Penghargaan Golden Boy dan 12 Raihan Impresif Erling Haaland Lainnya pada Tahun Ini

Oleh Yus Mei Sawitri pada 22 Nov 2020, 11:15 WIB
Diperbarui 22 Nov 2020, 11:15 WIB
Top Scorer Sementara Liga Champions 2019/20, Robert Lewandowski Puncaki Posisi Atas
2. Erling Braut Haaland (Borussia Dortmund) - Meski Dortmund telah gugur, Haaland telah menyumbangkan 10 gol di komeptisi Liga Champions 2019/2020. (AFP/Ina Fassbender)

Bola.com, Jakarta - Bintang Borussia Dortmund, Erling Haaland, baru saja merebut penghargaan Golden Boy 2020, Sabtu (21/11/2020), dengan memenangi persaingan atas rekan setimnya, Jadon Sancho, serta pemain lain seperti Ansu Fati (Barcelona) dan Mason Greenwood (Manchester United). 

Penghargaan Golden Boy diinisiasi oleh surat kabar Italia Tuttosport dan diberikan kepada pemain muda terbaik di bawah usia 21 tahun di seluruh liga Eropa. Saat ini, pemenangnya ditentukan oleh proses pemungutan suara yang intens dan panel ahli global. Pemain-pemain seperti Kylian Mbappe, Lionel Messi, hingga Wayne Rooney juga pernah memenangi perhargaan ini. 

Pencapaian Erling Haaland sepanjang musim lalu dan musim ini memang istimewa. Haaland mencetak 44 gol di semua kompetisi pada musim 2019/2020, untuk RB Salzburg dan Dortmund. 

Pemain asal Norwegia itu mengukir hattrick pada laga debutnya di Dortmund. Haaland total mengemas 16 gol di semua kompetisi hingga akhir musim lalu bersama Dortmund. 

Dia juga telah membukukan 11 gol dalam 11 penampilan di semua kompetisi musim ini, termasuk enam gol di Bundesliga. Dia juga menyumbangkan empat gol dalam tiga pertandingan Liga Champions.

Ketika banyak pesepak bola frustrasi dengan kondisi sepanjang 2020, terutama karena pandemi Covid-19, bagi Erling Haaland ini adalah tahun fenomenal. 

Memenangi Goldey Boy memang tidak menggaransi karier pemain ke depan bakal bersinar. Anderson dan Renato Sanchez adalah contohnya. Tapi, faktanya tidak sedikit pemain yang menjelma jadi superstar setelah memenangi penghargaan Golden Boy 2020. 

Selain merebut gelar Golden Boy 2020, Erling Haaland juga membukukan pencapaian luar biasa tahun. Berikut di antaranya. 

 

2 dari 4 halaman

Pencapaian Haaland pada 2020

Bek Bayern Munchen, Alphonso Davies.
Bek Bayern Munchen, Alphonso Davies, mengawal ketat penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland, pada laga pekan ke-28 Bundesliga di Signal Iduna Park, Rabu (27/5/2020). (AFP/Federico Gambarini/POOL)

1. Setelah tampil mengesankan di RB Slazburg, Erling Haaland dipinang Borussia Dortmund dan resmi gabung pada Januari 2020. 

2. Haaland mencetak 27 gol dalam 29 pertandingan pertamanya di Bundesliga. 

3. Musim lalu, Haaland mencetak gol setiap 81,7 menit. Hanya Robert Lewandowski yang punya rekor lebih baik di Bundesliga (untuk pemain dengan 10 gol atau lebih). 

4. Menjadi remaja pertama yang mencetak gol untuk dua klub di musim kompetisi Liga Champions yang sama. 

5. Tak ada pemain lain yang mencapai 10 gol di Liga Champions secepat Haaland. 

6. Menempati peringkat keempat pencetak gol terbanyak 2020 di lima liga top Eropa (di belakang Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski, dan Ciro Immobile). Dia membukukan lebih banyak gol ketimbang Lionel Messi, Mo Salah, dan Zlatan Ibrahimovic pada periode tersebut.

 

 

3 dari 4 halaman

Raihan Lain Haaland

Erling Haaland - Borussia Dortmund
Striker Borussia Dortmund Erling Haaland berselebrasi usai mencetak gol ke gawang RB Leipzig pada pekan ke-33 Bundesliga di Red Bull Arena, Sabtu (20/6/2020).(AP Photo/Jens Meyer, Pool)

7. Mencetak gol internasional pertamanya bersama Timnas Norwegia.  

8. Mencetak hattrick kedelapan sepanjang kariernya, saat Norwegia mengalahkan Rumania. 

9. Mencetak gol pertama di liga utama Eropa seteleh kompetisi sepak bola kembali bergulir pasca lockdown. 

10. Memenangi penghargaan Bundesliga Player of the Month untuk kali pertam, plus dua kali penghargaan Bundesliga Rookie of the Month. 

11. Haaland didaulat masuk European Sports Media Team of the Year untuk musim 2019/2020

12. Menerima medali atas perannya membantu RB Salzburg memenangi gelar liga 2019/2020 

Sumber: Give Me Sport 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓
CERITA BOLA Binder Singh Soal Jersey Real Madrid dan Luis Milla