Sukses


Diego Maradona Meninggal Dunia, Ini Dia Deretan Momen Terbaik Sang Legenda Sepak Bola Argentina

Bola.com, Jakarta - Kabar duka menyelimuti dunia sepak bola. Diego Maradona dmeninggal dunia pada Rabu (25/11/2020) malam WIB. Dia meninggal dunia pada usia 60 tahun disebabkan karena serangan jantung. 

Ini merupakan duka mendalam bagi sejarah sepak bola dunia khususnya Argentina. Diego Maradona memang merupakan legenda sekaligus pesepak bola terbaik yang dimiliki Argentina. Ia sendiri tercatat telah banyak memainkan pertandingan fenomenal baik untuk Timnas maupun klub.

Yang paling ikonik dan tak terlupakan adalah gol ‘Tangan Tuhan’ yang ia ciptakan pada pertandingan Piala Dunia tahun 1986. Momen tersebut menjadi hal yang membekas dan selalu menjadi pembahasan di kalangan pecinta sepak bola.

Tidak hanya itu, ia pun sempat menukangi Timnas Argentina setelah dirinya pensiun menjadi pemain sepak bola pada tahun pada tahun 2008 sampai 2010 dan berhasil membawa Argentina sampai ke babak perempat final Piala Dunia Afrika Selatan. 

Selain itu banyak momen terbaik yang dimiliki oleh legenda sepak bola yang memiliki banyak hal kontroversial dalam hidupnya ini. Berikut adalah ulasan momen terbaik Diego Maradona sepanjang kariernya dalam dunia sepak bola.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 4 halaman

Perjalanan Karier

Diego Maradona pertama kali memulai debutnya dalam dunia sepak bola internasional, setelah dipilih sebagai salah satu pemain untuk mengisi skuad Timnas Argentina pada piala dunia tahun 1982. Pada babak penyisihan Argentina yang berstatus juara bertahan secara mengejutkan kalah 0-1 oleh Belgia.

Walaupun begitu Argentina berhasil melaju ke babak kedua turnamen setelah mengalahkan Hungaria 4-1. Maradona tampil dalam semua pertandingan di Piala Dunia dan mencetak 2 gol. Semuanya dibuat dalam pertandingan melawan Hongaria.

Sebelumnya, ia sudah berpartisipasi dalam Piala Dunia U-20 di jepang pada tahun 1977. Yang menarik, Argentina sempat bertemu dengan Indonesia pada babak penyisihan. Argentina berhasil unggul 5-0 atas Indonesia dengan Maradona menyumbang 2 gol dalam laga ini.

Setelah Piala Dunia 1982, Maradona direkrut Barcelona dengan harga 5 juta poundsterling, yang merupakan rekor dunia pada saat itu. Maradona lalu ditransfer ke SSC Napoli pada tahun 1984 dan mencapai puncak kariernya dalam sepak bola di mana ia membawa tim tersebut menjadi juara Serie A untuk pertama kalinya dalam sejarah Napoli (1986/87 dan kemudian 1989/1990).

3 dari 4 halaman

Gol Legendaris 'Tangan Tuhan'

Salah satu momen terbaik dan tak terlupakan dalam karir Maradona di dunia sepak bola adalah pada saat Piala Dunia Meksiko tahun 1986. Saat berhadapan dengan Inggris perempat final, Maradona menciptakan gol ikonik ‘Gol Tangan Tuhan’.

Saat itu Maradona tengah memanfaatkan kesalahan dari pemain belakang Inggris, karena membuang bola mengarah ke kotak penalti gawang Peter Shilton. Shilton dan Maradona pun akhirnya berduel di udara yang mana kiper Inggris ini lebih diunggulkan untuk menyelamatkan bola.

Namun, kecerdikan dari Maradona memang sangat hebat. Ia menggunakan tangan kirinya untuk ‘menyundul’ bola dan alhasil hal tersebut berhasil membuat gol dan membuat unggul Argentina 1-0 atas Inggris.

Wasit asal Tunisia, Ali Bin Naser, kemudian mengesahkan gol  kontroversial tersebut. Sontak hal ini membuat para pemain Inggris geram dan protes dengan keputusan wasit tersebut. Namun, Ali Bin Naser tetap kukuh dengan keputusannya tersebut.

4 dari 4 halaman

Berhasil Membawa Argentina Juara Piala Dunia 1986

Meski sempat menuai kontroversial dari golnya ini, Maradona berhasil membawa Argentina juara Piala Dunia Meksiko tahun 1986. Pada partai finalnya Argentina bertemu dengan Jerman Barat untuk memperebutkan gelar juara dunia.

Pertandingan tersebut dilangsungkan di Estadio Azteca di Mexico City pada 29 Juni 1986 dan ditonton 114.600 penonton. Argentina berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-2 atas Jerman Barat.

Diego Maradona pun didapuk menjadi pemain terbaik pada Piala Dunia tersebut, karena berhasil membawa Argentina juara dunia. Ia berhasil mencetak gol krusial pada menit 84 setelah dihadang oleh pemain belakang Jerman Barat dan menjadikan Tim Tango unggul di menit akhir.

Nah, itulah beberapa momen terbaik yang dimiliki sang legenda sepak bola Argentina ini. Buat kalian yang mau lihat video Diego Maradona bisa saksikan di platform streaming Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio sekarang juga untuk menikmati tayangan seru lainnya!

Video Populer

Foto Populer