Sukses


5 Klub Paling Boros di Bursa Musim Panas Ini, Belanja Leeds Saingi Chelsea dan Juventus

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer musim panas 2020-2021 di Eropa telah resmi ditutup pada pada Selasa (6/10/2020) dini hari WIB kemarin. Meski situasi sedang sulit karena pandemi virus corona, ternyata ada banyak pemain bintang yang berpindah klub pada musim panas ini.

Sejumlah klub masih mengumbar duit besar untuk membeli pemain idamannya. Nama-nama seperti Kai Havertz dan juga Arthur Melo masuk dalam jajaran pemain termahal di bursa transfer kali ini.

Arthur Melo didatangkan oleh Juventus dari klub Spanyol Barcelona. Gelandang asal Brasil itu diboyong dengan mahar yang mencapai 72 juta euro.

Sedangkan harga Kai Havertz lebih mahal lagi. Playmaker asal Jerman tersebut dengan ditebus oleh Chelsea dari Bayern Leverkusen dengan biaya sebesar 80 juta euro.

Kai Havertz pun lantas tercatat sebagai pemain termahal yang didatangkan pada bursa transfer musim panas 2020. Harga itu juga membuat Kai Havertz menjadi pemain termahal dalam sepanjang sejarah Chelsea.

Jika Kai havertz menjadi pemain termahal, lantas klub mana yang masuk dalam kategori terboros di bursa transfer musim panas ini? Berikut ini lima di antaranya.

Video

2 dari 6 halaman

Leeds United: 105,2 juta euro

Leeds United menempati urutan kelima sebagai klub terboros di musim panas ini. Hal itu mungkin cukup mengejutkan lantaran Leeds berstatus sebagai tim promosi Premier League, tak ada yang pernah membayangkan belanja mereka melewati klub-klub papan atas.

Namun, tim asuhan Marcelo Bielsa tersebut memang harus memperkuat skuadnya agar bisa bersaing di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Jumlah pengeluaran Leeds United mencapai 105,2 juta euro.

Uang itu digunakan Leeds untuk memboyong pemain-pemain seperti Rodrigo, Diego Llorente, Helder Costa serta Raphinha. Rodrigo menjadi rekrutan termahal mereka dengan mahar 30 juta euro.

3 dari 6 halaman

Juventus: 110,2 juta euro

Di peringkat keempat, ada Juventus yang sekaligus menjadi klub Serie A terboros di musim panas. Total pengeluar raksasa Serie A itu mencapai 110,2 juta euro.

Pemain termahal yang didatangkan oleh Juventus adalah Arthur Melo. Gelandang asal Brasil itu direkrut dari klub Spanyol Barcelona.

Juventus mengeluarkan 72 juta euro untuk mendapatkan tanda tangan Arthur. Selain itu, Juventus juga berhasil mengamankan servis Alvaro Morata dan Federico Chiesa.

4 dari 6 halaman

Barcelona: 124 juta euro

Barcelona merupakan klub yang cukup aktif di bursa transfer musim panas ini. Menempati posisi ketiga, jumlah pengeluaran Barcelona menembus 124 juta euro.

Tim asuhan Ronald Koeman itu berhasil mendatangkan pemain baru seperti Miralem Pjanic, Trincao, Sergino Dest serta Pedri. Namun, Pjanic menjadi yang termahal di antara mereka setelah ditebus dengan biaya yang mencapai 60 juta euro.

Selain membeli pemain, Barcelona juga melepas beberapa pemain bintangnya. Luis Suarez, Ivan Rakitic dan Arturo Vidal adalah pemain yang dilepas Barcelona.

5 dari 6 halaman

Manchester City: 156,8 juta euro

Manchester City pun sepertinya tidak mau ketinggalan. Mereka juga belanja jor-joran di musim panas ini sehingga tercatat sebagai klub terboros kedua.

City mengeluarkan dana transfer yang mencapai 156,8 juta euro untuk membeli sejumlah pemain baru. Salah satunya adalah Ruben Dias yang diboyong dari Benfica.

Tim asuhan Josep Guardiola itu menebus Dias dengan mahar 68 juta euro. Angka itu menjadikan Dias sebagai bek tengah termahal yang pernah dibeli City.

6 dari 6 halaman

Chelsea: 247,2 juta euro

Chelsea menjadi tim terboros di bursa transfer musim panas tahun ini. Pengeluaran The Blues untuk membeli pemain baru mencapai 247,2 juta euro.

Chelsea mendatangkan tujuh pemain baru ke Stamford Bridge. Sebut saja Kai Havertz, Timo Werner, Ben Chilwell dan juga Hakim Ziyech. Namun, Havertz menjadi rekrutan termahal mereka setelah ditebus 80 juta euro.

Namun, tidak semua rekrutan baru Chelsea tersebut melibatkan biaya transfer. Thiago Silva dan Malang Sarr bergabung dengan The Blues secara gratis.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 5/10/2020)

Video Populer

Foto Populer