Sukses


Liga Italia: Gabung Juventus, Federico Chiesa Dihantui Kutukan Eks Fiorentina

Bola.com, Turin - Juventus jarang bersahabat dengan pemain Fiorentina dalam satu dekade terakhir. Anehnya, tim berjulukan I Bianconeri itu malah mendatangkan Federico Chiesa.

Juventus mendapatkan Chiesa setelah Fiorentina luluh dengan tawaran peminjaman selama dua musim plus pembelian sebesar 50 juta euro atau setara dengan Rp870 miliar pada 2022.

Dalam satu dekade lebih belakangan, Juventus pernah mendatangkan tiga pemain dari Fiorentina. Diawali oleh kepindahan Felipe Melo ke I Bianconeri pada 2009.

Juventus membeli Melo dari Fiorentina dengan mahar 25 juta euro setelah bermain impresif untuk Timnas Brasil di Piala Konfederasi 2019. Dia diproyeksikan untuk membantu Diego Ribas di lini tengah Bianconeri.

Ekspektasi Juventus terhadap Melo tidak sebanding dengan kenyataan. Dia kerap bermain angin-anginan dan menjurus kasar, yang tidak jarang justru merugikan tim. Setelah dua musim, Juventus habis kesabaran. Dia dijual ke Galatasaray pada 2011.

Video

2 dari 4 halaman

Neto Cadangan Mati

Setelah Melo, Neto menyusul bergabung ke Juventus pada 2015. Dia didatangkan secara gratis dari Fiorentina.

Neto hanya dua tahun bertahan di Juventus. Selama di Allianz Stadium, kiper asal Brasil tersebut berstatus deputi Gianluigi Buffon.

Total, Neto membukukan 22 penampilan di Juventus pada periode 2015-2017. Dia dilego ke Barcelona setelah Bianconeri mendatangkan Wojciech Szczesny.

3 dari 4 halaman

Bernardeschi Paling Buruk

Federico Bernardeschi menjadi pembelian terburuk Juventus dari Fiorentina dalam sebelas tahun terakhir. Diboyong mahal dengan harga 40 juta euro pada 2017, winger berusia 26 tahun itu bermain melempem selama di Allianz Stadium.

Digadang-gadang menjadi penerus penyerang Italia di Juventus, performa Bernardeschi malah tidak menggigit. Dia hanya mengoleksi sepuluh gol dan 15 assists dari 108 penampilan.

Bernardeschi juga kalah bersaing dengan Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain hingga Douglas Costa. Pemain Timnas Italia ini lebih banyak bermain dari bangku cadangan.

4 dari 4 halaman

Persaingan Ketat

Pindah ke Juventus, Chiesa kehilangan garansi bermain. Saat di Fiorentina, winger Timnas Italia ini adalah pilihan utama di posisi sayap kanan.

Selama tiga musim terakhir, Chiesa selalu mencatatkan lebih dari 30 penampilan untuk Fiorentina. Namun di Juventus, ia harus bersaing dengan sejumlah pemain di posisinya.

Sebelum pindah ke Juventus, Chiesa sempat bermain dalam tiga pertandingan di Fiorentina pada musim ini. Posisinya diubah sebagai wingback kanan oleh pelatih Giuseppe Iachini.

Perpindahan posisi Chiesa di Fiorentina akan menguntungkan adaptasinya di Juventus. Sebagai tim yang memakai pakem 3-5-2, ia bisa diberdayakan sebagai wingback kanan.

Namun, di posisi itu, Chiesa akan bersaing ketat dengan dua pemain. Ada Juan Cuadrado yang menjadi pilihan utama dan Danilo yang diplot sebagai pelapisnya.

Video Populer

Foto Populer