Sukses


MOTION GRAFIS: Cerita Legenda Musik, Bob Marley yang Suka Tottenham Hotspur dan Santos

Bola.com, Jakarta Robert Nesta Marley, atau yang biasa dikenal dengan nama Bob Marley merupakan salah satu legenda musik yang menggemari dunia sepak bola. Bahkan ia mengungkapkan jika ia menyukai Santos dan Tottenham Hotspur.

Menurut Bob Marley, sepak bola merupakan cinta kedua setelah musik. Sepak bola merupakan sebuah keterampilan dan ia sering memainkannya dimanapun ia berada.

“Saya menyukai musik sebelum saya menyukai sepak bola. Jika saya suka sepak bola terlebih dulu mungkin itu bisa berbahaya. Bermain sepak bola dan menyanyi itu berbahaya, karena sepak bola menjadi sangat keras. Saya bernyanyi tentang kedamaina, cinta dan semua hal itu.” Ungkap Bob Marley dalam salah satu wawancaranya ditahun 1980.

Bob Marley juga merupakan pengagum sepak bola Brasil, ia penyuka tim sepak bola Santos dan mengidolakan legenda Brasil, Pele.

Namun, menariknya ia juga menyukai tim asal Inggris, Tottenham Hotspur. Salah satu yang membuatnya tertarik kepada Tottenham Hotspur ialah Osvaldo Ardiles yang merupakan salah satu pemain asal Argentina yang bermain untuk Tottenham ditahun 1978-1988.

Sepak bola merupakan sebuah kebebasan dalam berekspresi, sama seperti musik yang dimainkan oleh Bob Marley. Bahkan beberapa musiknya juga dipengaruhi oleh zeitgeist politik masyarakat Jamaica yang penuh dengan beban.

"Sepak bola merupakan sebuah keterampilan. Sepak bola adalah sebuah kebebasan." ujar Bob Marley dalam film dokumenter yang berjudul Rhythm of the Game.

Sepak bola merupakan cara Bob Marley melepaskan pikirannya. Penggemar Santos dan Tottenham Hotspur itu juga sering memainkan bola sebelum dirinya naik keatas panggung untuk kemudian tampil menebar cinta dan kebebasan lewat musik yang dimainkannya.

Video Populer

Foto Populer