Sukses


5 Pemain Termuda dalam Sejarah Liga Champions, Ada yang Sekarang Main di Kasta Kedua Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Wonderkid Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko mencetak sejarah baru di Liga Champions. Melakoni debutnya pada sia 16 tahun 18 hari, ia menjadi pemain termuda di kompetisi antarklub sepak bola tertinggi di Eropa tersebut.

Moukoko masuk sebagai pemain pengganti pada menit 58'. Ia menggantikan pemain senior, Felix Passlack ketika Borussia Dortmund berhadapan dengan Zenit St. Petersburg di matchday 6 Liga Champions 2020/2021.

Pada 22 November silam, ia juga tercatat sebagai pemain termuda di Bundesliga. Kini, rekor serupa dicetaknya di pentas Liga Champions.

Moukoko melewati rekor yang sebelumnya dipegang oleh Celestine Babayaro (16 tahun 18 hari). Sosoknya digadang-gadang bakal jadi pemain masa depan Borussia Dortmund.

Berikut ini Bola.com merangkum lima pemain termuda di pentas Liga Champions. Satu di antaranya pernah berkarier di Barcelona, namun kini bermain di Birmingham City, klub kasta kedua Liga Inggris.

 

Video

2 dari 5 halaman

Celestine Babayaro (16 Tahun 87 Hari) - Steaua vs Anderlecht, 23 November 1994

Bek kiri Nigeria ini pernah menjadi pemain termuda dalam sejarah Liga Champions ketika ia bermain untuk Anderlecht melawan Steaua pada penyisihan grup 1994/1995.

Menariknya, terobosan debutnya membuat lebih dari satu rekor, karena Babayaro menjadi pemain termuda yang diusir keluar lapangan, 37 menit kemudian. Dia bergabung dengan Chelsea pada tahun 1997, memenangkan Piala UEFA Cup Winners 'Cup dan FA Cup.

 

3 dari 5 halaman

Rayan Cherki (16 Tahun 102 Hari) - Zenit vs Lyon, 27 November 2019

Gelandang serang ini dimasukkan menit 74' oleh Lyon saat berhadapan dengan Zenit. Cherki baru melakukan debut Ligue 1 sebulan sebelumnya.

Remaja tersebut telah memamerkan kemampuannya dengan empat gol dalam tiga hari pertandingan UEFA Youth League sebelum promosi, setelah juga mencetak gol di turnamen tersebut pada usia 15 pada September sebelumnya.

 

4 dari 5 halaman

Alen Halilovic (16 Tahun 128 Hari) - Dinamo Zagreb vs PSG, 24 Oktober 2012

Dinamo menelan kekalahan kandang dari PSG ketika Halilovic masuk selama lima menit terakhir. Dianggap sebagai talenta Kroasia paling menarik sejak Luka Modric, putra mantan pemain Dinamo Sead Halilovic ini telah menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Kroasia.

Sayang, kariernya menurun dan kini ia bermain untuk tim kasta kedua Liga Inggris, Birmingham City.

 

5 dari 5 halaman

Youri Tielemans (16 Tahun 148 Hari) - Anderlecht vs Olimpiakos, 2 Oktober 2013

Tielemans masuk ke radar Anderlecht saat berusia lima tahun, dan kemudian membuat kemajuan pesat melalui barisan sebelum bermain selama 90 menit saat kalah dari Olimpiakos pada debutnya di Liga Champions UEFA.

Tielemans menjadi kapten Anderlecht sebelum ulang tahunnya yang ke-20, lalu pindah ke Monaco pada 2017, kemudian membantu Belgia mencapai semifinal Piala Dunia FIFA 2018. Dia sekarang bersama Leicester City di Inggris.

Sumber: UEFA.com

Video Populer

Foto Populer