Sukses


Eks Manchester United Menilai Sosok Georginio Wijnaldum Penting bagi Liverpool

Bola.com, Jakarta - Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum, mendapatkan pujian dari pandit sepak bola Inggris sekaligus mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand. Performa Wijnaldum yang memainkan banyak peran di lini tengah The Reds diacungi jempol oleh Ferdinand.

Wijnaldum memainkan peran penting ketika Liverpool menang atas Ajax di matchday kelima Grup D Liga Champions, Rabu (2/12/2020) dini hari WIB. The Reds menang 1-0 atas Ajax di Anfield berkat gol semata wayang Curtis Jones.

Kemenangan itu sangat penting bagi Liverpool. Tim asuhan Jurgen Klopp itu berhasil memastikan diri lolos ke 16 besar sebagai juara Grup D Liga Champions.

Wijnaldum memang bukan pencetak gol penentu kemenangan Liverpool dalam laga kontra Ajax. Namun, peran penting tetap dijalankan oleh pemain asal Belanda itu saat menghadapi Ajax.

Bersama Curtis Jones dan Jordan Henderson, Wijnaldum menjadi mesin di lini tengah Liverpool. Pemain berusia 30 tahun itu bermain secara kolektif dan membantu Liverpool saat menyerang maupun bertahan.

"Saya harus jujur, saya menyukai pemain ini," ujar Ferdinand kepada BT Sport seperti dikutip dari Mirror.

"Wijnaldum adalah pemain yang tidak mementingkan dirinya sendiri. Pemain yang cerdas, pemain yang acap tidak dilihat karena bermain di setiap posisi di lini tengah," lanjut mantan bek Manchester United itu.

Ferdinand menyebut fleksibilitas menjadi nilai lebih bagi Wijnaldum. Ia memainkan peran yang berbeda ketika di Liverpool dan Timnas Belanda.

"Ketika di Belanda, ia bermain sebagai No. 10, tapi ia bermain lebih bertahan di Liverpool," ujar Ferdinand.

Video

2 dari 2 halaman

Dilupakan oleh Suporter

Pemain dengan tipe permainan seperti Wijnaldum, menurut Ferdinand, mungkin tidak cukup populer di kalangan suporter. Dia tidak cukup menonjol di lapangan. Dia tidak mencetak banyak gol, juga tidak dominan saat bertahan.

"Wijnaldum adalah pemain yang dibutuhkan di tim. Pemain yang mungkin tidak terlalu dihargai oleh suporter, karena di lapangan Anda tahu berapa banyak pekerjaan yang dilakukan. Namun, dia pemain yang berharga," ujar Ferdinand.

Wijnaldum telah menjadi pemain kunci Liverpool sejak 2016. Perannya di lini tengah sangat sentral. Hal itu tampak dari jumlah laga yang dimainkan Wijnaldum di Liverpool, yang tidak pernah ada di bawah 30 laga per musim.

Sumber: Mirror

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 2/12/2020)

Video Populer

Foto Populer