Sukses


5 Pesepak Bola yang Pernah Membela Ajax Amsterdam dan Liverpool

Bola.com, Jakarta - Liverpool akan menghadapi Ajax Amsterdam pada laga perdana Grup D Liga Champions di Johan Cruyff Arena, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB. Melakoni pertandingan ini, The Reds dalam kondisi pincang.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, sedang pusing. Saat ini, skuad Si Merah kehilangan bek tengah andalannya Virgil van Dijk yang dihantam cedera ACL.

Selain itu, Liverpool juga belum bisa memainkan kiper utama Alisson yang masih dalam pemulihan cedera. Sementara itu, Thiago Alcantara juga diragukan bakal main.

Liverpool jauh dari kata ideal untuk lawatan ke markas Ajax Amsterdam ini. Meski begitu, mereka masih punya Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane di lini depan.

Ajax juga bukan lawan yang bisa diremehkan. Pada akhir pekan lalu, Ajax menggasak Heerenveen dengan 5-1 berkat penampilan yang gemilang dari Dusan Tadic dan Mohammed Kudus.

Ajax dan Liverpool sebenarnya punya sejarah yang panjang dalam perpindahan pemain. Berikut ini adalah lima pemain yang pernah membela Ajax dan Liverpool dalam sepanjang kariernya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Jan Molby

Molby bermain untuk Ajax Amsterdam selama dua tahun antara 1992 sampai 1994. Sang gelandang berhasil membantu Ajax meraih juara Eredivisie dan KNVB Cup.

Pria asal Denmark itu kemudian pindah ke Liverpool pada 1984. Molby menghabiskan 10 musim di Anfield dan meraih kesuksesan di sana.

Molby menjadi bagian dari Liverpool yang memenangkan tiga gelar First Division, dua Piala FA, dan tiga FA Charity Shield. Setelah dari Liverpool, Molby melanjutkan kariernya di Barnsley, Norwich City, dan Swansea City.

3 dari 6 halaman

Jari Litmanen

Litmanen resmi berseragam Ajax pada 1992. Dia kemudian menjadi andalan Louis van Gaal di Ajax setelah kepergian Dennis Bergkamp.

Litmanen kemudian pindah ke Barcelona pada 1999. Sayangnya, karier Litmanen di Camp Nou tidak begitu sukses karena sering diganggu cedera.

Pria asal Finlandia itu kemudian pindah ke Liverpool pada 2001 dengan status bebas transfer. Namun, Litmanen hanya bertahan satu musim di Liverpool sebelum kembali ke Ajax.

 

4 dari 6 halaman

Ryan Babel

Liverpool menebus Babel dari Ajax Amsterdam pada 2007 dengan kontrak lima tahun. Pemain asal Belanda itu ditebus dengan nilai transfer 11,5 juta poundsterling.

Namun, Ryan Babel tak pernah benar-benar membuat dampak bagi The Reds. Babel akhirnya dijual ke Hoffenheim setelah tampil dalam 146 pertandingan.

Setelah semusim bermain di Jerman, Babel kemudian kembali ke Ajax pada 2012. Namun, dia lagi-lagi meninggalkan Ajax pada musim berikutnya.

 

5 dari 6 halaman

Christian Poulsen

Sang pemain pindah ke Liverpool dengan nilai transfer 5,4 juta euro pada 2010. Namun, karier pria asal Denmark itu tak cemerlang di Anfield.

Poulsen hanya bertahan satu musim di Liverpool. Dia tercatat 21 kali dimainkan dan tidak mencetak gol maupun assist di sana.

Setelah bermain untuk klub Prancis Evian, Poulsen bergabung dengan Ajax pada 2012. Dia mencatakan 80 penampilan selama dua musim sebelum mengakhiri kariernya di Copenhagen.

6 dari 6 halaman

Luis Suarez

Luis Suarez menunjukkan performa yang mengesankan ketika memperkuat Ajax Amsterdam. Dia mampu mencetak 111 gol dari 159 penampilan.

Hal itulah yang membuat Liverpool memboyong Suarez pada Januari 2011. Striker asal Uruguay itu pindah ke Anfield dengan nilai transfer 26,5 juta euro.

Suarez mampu memberikan dampak yang sangat besar di Liverpool. Mantan pemain Groningen itu mencetak 82 gol dari 133 penampilan sebelum hengkang ke Barcelona pada musim panas 2014.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Aga Deta/Published: 21/10/2020)

Video Populer

Foto Populer