5 Bek Sayap Kiri Paling Bernilai di Dunia: Mulai Andrew Robertson hingga Alphonso Davies

Oleh Ario Yosia pada 30 Sep 2020, 11:50 WIB
Diperbarui 30 Sep 2020, 11:50 WIB
Ilustrasi - Andrew Robertson, Theo Hernandez, Alphonso Davies
Ilustrasi - Andrew Robertson, Theo Hernandez, Alphonso Davies (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Peran bek sayap telah berubah selama bertahun-tahun. Dalam sepak bola modern kekinian, bek sayap menjadi salah satu posisi tersulit untuk dimainkan.

Bek sayap tidak cuma harus piawai bertahan. Namun, sekarang mereka juga dituntut memberikan kontribusi besar saat menyerang. Mobilitas mereka kini tak hanya di dua sisi melebar lapangan, tapi juga di area tengah.

Ada cukup banyak talenta luar biasa bermain di posisi bek sayap saat ini. Khususnya di sektor bek kiri.

Karena penampilan yang memukai, sejumlah bek kiri kini memiliki harga fantastis. Akan tetapi, siapa saja yang mempunyai banderol paling mahal?

Menurut situs Mykhel, berikut ini lima bek sayap kiri dengan nilai pasar tertinggi di dunia.

2 dari 7 halaman

Ben Chilwell (Chelsea) - 40 juta euro

Sterling Cetak Hattrick, Inggris Lumat Ceko di Wambley
Bek Inggris, Ben Chilwell berusaha mengontrol bola selama pertandingan melawan Republik Ceko pada grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Ben Chilwell adalah salah satu rekrutan Chelsea pada musim panas ini. Bek kiri asal Inggris itu didatangkan dari klub sesama Premier League Leicester City.

Pemain berusia 23 tahun itu tampil cukup mengesankan untuk klub masa kecilnya selama bertahun-tahun. Chelsea akhirnya berhasil mendapatkan tanda tangannya meskipun ada persaingan dari klub rival.

3 dari 7 halaman

Theo Hernandez (AC Milan) - 45 juta euro

FOTO: AC Milan Taklukkan Bologna di San Siro
Pemain AC Milan Theo Hernandez (kanan) berebut bola udara dengan pemain Bologna Roberto Soriano pada pertandingan Serie A di Stadion San Siro, Milan, Italia, Senin (21/9/2020). AC Milan menaklukkan Bologna 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Theo Hernandez menjadi salah satu hal yang positif dari AC Milan musim lalu. Pemain asal Prancis itu menjadi pemain yang paling menonjol.

Hernandez berhasil mencetak tujuh gol dan lima assist dalam 36 pertandingan musim lalu. Pemain berusia 22 tahun itu bergabung dengan Milan dari Real Madrid.

4 dari 7 halaman

Renan Lodi (Atletico Madrid) - 50 juta euro

Wajah Lesu Pemain Atletico Madrid Usai Tersingkir dari Liga Champions
Pemain Atletico Madrid, Renan Lodi, tampak lesu usai dikalahkan RB Leipzig pada perempat final Liga Champions 2019/2020 di Estadio Jose Alvalade, Jumat (14/8/2020) dini hari WIB. Atletico Madrid kalah 1-2 atas RB Leipzig. (AFP/Miguel A. Lopes/pool)

Bek kiri muda lainnya yang tampil cukup mengesankan pada musim 2019-20 adalah Renan Lodi. Pemain asal Brasil tersebut saat ini bermain di Atletico Madrid.

Bek berusia 22 tahun itu membuat 43 penampilan untuk tim asuhan Diego Simeone. Penampilannya yang luar biasa juga diganjar dengan empat caps untuk tim nasional Brasil.

5 dari 7 halaman

Andrew Robertson (Liverpool) - 64 juta euro

Arsenal Gulung Liverpool 2-1 di Emirates
Penyerang Liverpool, Sadio Mane berselebrasi (kiri) berselebrasi dengan Andrew Robertson usai mencetak gol ke gawang Arsenal pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London (15/7/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas Liverpool. (Paul Childs/Pool via AP)

Andrew Robertson adalah pemain penting dalam skema Jurgen Klopp. Sang pemain terus tampil mengesankan untuk Liverpool.

Pemain berusia 26 tahun itu mencetak dua gol dan memberikan 12 assist pada musim lalu. Ia juga berhasil membantu The Reds mengakhiri puasa gelar liga selama 30 tahun.

6 dari 7 halaman

Alphonso Davies (Bayern Munich) - 80 juta euro

Wajah Sedih dan Tangis Pemain Sevilla Usai Gagal Juara Piala Super Eropa
Pemain Bayern Munchen, Alphonso Davies, menenangkan pemain Sevilla, Youssef En-Nesyri, usai pertandingan Piala Super Eropa di Puskas Arena, Budapest, Jumat (25/9/2020) dini hari WIB. Sevilla kalah 1-2 oleh Bayern Munchen. (AFP/Bernadett Szabo/pool)

Alphonso Davies bukanlah bek kiri alami, tetapi ia tampil mengesankan dalam peran itu pada musim lalu. Pemain Bayern Munchen itu menjadi pemain Kanada pertama yang memenangkan Liga Champions.

Pemain berusia 19 tahun itu membuat 43 penampilan di semua kompetisi musim lalu. Ia sepertinya akan terus bermain sebagai bek kiri di masa mendatang.

Sumber asli: Mykhel

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 29/9/2020)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Pilihan Minggu Ini