Superstar: Erling Haaland, Sang Golden Boy yang Makin Berkilau

Oleh Rizki Hidayat pada 22 Nov 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 22 Nov 2020, 20:00 WIB
Erling Haaland - Borussia Dortmund
Striker Borussia Dortmund Erling Haaland berselebrasi usai mencetak gol ke gawang RB Leipzig pada pekan ke-33 Bundesliga di Red Bull Arena, Sabtu (20/6/2020).(AP Photo/Jens Meyer, Pool)

Bola.com, Jakarta - Karier striker Borussia Dortmund, Erling Haaland, semakin berkilau. Pasca-merengkuh penghargaan Golden Boy 2020, Haaland mengukir quatrick ketiga Dortmund bersua Hertha Berlin pada laga pekan kedelapan Bundesliga.

Pemain Timnas Norwegia tersebut merupakan satu di antara pesepak bola muda yang tengah mencuri perhatian. Berhasil mendulang 29 gol dari 27 pertandingan bersama RB Salzburg membuat Erling Haaland diincar sejumlah elite Eropa.

Sempat dikaitkan dengan Real Madrid, Paris Saint-Germain, dan Manchester United, penyerang berusia 20 tahun tersebut akhirnya memutuskan untuk menerima pinangan dari Borussia Dortmund. Dia ditebus Dortmund dari Salzburg dengan banderol 20 juta euro (Rp 17 miliar) pada Januari 2020,

Bersama Borussia Dortmund, ketajaman Erling Haaland semakin terasah. Pada paruh musim lalu, dia berhasil mendulang 16 gol dari 18 pertandingan di seluruh ajang.

Memasuki musim ini, Haaland terus memperlihatkan penampilan terbaiknya. Pemain bernama lengkap Erling Braut Haaland itu telah mendulang 15 gol dari 12 pertandingan di seluruh ajang.

Teranyar, Erling Haaland mencetak empat gol ketika Borussia Dortmund bersua Hertha Berlin di Olympiastadion, Minggu (22/11/2020) dini hari WIB. Gol Haaland tercipta pada menit ke-47, 49', 62', dan 79'.

Berkat kontribusi Erling Haaland, Borussia Dortmund menyudahi laga dengan kemenangan 5-2. Hasil itu pun membuat Die Borussen menempati peringkat kedua Bundesliga dengan nilai 18, tertinggal satu angka dari Bayern Munchen yang berada di posisi teratas.

"Erling Haaland mencetak empat gol. Itu sudah cukup untuk hari ini. Itu fantastis," puji pelatih Borussia Dortmund," puji pelatih Borussia Dortmund, Lucien Favre.

 

2 dari 3 halaman

Raih Trofi Golden Boy

FOTO: Top Skor Sementara Liga Champions, 4 Pemain di Posisi Teratas, Masing-masing 4 Gol
Striker Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland, tampak kecewa dalam laga lanjutan fase grup Liga Champions 2020/2021 melawan Zenit Saint Petersburg di Stadion BVB, Dortmund, Kamis (29/10/2020) dini hari WIB. Borussia Dortmund menang 2-0 atas Zenit Saint Petersburg. (AFP/Ina Fassbender).

Penampilan gemilang Haaland dalam dua musim terakhir berbuah manis. Dia meraih trofi Golden Boy Award 2020.

Erling Haaland mampu mengungguli sejumlah pesepak bola muda beken lainnya, mulai dari Ansu Fati (Barcelona) dan Alphonso Davies (Bayern Munchen) yang berada di peringkat kedua dan ketiga.

Selain untuk Erling Haaland, penghargaan tersebut juga terasa spesial untuk Borussia Dortmund. Pasalnya, Haaland adalah pemain Dortmund pertama yang meraih trofi Golden Boy Award.

Terakhir kali pemain Die Borussen yang mendapatkan penghargaan pemain muda terbaik Eropa adalah Mario Gotze pada 2011.

"Bangun pada hari ini untuk kejutan yang menyenangkan (trofi Golden Boy 2020) dan mengakhiri hari dengan empat gol dan kemenangan yang bagus," tulis Haaland di akun Twitter resminya.

Sumber: Berbagai Sumber

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
CERITA BOLA Binder Singh Soal Jersey Real Madrid dan Luis Milla