Sukses


10 Negara dengan Komposisi Skuat Paling Bernilai di Bursa Transfer Bagian 1

Bola.com, Jakarta - Negara-negara Eropa mendominasi jajaran elite ranking FIFA. Enam negara bertengger di jajaran delapan besar. Belgia ada di posisi puncak. Hanya Brasil dan Uruguay yang bisa menerabas dominasi ini.

Sebagian besar pemain dari delapan negara teratas ranking FIFA berlaga di kompetisi sepak bola Eropa elite. Selain berlaga di kompetisi domestik klubnya, mereka secara teratur berkiprah di kompetisi kontinental seperti Liga Champions dan Liga Europa.

Tidaklah mengherankan bahwa tim nasional papan atas juga memiliki daftar nama pemain yang paling mahal di sepak bola internasional. Berikut ini bagian pertama daftar 10 besar negara dengan komposisi skuat paling bernilai di bursa transfer.

 

Video

2 dari 6 halaman

10. Belanda: 555,8 Juta Euro

Belanda mengakhiri puasa selama enam tahun berlaga di kompetisi besar dengan berhasil lolos ke Piala Eropa 2020. Mereka hanya jadi penonton di Euro 2016 serta Piala Dunia 2018.

Virgil van Dijk (€ 80 juta), yang dianggap sebagai salah satu bek tengahterbaik dunia, adalah kapten tim dan pemain termahal mereka.

De Oranje memiliki skuad yang relatif muda yang terdiri dari anak-anak muda berbakat seperti Donny van de Beek, Matthijs de Ligt, Memphis Depay, dan Frenkie de Jong, yang bermain di lima liga top Eropa.

Setelah memenangkan enam dari delapan pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 untuk lolos ke turnamen empat tahunan, Belanda saat ini terlibat dalam aksi Grup 1 di Nations League 2020-21 bersama dengan Italia, Polandia, dan Bosnia dan Herzegovina.

3 dari 6 halaman

9. Argentina: 672,7 Juta Euro

Negara pengoleksi dua gelar Piala Dunia Argentina dipimpin oleh ikon Barcelona Lionel Messi yang merupakan pemain tertua dari 10 pemain yang memiliki nilai pasar lebih dari 100 juta euro.

Tidak mengherankan, Argentina sangat bergantung pada kapten mereka untuk mendapatkan inspirasi. Akan tetapi tim ini juga memiliki beberapa pemain menjanjikan lainnya seperti striker Inter Lautaro Martinez, pemain sayap Lucas Ocampos dan bek kiri Nicolas Tagliafico.

Argentina yang kalah di semifinal Copa America 2019, sudah dua dekade tidak menjuarai turnamen besar. Pencapaian tertinggi mereka menjadi finalis Piala Dunia 2014.

La Albiceleste saat ini berada dalam laga Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022. Mereka membuka kampanye mereka dengan kemenangan kandang 1-0 yang tidak meyakinkan atas Ekuador dengan Messi mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut. Selanjutnya Argentina menggebuk Bolivia 2-1.

4 dari 6 halaman

8. Portugal: 754,3 Juta Euro

Dipimpin oleh kapten inspiratif mereka Cristiano Ronaldo, pemenang Piala Eropa 2016 Portugal memiliki banyak pemain bernilai tinggi di pasaran transfer.

Mungkin mengejutkan, nilai pasar dari trio Bruno Fernandes, Bernardo Silva dan Joao Felix (masing-masing 80 juta euro) lebih dari itu dari seorang Ronaldo yang kini berusia 35 tahun. Namun demikian, striker Juventus terus melakukan yang terbaik, mencetak banyak gol, setelah menjadi pemain Eropa pertama dan secara keseluruhan kedua yang mencapai 100 gol internasional.

Portugal saat ini terlibat dalam aksi Grup 3 di Nations League 2020-21 di mana mereka memenangkan dua pertandingan pertama mereka sebelum ditahan imbang tanpa gol oleh sesama pemuncak klasemen Prancis.

5 dari 6 halaman

7. Italia: 758,5 Juta Euro)

Juara dunia empat kali Italia membalikkan kekecewaan usai absen ke putaran final Piala Dunia FIFA 2018 dengan secara menyakinkan lolos ke Piala Eropa 2020 dengan rekor memenangkan semua pertandingan kualifikasi mereka.

Salah satu pemain termuda dalam daftar mereka, Gianluigi Donnarumma yang berusia 21 tahun dari AC Milan, juga merupakan pemain termahal di tim (bersama dengan gelandang Marco Verratti). Dipimpin oleh kapten berusia 36 tahun Giorgio Chiellini, Azzurri memiliki perpaduan yang ciamik antara pemuda dan pengalaman di barisan mereka.

Italia (Posisi 12 FIFA) secara mengejutkan bukan di antara 10  tim teratas dunia dalam peringkat FIFA tetapi saat ini memimpin Grup A1 di Nations League 2020-21 setelah tiga pertandingan.

6 dari 6 halaman

6. Spanyol: 768,5 Juta Euro

Setelah tampil lesu darah di Piala Dunia FIFA 2018, di mana mereka kalah dari tuan rumah Rusia di babak 16 besar, Spanyol memuncaki grup Kualifikasi Euro 2020.

La Furia Roja dipimpin oleh legenda Real Madrid Sergio Ramos yang merupakan pencetak rekor penampilan terbanyak sepanjang masa Spanyol (174) dan pencetak gol terbanyak kesembilan untuk negaranya dengan torehan 23 gol. Sebuah pesona yang luar biasa bagi seorang bek tengah.

Wonderkid Barcelona, Ansu Fati (80 juta euro) adalah pemain termuda dan termahal di Spanyol dalam daftar tim. Juara dunia 2010 saat ini terlibat dalam UEFA Nations League 2020-2021 di mana mereka memimpin grup yang terdiri dari Jerman, Ukraina, dan Swiss.

Sumber: Sportskeeda

 

Video Populer

Foto Populer