Sukses


Menghitung Untung Rugi Juventus jika Melepas Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Masa depan Cristiano Ronaldo di Juventus menjadi pemberitaan besar media-media Italia pekan ini. Juventus dikabarkan bakal melepas sang bintang. PSG menjadi klub yang berminat menampungnya.

Surat kabar Corriere dello Sport, dikutip dari Football Italia, Jumat (13/11/2020), menggali lebih dalam untuk melihat apakah CR7 benar-benar memberikan dampak finansial, di tengah laporan ketertarikan dari PSG dan Manchester United.

Biaya transfer Ronaldo pada 2018, termasuk berbagai tambahan, adalah 115,5 juta euro. Berarti, bahwa untuk menghindari kerugian, Juventus harus menjualnya seharga 43,4 juta euro pada Januari 2021 atau 29 juta euro pada Juni.

Ronaldo juga mendapatkan gaji bersih 31 juta ueuro per tahun. Itu berarti, biaya kotor Juventus 64 juta euro. Diperhitungkan, dengan melepas Ronaldo, total gaji di Juventus akan turun 25 persen.

Laporan yang sama menyatakan, Juventus butuh 93 juta euro per tahun jika mempertahankan sang bintang.

Ketika Cristiano Ronaldo pindah ke Italia, Juventus membuat perhitungan dampak positif terhadap pemasukan klub.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Sejauh Mana Pengaruhnya?

Setelah mendatangkan Cristiano Ronaldo, pendapatan Juventus dari penjualan merchandise naik 16 juta euro pada tahun pertama. Tetapi, penjualan jersey Ronaldo tidak mendekati angka seperti di Real Madrid.

Dari tiket, Juventus mendapat kenaikan kenaikan penjualan 17 persen (30 juta euro) pada tahun pertama. Sementara dari sponsor, Ronaldo membuat Juventus meraih angka dua kali lipat lebih dari Adidas dan Jeep. Kenaikannya ialah dari 23 juta euro menjadi 51 juta euro.

Juventus juga mendapat keuntungan dari CR7 yakni meningkatkan jangkauan media sosial, yang naik 20 persen dalam dua tahun.

Jadi, meski penjualannya akan memangkas biaya secara signifikan di Turin, ada risiko kehilangan uang muka dan pendapatan.

Sumber: Football Italia

Video Populer

Foto Populer