VIDEO: Kronologi Juventus Bisa Diberi Kemenangan 3-0 atas Napoli di Liga Italia

Oleh Okie Prabhowo pada 15 Okt 2020, 10:43 WIB
Diperbarui 15 Okt 2020, 10:43 WIB

Bola.com, Torino - Komisi Disiplin Liga Italia telah mengeluarkan keputusan terkait ditundanya salah satu laga pada pekan ketiga musim 2020/2021. Laga tersebut yaitu Juventus kontra Napoli pada 4 Oktober 2020 yang digelar di Allianz Stadium.

Komisi Disiplin satu suara dengan Lega Serie A, badan Liga Italia. Mereka menjatuhkan hukuman pengurangan satu poin kepada Napoli dan memberikan kemenangan 3-0 untuk Juventus, seperti dilansir Football Italia.

Bagaimana bisa terjadi? Saat itu, Napoli tidak hadir ke stadion Allianz Stadium dan tidak melakukan perjalanan ke Kota Torino, kandang Juventus, berawal karena dua pemain mereka, Piotr Zielinski dan Eljif Elmas, dinyatakan positif COVID-19.

Klub berargumen telah dilarang berangkat ke Turin oleh ASL (otoritas kesehatan) setempat dan diperintahkan untuk melakukan isolasi sebagai tindakan pencegahan. Namun, larangan otoritas tersebut seharusnya tidak menjadi berlaku.

Lega Serie A melihat fakta Napoli tidak hadir di laga kontra Juventus merupakan sebuah kesalahan. Regulasi menuliskan, hanya dua pemain yang terinfeksi COVID-19 tidak serta merta bisa jadi alasan menolak bertanding.

Minimal sebuah tim bisa bertanding yaitu 13 pemain, termasuk satu kiper. Jadi, Napoli yang hanya minus dua pemain, tidak bisa dijadikan alasan.

Pada tanggal 4 Oktober lalu, para pemain Juventus sudah bersiap di stadion untuk bertanding. Karena pihak Napoli sudah membatalkan pesawat dan hotel, mereka tidak datang ke Kota Torino.

Napoli dikabarkan melakukan banding terhadap keputusan pemberian kemenangan 3-0 untuk Juventus di Liga Italia tersebut. "SSC Napoli selalu menghormati aturan dan hukum. Kami menunggu keputusan banding. Kami yakin keadilan akan ditegakkan," pernyataan klub di media sosial Twitter.