10 Transfer Temahal Musim Panas 2020: Pengeluaran Klub Liga Inggris Tembus 23 Triliun Rupiah

Oleh Ario Yosia pada 10 Okt 2020, 11:10 WIB
Diperbarui 10 Okt 2020, 11:10 WIB
Kai Havertz, Arther Melo dan Miralem Pjanic
Kai Havertz, Arther Melo, dan Miralem Pjanic. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Jendela transfer Internasional ditutup pada hari Senin, 5 Oktober 2020. Sepanjang musim panas ini terjadi 105 perpindahan pemain, klub Liga Inggris menghabiskan 1,24 miliar poundsterling. Total keseluruhan pengeluaran pembelian pemain baru di Benua Eropa melebihi angka 2 miliar poundsterling.

Beberapa klub tampil lebih baik dari yang lain, sementara satu klub secara khusus terlihat jor-joran menghamburkan uang, walau kondisi finansial mereka bisa dikatakan tak benar-benar sehat di masa pandemi corona.

Keluar dari larangan transfer baru, Chelsea membobol bank untuk perombakan skuad mereka dengan biaya transfer sebesar £ 222 juta, membawa masuk orang-orang seperti Kai Havertz (71 juta poundsterling), Timo Werner (48 juta), dan Ben Chilwell (45 juta) dengan harga yang lumayan.

Berikut ini transfer termahal di jendela transfer musim panas tahun 2020:

2 dari 8 halaman

Peringkat 10-6

Manchester City Dipermalukan Leicester City di Etihad
Bek Manchester City, Nathan Ake, menjatuhkan pemain Leicester City, Dennis Praet, pada laga Liga Inggris di Stadion Etihad, Senin (28/9/2020). City takluk 2-5 dari Leicester. (Catherine Ivill/Pool via AP)
  • 10. Nathan Ake (Manchester City) 45,3 juta euro
  • 9. Thomas Partey (Arsenal) 50 juta euro
  • 8. Mauro Icardi (PSG) 50 juta euro
  • 7. Ben Chilwell (Chelsea) 50 juta euro
  • 6. Timo Werner (Chelsea) 53 juta euro

 

 

 

3 dari 8 halaman

5. Alvaro Morata: Chelsea ke Atletico Madrid (59,2 Juta Poundsterling)

Alvaro Morata
Alvaro Morata menjalani tes medis bersama Juventus pada Selasa (22/9/2020) pagi waktu setempat. Rencananya, dia akan diperkenalkan sebagai pemain anyar Juve pada Rabu (23/9/2020). (dok. Juventus)

Setelah dipinjamkan dari Chelsea selama 18 bulan, Atletico Madrid memenuhi kewajiban mereka untuk membeli pemain Spanyol itu sebelum meminjamkannya ke Juventus. Kepindahan pemain Spanyol senilai 59,2 juta poundsterling membuka jalan bagi kedatangan Luis Suazre di Atletico.

Morata sebelumnya bermain untuk Juve musim 2014 hingga 2016. Ia sosok penting kala Si Nyonya Tua memenangi gelar Seria A dua musim beruntun.

Juventus memiliki opsi untuk membeli Morata pada akhir musim ini seharga 41 juta poundsterling atau 32 juta poundsterling musim selanjutnya.

4 dari 8 halaman

4. Ruben Dias: Benfica ke Manchester City (62 Juta Poundsterling)

Leeds United Vs Manchester City
Ruben Dias lakoni debut saat Manchester City bermain imbang 1-1 kontra Leeds United, Minggu (4/10/2020) dini hari WIB. (JASON CAIRNDUFF / POOL / AFP)

Manchester City mengamankan layanan Ruben Dias dari Benfica seharga 62 juta poundsterling untuk menyelesaikan masalah pertahanan mereka yang amat buruk musim lalu. Bek tengah satu ini menandatangani kontrak berdurasi enam tahun dan tiba tepat setelah City dibantai Leicester City 2-5.

Tim asuhan Pep Guardiola secara konsisten dalam urusan produktivitas gol, namun punya pertahanan rapuh yang membuat mereka kehilangan gelar Liga Inggris. Dias akan menjadi mitra yang sempurna buat Aymeric Laporte sebagai solusi masalah ini. Pemain Internasional Portugal adalah pemimpin alami dan akan menjadi sosol vokal yang sangat dibutuhkan di poros pertahanan Citizens.

5 dari 8 halaman

3. Arthur: Barcelona ke Juventus (66 Juta Poundsterling)

Arthur Melo
Arthur Melo (LLUIS GENE / AFP)

Gelandang berbakat asal Brasil, Arthur Melo meninggalkan Barcelona ke Juventus dengan biaya transfer yang mengejutkan sebesar 66 juta poundsterling.

Arthur menandatangani kontrak berdurasi lima tahun yang akan berlangsung hingga musim 2024-2025. Diyakini bakal jadi penerus jangka panjang Xavi Hernandez, Arthur tiba dari Gremio pada 2018 dan memiliki awal yang menggembirakan di Camp Nou.

Meskipun pemain berusia 23 tahun itu mengalami stagnasi pada musim lalu, alasan utama di balik penjualannya disebut-sebut karena masalah finansial.

6 dari 8 halaman

2. Kai Havertz: Bayer Leverkusen ke Chelsea (72 Juta Poundsterling)

Kai Havertz Cetak Hattrick, Chelsea Hajar Barnsley di Piala Liga Inggris
Pemain Chelsea, Kai Havertz, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barnsley pada laga Piala Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, Kamis (24/9/2020). Chelsea menang dengan skor 6-0. (AP Photo/Neil Hall)

Akuisisi Chelsea atas bintang muda Bayer Leverkusen, Kai Havertz menjadi santapan media-media Inggris.

Label harga 72 juta poundsterling yang besar telah menjadikannya rekrutan termahal kedua Chelsea setelah Kepa Arrizabalaga.

Dengan kemampuan off-ball dan IQ sepak bola yang luar biasa, pemain Jerman satu ini dianggap sebagai prospek terbesar di generasinya.

Havertz sudah mulai menunjukkan sekilas bakatnya yang memesona dengan mencetak hattrick pertamanya dalam kemenangan 6-0 Chelsea atas Barnsley di Piala Carabao.

7 dari 8 halaman

1. Victor Osimhen: Lille ke Napoli (73,2 Juta Poundsterling)

Kai Havertz dan Pemain Incaran Liverpool
2. Victor Osimhen (Lille) (AFP/Jose Jordan)

Napoli mencetak rekor transfer klub seharga 73,2 juta poundsterling untuk seorang sriker Nigeria, Victor Osimhen. Musim soliter pemain berusia 21 tahun di Lille menghasilkan aksi luar biasa, ia mencetak 18 gol di semua kompetisi, menarik perhatian sejumlah klub top Eropa.

Napoli secara mengejutkan memenangkan persaingan. Pengeluaran mereka untuk mendaratkan sang pemain kabarnya menembus angka 80 juta poundsterling dengan tambahan add-on.

Di masa kecilnya, Osimhen pernah menjual air kemasan di jalanan Olusosun. Kepindahan ke Napoli jadi lonjakan karier. Ia juga menjadi pemain Afrika termahal sepanjang masa.

Sumber: Sportskeeda

8 dari 8 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
6 Kiper Terbaik Era 90an, Manchester United Sumbang Dua Nama