Profil Kandidat Peraih Golden Boy Award 2020 Bagian 4: Persaingan Jadon Sancho dan Rodrygo

Oleh Gregah Nurikhsani pada 18 Okt 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 18 Okt 2020, 10:00 WIB
Kandidat Peraih Golden Boy Award 2020
Dejan Kulusevski, Rodrygo, Jadon Sancho. (Bola.com/Gregah Nurikhsani)

Bola.com, Jakarta - Dunia sepak bola kembali menghadirkan bakat-bakat muda yang menarik perhatian dari musim lalu. Dari bakat-bakat muda tersebut telah terpilih 20 nama yang menjadi finalis Golden Boy Award 2020.

Penghargaan yang diberikan tentu menjadi salah satu capaian yang dibutuhkan para pemain muda. Dengan penghargaan tersebut, pemain muda tentu akan tampil lebih pede untuk modal mencapai puncak karirnya di masa depan.

Musim lalu penghargaan ini dimenangkan oleh Joao Felix yang membuat nilai jualnya begitu meledak. Performa impresifnya ketika itu menggoda Atletico Madrid, dan menjadikannya sebagai salah satu pembelian termahal.

Musim ini apa yang ditunjukkan kandidat peraih Golden Boy Award 2020, pantas diapreasiasi. Satu kandidat peraihnya, Dejan Kulusevski kini bahkan langsung ditarik kembali dari peminjaman untuk membela Juventus.

Pada bagian ini bersama Dejan Kulusevksi ada tiga kandidat Golden Boy Award 2020 lainnya. Kulusevski, Rodrygo, Bukayo Saka, dan Jadon Sancho menjadi empat pemain yang siap bersaing di 20 finalis Golden Boy 2020 ini. Simak ulasan empat pemain tersebut di bawah ini Bolaneters.

2 dari 6 halaman

Dejan Kulusevski (Juventus)

20 Kandidat Peraih Golden Boy 2020 Bagian 2
12. Dejan Kulusevski (Juventus) - Gelandang asal Swedia ini dilabuhkan Juventus dengan nilai transfer mencapai 35 juta euro pada bursa transfer musim dingin 2020. Dejan Kulusevski tercatat menjadi pemain termahal kedua Swedia. (AFP/Miguel Medina)

Kulusevski berhasil memanfaatkan masa peminjamannya di Parma dengan impresif. Hal tersebut yang membuatnya diganjar penghargaan pemain muda terbaik di Serie A musim 2019/20.

Bersama Parma Dejan Kulusevski berhasil mencetak 10 gol dan sembilan assists dari 36 penampilannya. Hal yang berbuah manis untuk Juventus, karena berani mengangkutnya di bursa transfer musim dingin Januari 2020.

Harga yang dibayarkan Juventus pun tidaklah murah untuk seorang pemain 20 tahun. Dejan Kulusevski dibeli dari Atalanta pemilik klub aslinya saat itu dengan mahar 35 juta euro. Juventus pun kini telah memainkannya di dua laga Serie A, Kulusevksi mampu tampil baik bersama Cristiano Ronaldo dan telah mencetak satu gol.

3 dari 6 halaman

Rodrygo (Real Madrid)

20 Kandidat Peraih Golden Boy 2020 Bagian 2
14. Rodrygo (Real Madrid) - Performa winger berusia 19 tahun ini sangat apik bersama Real Madrid di awal kompetisi musim 2020/2021. Rodrygo dilabuhkan Real Madrid dari Santos dengan transfer senilai 45 juta euro pada 2019. (AFP/Jose Jordan)

Real Madrid langsung mencari pengganti lain Cristiano Ronaldo dengan mendatangkan Rodrygo, winger muda asal Brazil pada musim lalu. Musim pertamanya bersama Real Madrid berjalan cukup baik untuk Rodrygo.

Dia digadang-gadang bakal menjadi bintang selanjutnya untuk Real Madrid. Rodrygo beberapaka kali dipercaya tampil di skuad utama, tercatat dirinya tampil 29 kali di semua kompetisi.

Rodrygo mampu melesakkan sembilan gol dan tiga assists dari kesempatannya tersebut. Rodrygo juga merupakan salah satu pemain muda yang memiliki market value tinggi. Dirinya ditebus Real Madrid seharga 45 juta euro yang kini menjadi nilai pasarnya.

4 dari 6 halaman

Bukayo Saka (Arsenal)

20 Kandidat Peraih Golden Boy 2020 Bagian 2
16. Bukayo Saka (Arsenal) - Penyerang berusia 19 tahun ini memiliki permainan yang menawan dan talenta yang luar biasa di lapangan. Bukayo Saka sendiri disebut-sebut sebagai calon bintang Arsenal. (AFP/Catherine Ivill/pool)

Bukayo Saka memiliki kemampuan bermain lengkap, yang membuatnya mampu bermain sebagai bek sayap, gelandang sayap dan penyerang sayap. Di setiap pertandingannya Saka tidak terlihat canggung meskipun berusia 19 tahun.

Berkat penampilannya tersebut, Bukayo Saka disebut sebagai bintang masa depan Arsenal. Musim lalu Bukayo Saka banyak dipercaya dan turun di 26 pertandingan Premier League dan menghasilkan satu gol serta lima assists.

Kontrak jangka panjang pun akhirnya langsung diberikan Arsenal untuk pemain berusia 19 tahun ini. Di semua kompetisi Bukayo Saka berhasil memberikan 11 assists dari 39 kali penampilannya yang menjadikannya pemain termuda dengan rekor asissts terbanyak di Arsenal.

5 dari 6 halaman

Jadon Sancho (Borussia Dortmund)

20 Kandidat Peraih Golden Boy 2020 Bagian 2
15. Jadon Sancho (Borussia Dortmund) - Penampilannya bersama Borussia Dortmund membuat pemain asal Inggris ini menjadi rebutan sejumlah klub raksasa Eropa. Jadon Sancho tercatat telah mengoleksi 30 gol dan 39 assist dari 80 laganya di kompetisi Liga Jerman. (AFP/Ina Fassbender)

Jadon Sancho menjadi salah satu kandidat terkuat untuk meraih Golden Boy 2020. Penampilannya selama musim lalu tidak menunjukkan bahwa dia adalah anak baru di sepak bola.

Statistik penampilan Jadon Sancho begitu mentereng sebagai pemain 20 tahun. Sancho tampil 44 kali di semua kompetisi dengan raihan 20 gol dan 20 assists. Penampilannya tersebut yang membuat nilai pasarnya melonjak menjadi 117 juta euro.

Bersama Borussia Dortmund, Jadon Sancho finish di posisi kedua dengan raihan gol terbanyak kedua di liga (84 gol) di bawah Bayern Munchen. Jadon Sancho pun menjadi incaran klub-klub besar dengan Manchester United yang dikabarkan begitu getol mendapatkannya.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Muhamad Raka Saputra/Serafin Unus Pasi, published 16/10/2020)

6 dari 6 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓