Sukses


5 Bek Tersubur Sepanjang Masa, Catatan Gol Ronald Koeman Enggak Masuk Akal

Bola.com, Jakarta - Sergio Ramos boleh berbangga hati setelah mencetak 100 gol buat Real Madrid. Tapi jumlah golnya masih kalah dari Ronald Koeman saat masih membela Barcelona, di mana ia dicap sebagai bek paling subur sepanjang masa.

Sergio Ramos membantu Madrid mengalahkan Inter Milan dengan skor 3-2 pada laga ketiga Grup B Liga Champions. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Alfredo Di Stefano, Rabu (4/11/2020) dini hari WIB.

Ramos mencetak gol kedua timnya pada menit ke-33. Ia menjebol gawang Nerazzurri lewat sundulan yang memanfaatkan umpan sepak pojok Toni Kroos.

Bagi Ramos, gol tersebut menjadi yang ke-100 untuk Madrid. Ia menorehkan pencapaian tersebut dalam 659 laga kompetitif sejak dibeli dari Sevilla pada musim 2005/2006.

Ramos Kini telah mencetak 121 gol dalam sepanjang kariernya bersama Sevilla, Real Madrid, maupun Timnas Spanyol. Hal itu menjadikannya sebagai pemain belakang yang paling produktif keenam sepanjang masa.

Namun, jumlah tersebut masih kalah jauh dibandingkan dengan torehan gol Ronald Koeman saat masih berseragam Barcelona. Berikut ini deretan bek paling subur sepanjang masa.

 

Video

2 dari 6 halaman

Graham Alexander (130 gol)

Graham Alexander adalah seorang pemain belakang yang berasal dari Skotlandia. Ia menghabiskan sebagian besar kariernya di Football League.

Meski begitu, Alexander juga pernah bermain di Premier League. Ia bermain di kasta tertinggi sepak bola Inggris itu pada musim 2009/2010 bersama Burnley.

Pada musim itu, Alexander berhasil mencetak tujuh gol di liga. Total jumlah gol yang dicetak sang pemain adalah 130 gol.

 

3 dari 6 halaman

Laurent Blanc (153 gol)

Laurent Blanc berasal dari Prancis. Bek tengah kelahiran 19 November 1965 itu pernah memperkuat sejumlah klub papan atas Eropa seperti Barcelona, Inter Milan dan Manchester United.

Dalam sepanjang kariernya di level klub, Blanc berhasil menenangkan banyak gelar seperti Premier League, Copa del Rey, Supercopa de Espana, Piala Winners dan juga Coupe de France. Selain itu, ia juga pernah mengangkat Piala Dunia bersama Timnas Prancis.

Sebagai pemain belakang, Blanc juga pandai membobol gawang lawan. Blanc telah mencetak 153 gol sepanjang kariernya.

 

4 dari 6 halaman

Fernando Hierro (163 gol)

Fernando Hierro adalah mantan kapten Real Madrid. Ia juga dikenal sebagai bek tengah Los Blancos yang cukup produktif sebelum Sergio Ramos.

Hierro memperkuat Real Madrid selama 14 musim. Selama lebih dari satu dekade, Hierro berhasil mencetak 124 gol dari 587 penampilan.

Dalam sepanjang kariernya Hierro yang mencetak 134 gol di level klub. Ia juga mencetak 29 gol untuk Timnas Spanyol dalam 89 pertandingan.

 

5 dari 6 halaman

Daniel Passarella (175 gol)

Daniel Passarella adalah pemain kelahiran Argentina. Ia dikenal sebagai salah satu pemain belakang terbaik yang pernah dilahirkan tim Tango.

Passarella mempunyai karier yang sukses bersama Argentina. Ia pernah merasakan dua kali gelar juara Piala Dunia, yakni 1978-1986.

Kendati berposisi sebagai pemain belakang, namun Passarella juga ganas di dalam kotak penalti lawan. Ia telah mencetak 175 gol dalam sepanjang kariernya.

 

6 dari 6 halaman

Ronald Koeman (253 gol)

Semasa bermain, Ronald Koeman dikenal sebagai bek yang sangat produktif. Pelatih Barcelona itu punya kemampuan dalam mencetak gol melalui tendangan bebas.

Salah satu gol Koeman yang terkenal tercipta pada final Liga Champions 1992 ketika memperkuat Barcelona. Ia mencetak gol kemenangan ke gawang Sampdoria sehingga menjadi gelar pertama Barca dalam kompetisi tersebut.

Koeman pernah bermain untuk sejumlan klub seperti Gronigen, Ajax, PSV, Barcelona dan Feyenoord. Pria asal Belanda itu punya catatan 253 dalam sepanjang kariernya.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 5/11/2020)

Video Populer

Foto Populer