Sukses


Diogo Luis Santo dan Luciano Figueroa Tinggalkan Johor Darul Ta'zim

Bola.com, Johor - Tahun ini menjadi pengabdian terakhir Diogo Luis Santo dan Luciano Figueora di Johor Darul Ta'zim (JDT). Keduanya resmi meninggalkan tim berjulukan Harimau Selatan itu pada akhir musim.

Bos Johor Darul Ta'zim, Tunku Ismail Sultan Ibrahim membuat sejumlah pengumuman penting pada Selasa (21/10/2020). Satu di antaranya adalah memastikan kepergian Diogo Santo dan Luciano Figueora.

Johor Darul Ta'zim tidak memperpanjang kontrak Diogo Santo yang akan habis pada Desember 2020. Manajemen Harimau Selatan mengabarkan bahwa penyerang asal Brasil itu akan kembali ke Thailand.

Johor Darul Ta'zim menebus Diogo Santo dari Buriram United pada 2019 dengan biaya transfer sekitar 1,5 juta euro atau setara dengan Rp26 miliar.

Diogo Santo, bomber yang melegenda di Thailand setelah mengukir 119 gol dari 139 penampilan di Buriram United selama 4 musim. Sang pemain dikabarkan Berita Harian akan bergabung dengan BG Pathum United FC.

Selama dua musim memperkuat Johor Darul Ta'zim, Diogo Santo menorehkan 16 gol dari 36 laga. Pemain berusia 33 tahun itu juga turut mempersembahkan dua trofi Liga Super Malaysia, dua gelar Piala Malaysia, dan dua Piala Super Malaysia untuk JDT.

Video

2 dari 3 halaman

Digantikan Mantan Bomber Mitra Kukar

Diogo Santo masih akan membela Johor Darul Ta'zim di Piala Malaysia pada bulan depan, namun tidak akan bermain di lanjutan Liga Champions Asia 2020. Posisinya bakal digantikan oleh eks bomber Mitra Kukar, Fernando Rodriguez.

"Diogo Santo masih akan membela Johor Darul Ta'zim di Piala Malaysia dan setelah itu ia akan bergabung dengan klub Thailand. Untuk Liga Champions Asia 2020, posisinya akan diisi oleh Fernando Rodriguez," kata Tunku Ismail Sultan Ibrahim dinukil dari BHarian.

Sebagai suksesor Diogo Santo secara permanen, Johor Darul Ta'zim telah menunjuk bomber asal Brasil, Camilo da Silva. Penyerang bertubuh mungil, 170 cm itu saat ini masih bermain untuk Mazatlan FC di Liga Meksiko.

"Kami sudah lama ingin membawa Camilo da Silva ke JDT karena gaya permainannya yang sesuai dengan pola permainan Johor Darul Ta'zim."

"Namun, waktu itu, bujetnya masih kurang. Saya harus menunggu dua tahun sebelum semuanya beres dan kontraknya habis. Dia akan bergabung dengan JDT untuk musim depan," jelas pria yang karib dipanggil TMJ tersebut.

Mengawali karier sejak 2009, Camilo da Silva telah tampil dalam 316 pertandingan bersama tujuh klub berbeda. Catatan Transfermarkt, pemain berusia 32 tahun itu berhasil menjaringkan 151 gol dan 43 assists dari jumlah laga tersebut.

3 dari 3 halaman

Selamat Tinggal Luciano Figueroa

Setelah enam tahun menjadi bagian tak terpisahkan dari Johor Darul Ta'zim, Luciano Figueora akhirnya mengucapkan selamat tinggal.

Luciano Figueora menjadi penyerang produktif Johor Darul Ta'zim pada periode 2014-2018. Mantan bomber Timnas Argentina itu menjaringkan 43 gol dan 14 assists dalam rentang waktu tersebut.

Dua musim terakhir, Luciano Figueora menjabat sebagai manajer Johor Darul Ta'zim. Pria berusia 39 tahun itu terpaksa meninggalkan Harimau Selatan agar dapat lebih dekat dengan keluarganya di Argentina.

"Saya pergi dengan penuh kenangan manis dan saya amat terharu dengan penamaan sebuah tribune di Sultan Ibrahim Stadium," kata Luciano Figueora dinukil dari Utusan.

"Ini menjadi sebuah pelajaran yang indah. Memenangi banyak piala dan menjalin hubungan baru dengan rekan-rekan yang saya panggil keluarga," imbuhnya.

Video Populer

Foto Populer