Sukses


BERITA INFOGRAFIS: Legenda Sepak Bola Dunia Asal Argentina, Diego Maradona

Bola.com, Jakarta Legenda sepak bola dunia asal Argentina, Diego Maradona, menutup usia pada Rabu (25/11/2020) malam WIB. Ia meninggal dunia pada usia 60 tahun karena serangan jantung. Sebelum tutup usia, Diego Maradona sempat dirawat di rumah sakit selama beberapa hari. Namun, ia dinyatakan sembuh dan boleh pulang beberapa waktu lalu.

Akhirnya, sang legenda Argentina itu berpulang. Maradona meninggal dan membuat dunia berduka. Bukan hanya Argentina, tapi juga Napoli dan penjuru dunia lainnya. Yang paling ikonik dan tak terlupakan adalah gol ‘Tangan Tuhan’ yang ia ciptakan pada pertandingan Piala Dunia tahun 1986.

Momen tersebut menjadi hal yang membekas dan selalu menjadi pembahasan di kalangan pecinta sepak bola. Tidak hanya itu, ia pun sempat menukangi Timnas Argentina setelah dirinya pensiun menjadi pemain sepak bola pada tahun pada tahun 2008 sampai 2010 dan berhasil membawa Argentina sampai ke babak perempat final Piala Dunia Afrika Selatan.

Diego Maradona pertama kali memulai debutnya dalam dunia sepak bola internasional, setelah dipilih sebagai salah satu pemain untuk mengisi skuad Timnas Argentina pada piala dunia tahun 1982. Pada babak penyisihan Argentina yang berstatus juara bertahan secara mengejutkan kalah 0-1 oleh Belgia. Walaupun begitu Argentina berhasil melaju ke babak kedua turnamen setelah mengalahkan Hungaria 4-1. Maradona tampil dalam semua pertandingan di Piala Dunia dan mencetak 2 gol. Semuanya dibuat dalam pertandingan melawan Hongaria.

2 dari 2 halaman

Statistik Diego Maradona

Sebelumnya, ia sudah berpartisipasi dalam Piala Dunia U-20 di jepang pada tahun 1977. Yang menarik, Argentina sempat bertemu dengan Indonesia pada babak penyisihan. Argentina berhasil unggul 5-0 atas Indonesia dan Diego Maradona menyumbang 2 gol dalam laga ini.

Setelah Piala Dunia 1982, Maradona direkrut Barcelona dengan harga 5 juta poundsterling, yang merupakan rekor dunia pada saat itu. Maradona lalu ditransfer ke SSC Napoli pada tahun 1984 dan mencapai puncak kariernya dalam sepak bola di mana ia membawa tim tersebut menjadi juara Serie A untuk pertama kalinya dalam sejarah Napoli (1986/87 dan kemudian 1989/1990).

Maradona berhasil membawa Argentina juara Piala Dunia Meksiko tahun 1986. Pada partai finalnya Argentina bertemu dengan Jerman Barat untuk memperebutkan gelar juara dunia. Pertandingan tersebut dilangsungkan di Estadio Azteca di Mexico City pada 29 Juni 1986 dan ditonton 114.600 penonton. Argentina berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-2 atas Jerman Barat.

Diego Maradona pun didapuk menjadi pemain terbaik pada Piala Dunia tersebut, karena berhasil membawa Argentina juara dunia. Ia berhasil mencetak gol krusial pada menit 84 setelah dihadang oleh pemain belakang Jerman Barat dan menjadikan Tim Tango unggul di menit akhir.

Video Populer

Foto Populer