Momen Manis dan Pahit Sergio Ramos: Ukir Rekor Baru, tapi Gagal 2 Penalti

Oleh Yus Mei Sawitri pada 15 Nov 2020, 19:00 WIB
Diperbarui 15 Nov 2020, 19:00 WIB
Kartu Merah dan 2 kali Gagal Penalti Warnai Keberhasilan Swiss Menahan Imbang Spanyol
Bek Spanyol, Sergio Ramos, melepaskan tendangan penalti saat melawan Swiss pada laga UEFA Nations League di Stadion St. Jakob-Park, Minggu (15/11/2020). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Alessandro della Valle/Keystone via AP)

Bola.com, Jakarta - Momen pahit manis dirasakan kapten Timnas Spanyol, Sergio Ramos, saat menjalani laga UEFA Nations 2020 yang berakhir 1-1 melawan Swiss, Minggu (15/11/2020) dini hari WIB. 

Laga tersebut monorehkan rekor istimewa bagi Sergio Ramos. Ia membukukan pertandingan ke-177 bersama Timnas Spanyol. 

Caps yang dicatatkan Ramos itu sangat istimewa. Pemain Real Madrid itu resmi mengambil alih posisi sebagai pemain asal Eropa yang paling banyak memperkuat tim nasional. Rekor itu sudah resmi dikonformasi oleh UEFA. 

Seperti dilansir Football Espana, Ramos menggantikan Gianluigi Buffon (Italia) yang sebelumnya rekor prestisius tersebut. 

Sayangnya, momen istimewa itu gagal dihiasi dengan penampilan yang gemilang dari Ramos. Alih-alih, ia malah harus melihat rekor kesuksesan eksekusi penaltinya berakhir. 

Ramos dua kali gagal menjebol gawang Swiss melalui titik putih, tepatnya pada menit ke-57 dan 80. Kiper Swiss, Yann Sommer, benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Ramos pada laga itu. 

Ini kali pertama Sergio Ramos gagal memanfaatkan eksekusi penaltinya dalam 25 kesempatan untuk klub dan negara. Bagi Ramos, ini kali pertama penaltinya gagal untuk Timnas Spanyol sejak 2016. 

2 dari 3 halaman

Dukungan dari Luis Enrique

Kartu Merah dan 2 kali Gagal Penalti Warnai Keberhasilan Swiss Menahan Imbang Spanyol
Bek Spanyol, Sergio Ramos, duel udara dengan pemain Swiss, Manuel Akanji, pada laga UEFA Nations League di Stadion St. Jakob-Park, Minggu (15/11/2020). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Georgios Kefalas/Keystone via AP)

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, mengaku tak mempermasalahkan kegagalan Ramos dalam mengeksekusi penalti. Enrique menegaskan masih akan tetap memercayakan status algojo penalti kepada bek Real Madrid tersebut.

"Jika ada penalti ketiga, Sergio Ramos akan mengambilnya. Dia mengambil semua penalti kami," ujar eks pelatih Barcelona itu.

"Yang saya suka tentang pertandingan ini adalah para pemain melakukan persis seperti yang saya minta kepada mereka, ketika kami menjalani latihan. Ide kami jelas, menekan lawan dan menguasai bola lebih dari yang mereka lakukan," lanjutnya.

"Angka jumlah gol penalti Sergio Ramos berbicara sendiri, dia di antara 'yang terpilih'. Jika ada penalti ketiga untuk kami, dia akan mengambilnya," tutur Luis Enrique.

Hasil imbang kontra Swiss membuat Timnas Spanyol kini berada di peringkat kedua Grup 4 Liga A UEFA Nations League dengan nilai delapan. Mereka terpaut satu angka dari Jerman yang naik ke posisi teratas.  

Sumber: Football Espana

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓