MOTION GRAFIS: Ternyata Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Pesepak Bola dengan Kegagalan Penalti Terbanyak Abad Ini

Oleh Dody Iryawan pada 13 Nov 2020, 08:50 WIB
Diperbarui 13 Nov 2020, 08:50 WIB

Bola.com, Jakarta - Banyak orang bilang gol penalti itu mudah. Seorang pemain tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper dengan jarak tembakan yang terhitung pendek. Tapi benarkah seperti itu? Lalu apa yang dirasakan penyerang kawakan seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi?

Coba jelaskan kenapa Roberto Baggio bisa gagal mengesekusi penalti di final Piala Dunia 1994, saat Italia bersua Brasil. Baggio adalah maestro lini tengah, ia dianugerahi talenta luar biasa dalam mengeksekusi bola mati.

Atau bisa tahu alasan kenapa bintang-bintang Timnas Inggris berulangkali terkapar dalam drama adu penalti di pentas Piala Dunia atau Piala Eropa?

Eksekusi penalti tak semudah yang dibayangkan. Ketabahan mental dan kecerdasan diperlukan dan tidak banyak pemain yang mampu melakukannya secara konsisten.

Eksekusi penalti sebagian besar diambil oleh para penyerang, yang dinilai punya naluri menjebol gawang lawan paling tinggi. Walau dalam beberapa situasi, peran ini dijalankan seorang bek.

Tengok bagaimana hebatnya Sergio Ramos menjadi eksekutor penalti bagi Real Madrid. Ia menunjukkan bahwa menendang penalti bukan selalu jadi urusan penyerang. Seni mencetak penalti adalah seni yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan mental. Berikut ini 10 pemain jagoan eksekusi penalti terbanyak di abad ke-21.

Pemain sekelas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tidak serta merta selalu sukses dalam eksekusi tendangan penalti. Bahkan keduanya merupakan pemain dengan kegagalan tendangan terbanyak. Berapa catatan mereka?