Sukses


5 Pemain Berstatus Raja Gol Sundulan Kekinian: Kira-kira, Hebat Mana Edinson Cavani atau Cristiano Ronaldo?

Bola.com, Jakarta - Ada beberapa cara untuk mencetak gol dalam permainan sepak bola. Menyundul bola ke gawang adalah salah satu cara yang paling memuaskan untuk melakukannya.

Beberapa orang mengatakan bahwa pemain harus mengikuti arah bola untuk bisa bisa menjebol ke gawang lawan. Sementara beberapa lainnya mengatakan bahwa para pemain harus mencoba berada dalam posisi untuk menyundul bola ke tempat yang akan mendapat dampak maksimal.

Terlepas dari metode mana yang dipilih, terpenting adalah seberapa baik lompatan dan waktu Anda sang eksekutor sundulan.

Karena itu, menyundul bola untuk mencetak gol adalah keterampilan yang rumit dan tidak banyak yang mampu menguasainya. Gol-gol model ini biasanya tercipta memanfaatkan situasi bola mati.

Postur amat berpengaruh. Pesepak bola yang memiliki tinggi menjulang biasanya punya kekuatan dalam duel-duel udara. 

Publik sepak bola masa lampau belum lupa bagaimana hebatnya Oliver Bierhoff melakukan pekerjaan ini. Mayoritas gol yang dicetak striker Timnas Jerman itu berasal dari sundulan. Begitupula kerja hebat seorang Rio Ferdinand atau Sol Campbell, bek Timnas Inggris yang amat mengerikan jika sudah ada di area kotak penalti menanti corner atau tendangan bebas.

Tanpa basa-basi lagi, yuk intip lima pemain dengan header terbaik saat ini.

Video

2 dari 6 halaman

Edinson Cavani

Akuisisi terbaru Manchester United, Edinson Cavani diyakini bakal memberi efek pembeda kepada tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Cavani adalah pencetak gol alami dan telah mencetak banyak gol di klub-klub sebelumnya yang ia bela.

Cavani sangat baik dengan bola di kakinya dan jagoan melakukan shooting terarah. Tapi apa yang membuatnya menjadi sosok menakutkan bagi pertahanan lawan adalah bahwa kemampuannya dalam menguasai bola dilengkapi dengan kehebatan duel udara. Cavani telah mencetak sebagian besar golnya melalui sundulan.

Saat bermain untuk Napoli, Cavani mencetak hattrick sundulan yang istimewa, ia mencontohkan keahlian poaching dan heading dengan sangat ciamik. United juga telah mengontrak Alex Telles dari Porto. Bek kiri Brasil ini terkenal karena kemapuannya memberikan umpan ke kotak penalti. Ia bisa melakukan kerja sama yang hebat dengan Cavani.

3 dari 6 halaman

Virgil Van Dijk

Virgil Van Dijk tidak hanya menjadi kolosal di lini belakang Liverpool, ia juga merupakan figur pengganggu berbahaya di dalam kotak penalti lawan saat situasi bola mati. Pemain asal Belanda itu memiliki kekuatan luar biasa dan menyundul bola selain hebat dalam melakukan tekel dan operan.

Van Dijk telah mencetak banyak gol sundulan di Premier League dan secara konsisten menyumbang gol dari lini belakang.

Dia memulai musim ini dengan gol sundulan ke gawang Leeds United di pertandingan pertama Liga Inggris dan tampaknya akan terus menjadi ancaman dalam duel udara. Sosok Virgil sumber gol dari eksekusi bola mati  yang konsisten untuk kubu Merseysider

4 dari 6 halaman

Olivier Giroud

Salah satu pemain berkualitas yang sering diremehkan di generasinya, Olivier Giroud, striker yang unik.

Giroud bukanlah striker yang banyak mencetak gol. Dia adalah pemain yang diberkahi kemampuan teknis hebat berkat fisik dan kemampuannya menahan bola di area kotak penalti. Dengan postur tinggi menjulang 192 cm, Girou amat jagoan header yang tak terkalahkan.

Sebagian besar golnya di Arsenal dan Chelsea berasal dari sundulan. Faktanya, Giroud tidak hanya menawarkan stabilitas yang lebih bagi timnya di sepertiga akhir, ia juga bisa menjadi aktor kunci Plan B yang hebat, kapan pun timnya sangat membutuhkan gol di menit-menit akhir laga. Percaya atau tidak, Girud selalu menemukan cara mencetak gol lewat sundulan.

5 dari 6 halaman

Sergio Ramos

Sergio Ramos adalah pencetak gol terbanyak kedua Real Madrid musim lalu. Mayoritas golnya berasal dari eksekusi penalti plus sundulan yang luar biasa.

Ramos seakan tahu ke mana bola akan meluncur saat eksekusi bola mati dilakukan dekat area kotak penalti. Kapten Real Madrid melakukan lompatan yang luar biasa dan lebih sering melakukan sundulan kepala dengan sempurna.

Dalam hal bola mati menyerang, dia hampir selalu dimulai dari tepi area penalti dan kemudian menggunakan otot lehernya yang kuat dan momentum yang dia hasilkan dari berputar ke tengah kotak untuk mencetak gol sundulan yang hampir selalu bersarang di atas atau sudut gawang.

6 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo

Sundulan salah satu aspek langka dari permainan Cristiano Ronaldo yang bahkan Lionel Messi tidak punya peluang untuk menyamainya. CR7 telah mencetak lebih dari 100 gol dari sundulan dan itu adalah hasil dari jam-jam yang dihabiskan di tempat latihan untuk berlatih dan menyempurnakan tekniknya.

Bermain di posisi striker di Juventus, membuat lebih banyak gol ciptaan Ronaldo yang berasal dari sundulan dibandingkan sebelumnya ketika dia akan beroperasi dalam peran yang lebih luas di sisi melebar. Tidak ada pemain di lapangan sepak bola yang bisa melompat setinggi Cristiano Ronaldo.

Terkadang terlihat seperti manusia super dan dia juga mengatur waktu lompatannya dengan sempurna. Ketika Cristiano Ronaldo sedang menunggu untuk mengambil bola udara di dalam kotak, selalu ada alasan bagi lawan untuk panik dan kehilangan ketenangan. Penyerang asal Portugal tersebut sangat cerdik membaca arah bola. Penempatan posisinya juga selalu bagus.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer