Sukses


10 Pesepak Bola Terbaik Satu Dekade Terakhir Bagian 2: Rivalitas Tiada Henti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi telah mendominasi persaingan elite sepak bola dunia selama satu dekade terakhir. Keduanya mengoleksi sembilan trofi Liga Champions di antara mereka. Itu belum dihitung rentetan gelar kompetisi dan turnamen domestik bersama klubnya.

Tetapi sementara duo legendaris ini telah menarik perhatian semua orang, ada beberapa pemain terkenal lainnya yang juga meninggalkan kesan yang cukup bagi penggemar selama dekade terakhir.

Tidak cukup sukses di level klub, tetapi para pemain pun juga harus tampil gemilang di tim nasional. Oleh karena itu, wajar apabila para pemain dianggap yang terbaik karena memiliki prestasi yang sama baiknya di level klub maupun tim nasional.

Pemain-pemain di masa lalu model, Pele, Johan Cruyff, Michel Platini, Diego Maradona, Ruud Gullit, akan selalu dikenang sepanjang masa dengan raihan gelar sepanjang kariernya.

Lantas, siapa saja pesepak bola terbaik dalam dekade terakhir ini?  Berikut bagian kedua 10 pemain terbaik satu dekade terakhir:

Video

2 dari 6 halaman

5. Xavi Hernandez

Aneh rasanya melihat Xavi Hernandez tidak pernah memenangkan Ballon d'Or. Padahal produk asli akademi Barcelona ini sudah dua tahun berturut-turut masuk nominasi di tahun 2010 dan 2011.

Namun trofi bola emas ini tidak bisa menjadi alasan bahwa Xavi bukan pemain terbaik di dunia. Selama berkarier sebagai pesepak bola profesional, Xavi telah mencatatkan 857 penampilan.

Selama itu, ia pun sudah menghadirkan 33 trofi baik di level klub maupun tim nasional, termasuk satu trofi Piala Dunia 2010, dua trofi Piala Eropa 2008 dan 2012, dan empat Piala Liga Champions bersama Barcelona. Pencapaian yang fantastis.

3 dari 6 halaman

4. Sergio Ramos

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos mungkin menjadi nama yang tidak terduga ada di daftar pemain terbaik. Namun, ada alasan mengapa ia pantas menempati posisi keempat.

Kesuksesan besarnya bersama Real Madrid dan Timnas Spanyol bisa menjadi alasan yang paling nyata bahwa ia memang layak masuk jajaran elite pesepak bola terbaik di dunia.

Walaupun berposisi sebagai bek tengah, Ramos menjadi figur yang sangat penting bagi kesuksesan Madrid dan Spanyol ketika keduanya merengkuh trofi bergengsi. Ramos acap kali mencetak gol-gol penting di momen krusial buat klub dan timnas negaranya.

4 dari 6 halaman

3. Andres Iniesta

Duet Xavi Hernandez, Andres Iniesta adalah gelandang terbaik yang pernah bermain sepak bola dalam dekade terakhir dengan segudang prestasi. Walaupun tidak banyak mencetak gol, tetapi peran Iniesta di lini tengah sangat penting.

Sama halnya dengan Xavi dan Ramos yang sukses di Timnas Spanyol. Namun, Iniesta mempunyai kenangan yang lebih manis dibanding keduanya.

Pasalnya, Iniesta menjadi penentu kemenangan Timnas Spanyol ketika mengalahkan Jerman di Final Piala Dunia 2010 lewat gol tunggalnya pada menit ke-116. Jangan lupakan juga, sang pemain menikmati masa-masa sukses bersama Barcelona.

5 dari 6 halaman

2. Lionel Messi

Tak ada yang akan mendebat Lionel Messi nangkring di posisi kedua dengan segala raihannya. Trofi Ballon d'Or sebanyak enam kali menjadi alasan kuat untuk Messi menempati posisi tersebut.

Tak sampai situ saja, La Pulga pun mempunyai alasan lain untuk mendukung dirinya menjadi nomor dua, atau bahkan yang terbaik (ini akan memicu perdebatan tak berkesudahan). Messi pernah mencetak 91 gol pada tahun 2012. Sebuah rekor yang fantastis.

Sayang, di balik semua sukses secara individu dan bersama Barcelona, sampai saat ini Messi belum pernah menghadirkan satu trofi pun untuk Timnas Argentina. Pencapaian tertingginya hanya mengantar Tim Tango jadi runner-up Piala Dunia 2014.

6 dari 6 halaman

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo saat ini bisa dibilang menjadi pemain yang paling sukses dengan segala prestasi yang telah diukirnya. Pasalnya, CR7 sudah pernah memenangkan Liga Champions, Premier League, La Liga, Serie A, dan Piala Eropa.

Pencapaian gelar Piala Eropa 2016 membuat Ronaldo mengungguli Messi dalam daftar pesepak bola terbaik satu dekade terakhir. Walau keduanya sama-sama belum pernah mengecap gelar Piala Dunia untuk menyamai kelas Pele dan Diego Maradona.

Selain itu, lima trofi Ballon d'Or pun semakin membuktikan bahwa Ronaldo memang yang terbaik di dunia.

Saat ini, Ronaldo juga menjadi pemain yang paling konsisten dengan 742 gol yang sudah ia bukukan. Maka wajar saja apabila Ronaldo menempati posisi pertama sebagai pemain terbaik.

Sumber: Sportskeeda

 

Video Populer

Foto Populer