Sukses


5 Fakta yang Mempertontonkan Kehebatan Lionel Messi dan Barcelona di Pentas Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Ajang prestisus Liga Champions kembali tersaji tengah pekan ini. Barcelona jadi salah satu tim unggulan di turnamen ini. Dan selalu, Lionel Messi menjadi andalan Tim Catalan untuk bisa mengangkat trofi ke-6 mereka.

La Pulga sejauh ini memang punya prestasi yang sangat mentereng di kompetisi Eropa tersebut. Messi sudah mengumpulkan 115 gol dalam 143 pertandingan. Lionel Messi memenangi empat trofi Liga Champions bersama Barcelona.

Yang menjadi pertanyaan apakah ia akan kembali luar biasa musim ini? Sudah menjadi rahasia umum, ia sudah merasa tak kerasan bermain di Camp Nou. Kehadiran Ronald Koeman sebagai pelatih tak membuatnya bersemangat.

Tapi tentu, sebagai pemain bernama besar, Lionel Messi ingin mencetak sejarah. Di tengah kegalauannya di Barcelona, ia juga punya impian kembali mengangkat trofi bergensi. Bisakah?

Berikut ini lima fakta tentang Lionel Messi di Liga Champions.

Video

2 dari 6 halaman

Debut

Lionel Messi pertama kali tampil di Liga Champions pada 7 Desember 2004. Ketika itu Barcelona menghadapi Shakhtar Donetsk dalam pertandingan fase grup A Liga Champions 2004-2005.

Messi bermain selama 90 menit dalam pertandingan tersebut. Sayangnya, debut La Pulga di kompetisi Eropa tersebut tidak berakhir dengan manis.

La Pulga gagal menghindarkan timnya dari kekalahan. Bermain di Ukraina, Barcelona dipaksa menyerah dengan skor 0-2.

3 dari 6 halaman

Torehan Gol

Lionel Messi mencetak gol pertamanya dalam ajang Liga Champions pada 2 November 2005. Kala itu Barcelona menang 5-0 atas tim asal Yunani, Panathinaikos dalam pertandingan fase grup C Liga Champions 2005-2006.

Messi mencetak satu gol dalam pertandingan tersebut yakni pada menit ke-34. Ketika itu, usia Messi baru menginjak 18 tahun.

Sekarang Messi sudah mencetak 115 gol selama bermain di kompetisi elit Eropa. Ia terpaut 16 gol dari pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Champions Cristiano Ronaldo.

4 dari 6 halaman

Lawan Favorit

 Arsenal menjadi lawan favorit Lionel Messi di Liga Champions. Sebab, La Pulga paling sering menjebol gawang The Gunners di kompetisi Eropa ini.

Messi berhasil mencetak gol ke gawang Arsenal sebanyak sembilan kali. Pencapaian itu dibuat hanya dari enam pertemuan saja.

Messi tercatat paling banyak menjebol gawang Arsenal pada leg kedua babak perempat final Liga Champions 2009-2010. Dalam laga tersebut Si Kutu memborong semua gol kemenangan 4-1 Barcelona atas The Gunners.

5 dari 6 halaman

Raihan Gelar

Messi juga pernah merasakan manisnya mengangkat trofi Liga Champions. Ia berhasil memenangkan trofi tersebut sebanyak empat kali bersama Barcelona.

Messi pertama kali meraih juara Liga Champions pada musim 2005/2006. Ketika itu Barcelona yang ditangani Frank Rijkaard berhasil mengalahkan Arsenal di final.

Messi kemudian kembali memenangkan Liga Champions pada musim 2008/2009, 2010/2011, 2014/2015. Pencapaian pada musim 2008/2009 dan 2014/2015 tentu terasa spesial karena Barcelona menutup musim dengan raihan treble winners.

6 dari 6 halaman

Lawan Terakhir

Bayern Munchen menjadi lawan terakhir Lionel Messi dalam ajang Liga Champions. Kedua tim bertemu pada babak perempat final Liga Champions musim lalu.

Akan tetapi, Messi harus menerima kenyataan pahit dalam pertandingan tersebut. Barcelona dipermalukan Bayern dengan skor telak 2-8 di Estadion da Luz, Portugal.

Delapan gol Bayern dicetak oleh Thomas Muller (2), Philippe Coutinho (2), Ivan Perisic, Serge Gnabry, Robert Lewandowski dan Joshua Kimmich. Sedangkan dua gol Barcelona dicetak Luis Suarez dan gol bunuh diri David Alaba.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 20/10/2020)

Video Populer

Foto Populer