Sukses


Liverpool ke 16 Besar Liga Champions Berkat Performa Gemilang 3 Jebolan Akademi Klub

Bola.com, Jakarta - Liverpool telah memastikan diri melangkah ke 16 besar Liga Champions 2020/2021 setelah menang 1-0 atas Ajax pada matchday kelima Grup D Liga Champions, Rabu (2/12/2020) dini hari WIB. Kemenangan tersebut tidak lepas dari penampilan cemerlang tiga pemain muda yang mendapatkan kepercayaan dari Jurgen Klopp.

Liverpool menang dengan skor tipis 1-0 atas Ajax. Gol semata wayang Liverpool dicetak oleh Curtis Jones pada menit ke-58.

Hasil itu membuat The Reds kini sudah memiliki 12 poin dari lima laga, raihan yang tak lagi bisa dikejar sehingga Liverpool tak hanya lolos ke 16 besar Liga Champions, tapi juga menjadi juara Grup D.

Liverpool memang masih memiliki satu laga di Grup D Liga Champions, tapi tidak akan menentukan lagi. Pada laga terakhir fase grup, The Reds akan menghadapi Midtjylland di Stadion MCH Arena.

Video

2 dari 3 halaman

Tiga Pilar Muda

Jurgen Klopp kehilangan banyak pemain kunci Liverpool di laga melawan Ajax. Sebagai gantinya, sang manajer memainkan tiga pemain muda jebolan akademi, yakni Caoimhin Kelleher, Curtis Jones, dan Neco Williams.

"Ini adalah malam yang indah bagi Liverpool dan khususnya bagi tiga pemain mudanya: sang penjaga gawang, Neco Williams yang membuat assist, dan Curtis Jones yang mencetak gol," ucap Michael Owen pada BT Sport.

Michael Owen, yang merupakan mantan striker Liverpool, tidak melihat tiga pemain itu canggung walau bermain dalam laga penting. Mereka justru mampu menjadi kunci atas hasil apik yang diraih Liverpool.

"Mereka adalah tiga pahlawan bagi Liverpool malam ini. Malam yang indah untuk akademi dan malam yang indah bagi Liverpool," kata pria yang juga pernah membela Manchester United itu.

3 dari 3 halaman

Kredit untuk Caoimhin Kelleher

Dari antara tiga pemain muda yang dimainkan Liverpool itu, Caoimhin Kelleher mendapat sorotan lebih besar. Berbeda dengan dua rekannya, ini adalah debut bagi kiper berusia 22 tahun itu bersama Liverpool di Liga Champions.

Caoimhin Kelleher bahkan belum pernah bermain untuk tim senior di Premier League. Dia hanya punya pengalaman bermain di Carabao Cup pada musim 2019/2020 yang lalu.

Jurgen Klopp tidak bisa memainkan Alisson Becker karena cedera. Klopp punya pilihan lain yang lebih berpengalaman pada diri Adrian, tapi pilihan jatuh kepada Kelleher dan dia tampil sangat bagus.

"Semua berjalan mudah dengan pemain yang ada di depan saya. Mereka memberi saya banyak opsi bagus. Ponsel saya akan panas sejak dalam bermain malam ini, terima kasih atas dukungannya," kata Kelleher.

Sumber: BT Sport via Metro

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 2/12/2020)

Video Populer

Foto Populer