Sukses


5 Pemain Pengoleksi Gol Terbanyak Lewat Tendangan Bebas di Era Kekinian, Lionel Messi Wajib Menyembah Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Kira-kira buat pembaca Bola.com pemandangan terindah dalam sepak bola? Seorang pemain yang menggiring bola melewati pertahanan yang ketat? Tendangan penalti ala panenka? Gol yang dibuat dengan aksi gocek melewati banyak pemain? Tendangan bebas mewah yang membuncah jaring lawan?

Penggemar sepak bola tahu benar bahwa mencetak gol langsung dari tendangan bebas adalah seni tersendiri. Ada beberapa seniman lapangan hijau jagoan melakukan hal ini yang terkenal di masa lalu. Juninho, Roberto Carlos, Ronaldinho, dan David Beckham di antara beberapa lainnya semuanya dianggap sebagai spesialis bola mati yang fantastis.

Memiliki seseorang dengan kecakapan mencetak gol tendangan bebas dalam sebuah tim selalu merupakan keuntungan yang signifikan karena satu upaya yang dilakukan dengan rencana rapi di area sekitar kotak penalti dapat mengubah jalannya pertandingan.

Mari kita lihat lima pemain dengan gol tendangan bebas paling banyak di era kekinian:

Video

2 dari 6 halaman

Aleksandar Kolarov: 22 Gol

Aleksandar Kolarov adalah salah satu bek sayap paling produktif satu dekade terakhir. Pemain berusia 34 tahun telah mencetak sekitar 35 persen dari gol sepanjang kariernya lewat tendangan bebas, yang merupakan penghitungan mengesankan, terutama untuk seorang berposisi sebagai bek.

Mantan bintang Manchester City dan AS Roma ini sering disebut sebagai Roberto Carlos Serbia karena kehebatan bola mati yang dimilikinya, dan statistiknya dalam hal ini jelas pada kenyataannya ia memiliki beberapa kesamaan dengan legenda Brasil tersebut.

Penampilannya yang luar biasa untuk Serbia melawan Kosta Rika di Piala Dunia FIFA 2018 dan untuk AS Roma dalam pertandingan pramusim melawan Athletic Bilbao tahun lalu hanyalah beberapa contoh dari kehebatan mengesekusi tendangan bebas.

 

3 dari 6 halaman

Hakan Calhanoglu: 26 Gol

Jika Anda seseorang yang mengikuti Bundesliga dengan intens, maka Anda mungkin tahu tentang kemampuan hebat Hakan Calhanoglu dalam urusan mengesekusi bola mati, terutama tendangan bebas langsung. Setiap kali ia bersiap mengambil tendangan, barisan bek lawan dan kiper mulai dirasuki rasa cemas, bola hampie selalu menembus gawang lawan. Begitulah mahirnya pemain internasional Turki itu dari situasi bola mati.

Berikut adalah statistik yang luar biasa untuk mendukung klaim ini: 38 persen dari golnya di klub Jerman (ia juga bermain di tingkat kedua bersama Karlsruher SC) berasal dari tendangan bebas langsung!

Juga, siapa yang bisa melupakan eksploitasi di musim 2014-2015 ketika ia mencetak sembilan gol tendangan bebas untuk Bayer Leverkusen! Ya, sembilan dalam satu musim!

Sayangnya, kehebatan bola mati Calhanoglu menurun drastis setelah pindah ke AC Milan pada 2017. Sang pemain sejak itu hanya mencetak tiga gol dari tendangan bebas langsung.

4 dari 6 halaman

Miralem Pjanic: 26 Gol

Meskipun mencetak jumlah tendangan bebas yang identik dengan Calhanoglu, pemain internasional Bosnia Miralem Pjanic berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar ini karena rekor superiornya belakangan ini dibandingkan dengan sang pemain Turki itu.

Dia harus berbagi tanggung jawab bola mati dengan Cristiano Ronaldo dan Paolo Dybala di Juventus. Tetapi Pjanic boleh membanggakan diri, rekor tendangan bebas yang lebih baik dalam balutan warna Bianconeri daripada kedua pemain itu.

Pjanic, yang sekarang berada di Barcelona, mungkin harus bergantian menjalani tugas melakukan tendangan bebas dengan Lionel Messi. Mengingat tingkat konversi golnya yang luar biasa, ia diyakini akan membuat dirinya disayangi oleh pendukung setia Blaugrana.

Pemain berusia 30 tahun itu telah mencetak 22 gol tendangan bebas dalam karier klubnya, dengan empat gol lainnya untuk tim nasionalnya. Menariknya, 68 persen dari gol tendangan bebas dalam kariernya terjadi dalam lima tahun terakhir, yang menjadikannya salah satu yang terbaik di level persaingan sepak bola elite.

5 dari 6 halaman

Lionel Messi: 53 Gol

Lionel Messi bukanlah pencetak gol tendangan bebas yang lahir secara alami. Itu adalah keterampilan yang ia asah di usia matang dan sekarang telah disempurnakan sedemikian rupa sehingga menghasilkan banyak gol berkelas.

Pemain Argentina bertubuh mungil ini menjadi yang terbaik dalam mencetak tendangan bebas. Tidak hanya untuk kecepatan luar biasa saat dia melepaskannya, tetapi juga untuk kualitas tendangannya.

Ingat gol cantik dari jarak 35 meter melawan Liverpool (semifinal leg pertama Liga Champions) tahun lalu? Juga lesakan gol jarak jauh melawan Amerika Serikat pada 2016, atau bahkan eksekusi tendangan bebas melawan Real Madrid pada 2012? Gol-gol yang tak terlupakan.

Dari 53 gol tendangan bebas yang telah dicetak Lionel Messi, 47 gol diciptakannya buat Blaugrana sementara sisanya buat Timnas Argentina.

6 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo: 57 Gol

Kehebatan Cristiano Ronaldo dalam menendang bola mati yang terkonversi menjadi gol menurun beberapa tahun belakangan ini. Walau begitu, CR7 masih menempati urutan teratas daftar lewat pencapaian luar biasa di masa lalu.

Statistik tendangan bebas Cristiano Ronaldo membuat banyak orang geleng-geleng kepala. Warisan bintang Portugal satu ini dalam memanfaatkan situasi bola mati akan dikenang dalam sejarah sepak bola sampai kapanpun.

Ronaldo telah mencetak beberapa gol terbaik di masa lalu, termasuk golnya baru-baru ini ke gawang Swedia yang menghasilkan gol ke-100 untuk Seleccao.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer