Sukses


MOTION GRAFIS: 6 Kiper Terbaik Era 90an, Manchester United Sumbang Dua Nama

Bola.com, Jakarta SportBites kali ini akan membahas deretan kiper terbaik di era 90-an. Dua kiper Manchester United masuk kedalam jajaran kiper terbaik musim tersebut.

Posisi kiper terkadang kurang mendapat sorotan dalam pertandingan sepak bola. Padahal, sejatinya penjaga gawang memiliki peran vital yang tak kalah krusial dibanding para bek, gelandang, atau penyerang.

Memiliki penjaga gawang yang tangguh bisa menghadirkan rasa aman di dalam tim. Imbasnya, tim juga akan lebih percaya diri dalam menyerang, karena merasa lini belakang sudah terlindungi.  

Di lapangan semua pemain punya peran yang sama penting. Bagaimana pun, sepak bola adalah permainan tim. Jika salah satu bermain buruk, maka yang lain juga kena imbasnya. Begitu juga dengan kiper. 

Setiap generasi memiliki pemain hebat masing-masing, termasuk pada era 1990-an. Pada periode itu muncul striker, gelandang, bek, hingga kiper-kiper berkemampuan luar biasa. 

Pada era 1990-an banyak kiper hebat bermunculan. Ada yang akhirnya menjadi legenda, tapi ada juga kiper yang melakoni karier yang biasa-biasa saja. 

Nama Peter Schmeichel dan Edwin van der Sar memang begitu penting bagi klub Manchester United.

Keduanya memiliki peran penting dibawah mistar gawang pada masanya. Peter Schmeichel bukan hanya benteng tangguh di bawah mistar MU pada periode paling sukses klub tersebut. Tapi, dia merupakan ksatria dan juga inspirasi di Manchester United. 

Schmeichel menjadi kiper utama saat Manchester United meraih treble winners pada 1999. 

Sedangkan Edwin van der Sar sudah layak masuk daftar kiper tangguh era 1990-an berkat penampilan apiknya di Ajax Amsterdam.

Selain dua nama kiper dari Manchester United, berikut 6 nama kiper tangguh di era 90-an, selengkapnya di SportBites.

Video Populer

Foto Populer