Sukses


5 Bek Kanan Paling Bernilai di Jagat Sepak Bola Dunia, Trent Alexander-Arnold Juaranya

Bola.com, Jakarta - Peran full-back sekarang dianggap lebih penting seiring evolusi permainan sepak bola belakangan ini. Para full-back kerap bergabung dalam skema serangan dan mengirim umpan silang ke kotak penalti lawan. 

Mereka juga dituntut cepat kembali ke belakang ketika tim kehilangan penguasaan bola. Bek kanan dan bek kiri yang berpikiran menyerang memberikan dimensi yang berbeda untuk serangan tim dan sangat diminati.

Banyak tim sukses selama bertahun-tahun karena memiliki bek kanan berkualitas yang telah berkontribusi besar di kedua sisi lapangan. Pemain-pemain seperti Dani Alves (pernah menjadi senjata hebat di Barcelona) dan Lukasz Piszczek (Borussia Dortmund) tenar berkat kegemilangan mereka di sisi luar lapangan. 

Alves sudah meninggalkan Barcelona dan kini berkiprah di Brasik, Piszczek juga berada di masa senja dari tugasnya selama satu dekade di Dortmund.

Namun, patah tumbuh hilang berganti. Berikut ini beberapa bek kanan papan atas dan bernilai tertinggi yang telah menjadi pusat perhatian dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Trent Alexander-Arnold, seperti dilansir Sportkeeda

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 6 halaman

5. Kyle Walker (Manchester City) - Rp 673,5 Miliar

Terlepas dari kelemahannya belakangan ini, Kyle Walker tetap menjadi salah satu bek kanan papan atas di dunia. Pemain berusia 30 tahun itu tidak memiliki kontribusi gol sebanyak pemain lain dalam daftar ini.

Meski demikian, Walker tetap menjadi salah satu pemain kunci dalam skema andalan Pep Guardiola di Etihad karena pengalaman dan pengaruhnya.

Sejak melakukan debutnya bersama Northampton Town pada 2008, Walker telah mencetak sepuluh gol dan memberikan 45 assist dalam lebih dari 400 pertandingan untuk berbagai klub di semua kompetisi.

 

3 dari 6 halaman

4. Daniel Carvajal (Real Madrid) - Rp673,5 Miliar

Daniel Carvajal telah menjadi pemain kunci Real Madrid selama dekade 2010-an sejak laga debut di klub pada musim 2013/2014.

Pemain berusia 28 tahun ini tampil baik di bawah besutan sejumlah manajer di Los Blancos, memenangkan 16 trofi di klub tersebut, yang meliputi dua gelar La Liga dan empat trofi Liga Champions.

Carvajal dianggap sebagai salah satu bek kanan terbaik di kancah sepak bola belakangan ini. Terkenal karena kecepatan, kerja kerasnya, dan kemampuannya untuk melakukan umpan-umpan kunci, Carvajal telah mencetak enam gol dan menghasilkan 48 assist dalam hampir 300 pertandingan di semua kompetisi untuk Real Madrid.

 

4 dari 6 halaman

3. Aaron Wan-Bissaka (Manchester United) - Rp673,5 Miliar

Bek kanan Aaron Wan-Bissaka telah menjadi salah satu dari sedikit percikan cemerlang di tim Manchester United yang biasa-biasa saja.

Setelah moncer di Crystal Palace, United merekrut pemain berusia 22 tahun itu musim panas 2019. Meskipun ia tidak mencetak gol apa pun dalam musim debutnya di klub, Wan-Bissaka mengukir empat assist dalam 35 pertandingan Liga Inggris saat Manchester United finis ketiga di liga setelah awal musim yang mengkhawatirkan.

Wan-Bissaka, yang merupakan salah satu dari sedikit pemain pilihan pertama Ole Gunnar Solskjaer, mencetak gol pertamanya untuk klub musim ini dalam kemenangan tandang 4-1 di Newcastle United di Premier League.

Terkenal karena kecepatannya dan kehebatan tekelnya, Wan-Bissaka ternyata memulai kariernya sebagai pemain sayap. Beberapa kali ia mendapat pujian dari manajernya, Solskjaer. 

 

5 dari 6 halaman

2. Benjamin Pavard (Bayern Munchen) - Rp757,7 Miliar

Benjamin Pavard mungkin menjadi terkenal karena gol yang dicetaknya melawan Argentina di Piala Dunia 2018. Namun, bukan berarti hanya itu kelebihannya.

"Saya tidak bergabung dengan Bayern hanya karena satu tembakan itu. Saya direkrut karena menjadi satu bek terbaik di Bundesliga. Secara defensif, saya kuat - dan secara teknis juga. Anda tidak bisa mengatakan tidak kepada Bayern - mereka adalah klub terbaik di Jerman, dan mereka selalu memenangkan banyak gelar," kata Pavard. 

Bek kanan Prancis berusia 24 tahun itu telah menjadi pembicaraan sejak kedatangannya di Bavaria setahun setelah kemenangan Les Bleus di Piala Dunia Rusia.

Dia pemain Prancis yang serba bisa, juga bisa bermain sebagai bek tengah. Pavard dipuji sebagai salah satu rekrutan terbaik Bayern Munich oleh legenda klub, Uli Hoeness. Pavard telah mencatatkan lebih dari 50 penampilan di semua kompetisi untuk klub, mencetak empat gol dan membukukan delapan assist.

 

6 dari 6 halaman

1. Trent Alexander-Arnold (Liverpool) - Rp1,65 Triliun

Trent Alexander-Arnold bisa dibilang adalah bek kanan terbaik di dunia saat ini. Hebatnya, dia lebih berharga dari Lionel Messi (100 juta euro atau Rp1,68 triliun) dan Cristiano Ronaldo (60 juta euro atau Rp1,01 triliun) saat ini. Ia kini bernilai Rp1,65 triliun. 

Bersama Andrew Robertson di sisi sayap lain, keduanya membentuk kemitraan bek sayap yang mematikan lawan dan telah menjadi kunci Liverpool memenangkan Liga Champions 2019 dan Premier League 2019/2020.

Musim lalu, Alexander-Arnold tampil dalam 38 pertandingan saat Liverpool juara Liga Inggris dan menghasilkan 13 assist, terbaik dari semua bek sayap di lima liga top Eropa pada 2019/2020.

Sumber: Sportkeeda  

 

Video Populer

Foto Populer