencetak gol, pertama kali mencatatkan namanya di lima liga top Eropa ketika ia bergabung dengan klub Bundesliga Wolfsburg pada musim panas 2007.

Setelah musim pertama yang biasa-biasa saja, pemain berusia 22 tahun itu menciptakan 26 gol dan 10 assist yang mengesankan, hanya finis di belakang duetnya Grafite (28 gol) ketika Wolfsburg memenangkan gelar Bundesliga pertama mereka.

Pada musim 2009-2010, meski Dzeko mencetak 22 gol, juara bertahan hanya finis di urutan kedelapan. Musim berikutnya, sang striker menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah klub sebelum pindah ke Manchester City pada musim dingin 2011.

Seperti di musim pertamanya di Jerman, Dzeko juga tidak bermain bagus di Inggris, hanya mencetak dua gol dalam 15 pertandingan pertamanya di pentas Premier League. Di musim berikutnya, Dzeko mencetak 14 gol saat City memenangkan gelar liga.

Setelah mencetak 14 gol di musim berikutnya, pemain internasional Bosnia dan Montenegro itu menghasilkan kampanye terbaiknya di sepak bola Inggris saat 16 golnya di liga membuat City meraih gelar EPL kedua mereka dalam tiga tahun.

Dzeko menandatangani kontrak baru berdurasi empat tahun dengan klub tersebut pada awal musim depan, tetapi mengalami cedera parah. Performanya melorot, ia hanya mencetak empat gol dalam 22 pertandingan sebelum pindah ke AS Roma pada musim panas 2015.

Pencetak gol terbanyak Bosnia dan Montenegro sepanjang masa itu meluangkan waktunya untuk pergi ke Italia, hanya mencetak delapan gol di musim pertamanya, sebelum mengantongi penghargaan Capocannoniere pada 2016-17 saat 29 golnya mendorong AS Roma menjadi runner-up di belakang juara Juventus.

Dzeko mungkin telah mencetak hanya 41 gol liga dalam tiga musim berikutnya, tetapi kapten AS Roma itu tampil dalam setidaknya 33 pertandingan liga selama periode ini meski telah memasuki usia 30-an.

Mantan manajer AS Roma Luciano Spalletti pernah berpendapat bahwa sangat sedikit striker di dunia yang memiliki atribut Dzeko.

"Dia mulai menunjukkan kualitasnya dari waktu ke waktu dan membuktikan bahwa dia adalah penyerang tengah yang lengkap. Dia bagus di udara, bisa menahan bola, sangat cepat. Hanya ada beberapa penyerang dengan ukuran tubuhnya yang secepat itu. "

3 dari 6 halaman

Xabi Alonso (Bundesliga, La Liga, Premier League)

Xabi Alonso adalah salah satu gelandang terbaik pada masanya. Ia membangun reputasi dengan keuletan, konsistensi, dan keserbagunaannya.

Pemain Spanyol berusia 38 tahun itu bermain di klub elite macam Liverpool, Real Madrid dan Bayern Munchen. Ia memenangkan gelar-gelar besar di ketiga klub tersebut.

Bersama Timnas Spanyol, Alonso, memenangi trofi Eropa dua kali (2008, 2012) dan Piala Dunia  (2010). Ia sangat dominan di lini tengah karena jangkauan umpan, kecerdasan taktis, dan visinya yang luar biasa. Kesemuanya membantunya menciptakan peluang mencetak gol.

Selain kecakapan bermainnya, Alonso juga mahir dalam bola mati dan memiliki tendangan jarak jauh yang akurat. Fleksibilitasnya berarti bahwa ia dapat ditempatkan di berbagai posisi lini tengah seperti lini tengah, lini tengah serang, dan lini tengah bertahan.

Meskipun dia tidak mencetak banyak gol dalam karier klubnya, Alonso mencetak beberapa gol penting yang fenomenal. Seperti gol penyeimbang skor 3-3 saat Liverpool bersua AC Milan di final Liga Champions. The Reds akhirnya menjadi jawara lewat drama adu penalti.

Setelah lima tahun sukses di Liverpool di mana ia memenangkan gelar Liga Champions dan Piala FA, Alonso kemudian hijrah ke Real Madrid. Di sana ia memenangkan gelar liga pertama dalam kariernya (2011-12) dan gelar Liga Champions kedua (2013-2014).

Kepergian Alonso dari Anfield tidak sejalan dengan legenda Liverpool Steven Gerrard yang berkomentar:

"Jelas sekali bahwa Alonso adalah bangsawan setelah sesi latihan pertama kami bersama pada Agustus 2004, dan Rafa Benitez, yang sejak awal begitu pandai membelinya, sama bodohnya dengan menjualnya ke Real Madrid lima tahun kemudian. Dia, dari jarak tertentu, gelandang tengah terbaik yang pernah main bareng dengan saya. "

Setelah enam musim yang sukses di ibu kota Spanyol, Alonso pindah ke Jerman di mana ia memenangkan tiga gelar Bundesliga bersama Bayern Munchen sebelum akhirnya gantung sepatu.

 

4 dari 6 halaman

Arturo Vidal (Serie A, Bundesliga, La Liga)

Arturo Vidal mungkin adalah pemain yang paling diremehkan dalam daftar ini. Tapi gelandang Chili memenangkan Scudetto di empat musim bersama Juventus, meraih hattrick gelar Bundesliga di banyak musim di Bayern Munchen, dan kemudian mengangkat satu gelar La Liga dalam dua musim bersama Barcelona.

Vidal pemain serba bisa, yang bisa bermain di berbagai posisi. Mulai dari gelandang serang dan bertahan, bek sayap, penyerang lubang, hingga false nine.

Ia membangun reputasinya bersama Juventus sebagai gelandang box-to-box (mezzala) yang tak kenal lelah. Vidal juga terkenal karena kepekaan posisinya yang tajam, tekel yang keras, keterampilan mendistribusikan bola, kehebatan udara, dan kemampuan bola mati.

Meskipun ia tak banyak mencetak gol dalam kariernya, pemain berusia 33 tahun itu telah menciptakan banyak sekali peluang mencetak gol untuk rekan setimnya di tiga liga top yang berbeda.

Vidal mencetak 35 gol dan memberikan 22 assist selama empat musim di Juventus, dengan Bianconeri memenangkan gelar liga di masa tersebut. Pada 2015, pemain Chile itu kembali ke Jerman untuk periode keduanya di Bundesliga di mana ia mencetak 14 gol dan memberikan 12 assist saat raksasa Bavaria melanjutkan dominasi domestik mereka.

Pemain tersebut kemudian memenangkan gelar liga kedelapan berturut-turut ketika ia memenangkan La Liga 2018-2019 bersama Barcelona.

5 dari 6 halaman

Zlatan Ibrahimovich (Premier League, Ligue 1, La Liga, Serie A)

Zlatan Ibrahimovich adalah salah satu striker hebat berkarier amat panjang. Striker Swedia bertualang di berbagai kompetisi dan selalu tajam. Di usia 38 tahun ia tetap terlihat bisa diandalkan sebagai penjebol gawang lawan. 

Sepanjang kariernya Ibra telag memenangkan gelar liga di Belanda, Italia, Spanyol, dan Prancis.

Ibrahimovic memenangkan gelar liga dalam delapan musim berturut-turut (termasuk gelar Serie A 2004-2005 dan 2005-2006 di Juventus yang kemudian dicabut karena kasus pengaturan skor) dengan lima klub berbeda. Rentetan kesuksesan ditutup dengan AC Milan meraih gelar Serie A 2011-2012.

Ibrahimovich kemudian kembali ke jalur kemenangan di Paris St. Germain di mana ia memenangkan gelar Ligue 1 di setiap empat musimnya di klub. Striker tersebut nyaris gagal menjadi pemain pertama yang memenangkan gelar liga di empat liga top berbeda ketika Manchester United finis kedua di Liga Inggris 2017-2018.

Ibrahimovich terkenal karena kehebatannya di udara, kemampuan menembak, dan keserbagunaan yang membuatnya ditempatkan sebagai striker sekunder dan bahkan sebagai pemain nomor 10 sekalipun.

Penyerang Swedia telah mencetak 134 gol Serie A untuk tiga klub berbeda.

Dalam satu musimnya di Spanyol 2009-10, Ibrahimovich mencetak 16 gol saat Barcelona memenangkan gelar La Liga 2019-2020. Striker tersebut kemudian mencetak 113 gol Ligue 1 dalam empat musim di PSG, dengan juara Prancis memenangkan gelar liga di setiap kesempatan.

Meskipun mulai memasuki usia uzur, Ibrahimovich dikontrak oleh raksasa Inggris Manchester United. Dia mencetak 28 gol di semua kompetisi pada musim pertamanya di klub, penghitungan yang termasuk 17 gol Premier League. Sayang United gagal meraih gelar liga.

Jose Mourinho, yang bekerja dengan Ibrahimovich di Inter Milan dan Manchester United, berbicara banyak tentang striker Swedia itu:

"Zlatan, tiga kata untuk menggambarkannya: ia pemenang, pencetak gol, dan pria yang lucu. Anda perlu memahaminya. Dia pria yang lucu dan jika Anda tidak mengenalnya, mungkin Anda berpikir dengan beberapa kutipan dia sedikit sombong. Tapi dia hanya pria yang lucu. Jadi, saya hanya akan mengatakan itu. Lucu, pemenang dan pencetak gol. Saya sangat senang mendapatkannya, dan jelas, dia senang bekerja untuk saya sekarang. "

6 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo (Premier League, La Liga, Serie A)

Cristiano Ronaldo bisa dibilang salah satu pemain terhebat yang menghiasi permainan. Selama karier profesional hampir dua dekade yang termasyhur, maestro Portugal yang satu ini telah menemukan kesuksesan di tiga kompetisi elite berbeda di Eropa.

Ronaldo terkenal karena kehebatannya dalam mencetak gol, kemampuan mengudara, dan keserbagunaan yang membuatnya beralih dari sayap ke posisi yang lebih sentral di area pertahanan lawan.

Pemain berusia 35 tahun itu pertama kali membangun reputasi di Manchester United dengan koleksi tiga gelar Liga Inggris. Dalam salah satu musim (2007-2008), Ronaldo mencetak 31 gol liga dan memenangkan gelar Liga Champions bersama Tim Setan Merah. Ia memenangkan gelar Ballon d'Or pertama di klub tersebut

Setelah tiba di Real Madrid pada musim panas 2009, Ronaldo mencapai puncaknya. Selama sembilan musim yang produktif di klub, pemenang Liga Champions 5 kali itu mencetak 311 gol La Liga hanya dalam 292 pertandingan dan memenangkan dua gelar La Liga plus ditambah empat penghargaan Ballon d'Or.

Pindah ke Italia pada usia 33, Ronaldo tidak butuh waktu lama beradaptasi. Setelah musim pertama yang sedikit lambat, di mana ia mencetak hanya 21 gol, kapten Timnas Portugal itu mencetak 31 gol di musim berikutnya. Juventus memenangkan gelar Scudetto kedelapan dan kesembilan berturut-turut.

Dalam prosesnya, Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak 50 gol di Premier League, La Liga, dan Serie A. CR7 merupakan pemain pertama setelah Dzeko yang mencetak banyak gol di tiga liga elite Benua Biru berbeda.

Dalam otobiografinya, manajer legendaris Manchester United Sir Alex Ferguson menggambarkan Cristiano Ronaldo sebagai talenta terbaik di generasinya.

"Cristiano adalah pemain paling berbakat yang saya kelola. Dia melampaui semua pemain hebat lainnya yang saya latih di United. Pemain yang bisa mendekati kemampuannya hanya Paul Scholes dan Ryan Giggs, karena mereka memberikan kontribusi luar biasa untuk Manchester United selama dua dekade."

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer