VIDEO: Selebrasi Warga di Jalan Setelah Makedonia Utara ke Piala Eropa

Oleh Okie Prabhowo pada 13 Nov 2020, 11:13 WIB
Diperbarui 13 Nov 2020, 11:13 WIB

Bola.com, Skopje - Makedonia Utara memastikan diri lolos ke Piala Eropa 2020 yang diundur ke 2021. Pasukan Igor Angelovski berpartisipasi dalam kompetisi sepak bola antar negara Eropa tersebut setelah meraih kemenangan 1-0 atas Georgia.

Makedonia Utara menang pada fase playoff Kualifikasi Piala Eropa. Mereka menang berkat gol tunggal yang dicetak Goran Pandev pada menit ke-56. Striker 37 tahun tersebut menjadi pemain dengan penampilan dan gol terbanyak untuk tim nasionalnya, seperti dilansir Sky Sports.

Pandev, dkk. ke turnamen besar pertamanya setelah 27 tahun tim nasional negara tersebut terbentuk. Makedonia Utara merupakan negara pecahan dari Yugoslavia yang baru merdeka pada 1991.

Di Piala Eropa, Makedonia Utara tergabung di Grup C bersama dengan Austria, Belanda, dan Ukraina. Laga pertama mereka di turnamen tersebut yaitu menghadapi Austria pada 13 Juni 2021.

Setelah keberhasilan Timnas Makedonia Utara lolos ke Piala Eropa, warga di ibukota Skopje merayakannya di jalan. Mereka bersorak-sorai di jalan, di mana terlihat hanya beberapa yang memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan.

Perayaan warga untuk tim nasionalnya akan berlanjut setelah mereka berpulang dari Georgia. Oleh karena itu, menteri kesehatan Makedonia Utara, Venko Filipce, tetap mengingatkan pentingnya melakukan protokol kesehatan.

"Luar biasa para pemain Makedonia. Selamat kalian mencatatkan sejarah! Hari yang luar biasa untuk melakukan selebrasi, tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan. Ini hanyalah awal dari kegembiraan bagi Tim Nasional Makedonia Utara," tulis Filipce di media sosial Facebook, seperti dilansir dari AP.

Seperti apa selebrasi rakyat Makedonia Utara merayakan tim nasional lolos ke Piala Eropa? Kalian bisa menyaksikannya dalam tayangan singkat di atas.